Hubungan self regulation dengan sikap terhadap hate speech di media sosial pada mahasiswa Universitas Negeri Semarang



dewi indah lestari(1*), Sugiyo Sugiyo(2),

(1) Student Of Semarang State University
(2) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Di era modern ini media sosial sudah menjadi hal yang memiliki pengaruh besar terutama pada sikap dan perilaku individu yang tidak sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat. Sikap terhadap hate speech di kalangan pelajar dapat berubah-ubah, terkadang menunjukkan sikap positif atau sebaliknya bersikap negatif yang disebabkan oleh faktor lingkungan dan kurangnya kemampuan untuk mengendalikan dirinya atau disebut dengan self regulation..  Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi pada penelitian ini seluruh mahasiswa jurusan bimbingan dan konseling yang berjumlah 363. Penentuan jumlah anggota sampel menggunakan random sampling berjumlah  177 sampel perwakilan populasi. Hasil penelitian ini adalah ada hubungan antara antara self regulation dengan sikap terhadap hate speech di media sosial pada mahasiswa. Saran pada penelitian selanjutnya, disarankan menambah variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini, ataupun menggunakan variabel pemoderasi dan variabel intervening untuk mengetahui perilaku hate speech baik secara langsung maupun tidak langsung.

Keywords


Self Regulation , Perilaku Hate Speech, Sosial Media.

Full Text:

PDF (Indonesia)

References


Agustini, P. (2021). Warganet Meningkat, Indonesia Perlu Tingkatkan Nilai Budaya di Internet. Kementerian Komunikasi Dan Informatika RI Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika. https://aptika.kominfo.go.id/2021/09/warganet-meningkat-indonesia-perlu-tingkatkan-nilai-budaya-di-internet/

Ambar. (2017). Perkembangan Teknologi di Indonesia. Error! Hyperlink reference not valid. /sejarah -perkembangan-teknologi-komunikasi (diakses pada 7 Maret 2020)

Marius, P., Anggoro, S., & Content is The King. (2015). Profil Pengguna Internet Indonesia 2014. Jakarta: Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII).

Heru. (2017). 20 Dampak Negatif Media Sosial. https://pakarkomunikasi.com/dampak-negatif-dari-media-sosial diakses pada 5 Januari 2021

Hurlock, E.B. (2009). Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga

Pengguna Internet Indonesia Masih Didominasi Di Jawa. (2021). CNN Indonesiaa. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20210901114436-185-688266/pengguna-internet-indonesia-masih-didominasi-di-jawa/2

Suciati, A., Nurmalisa, Y., & Rohman. (2019). Sikap Mahasiswa PPKn Universitas Lampung Terhadap Ujaran Kebencian (Hate Speech) di Sosial Media Tahun 2019. Jurnal Kultur Demokrasi, 5(1), 55.

Qomariyah, A. N. (2009). Perilaku Penggunaan Internet pada Kalangan Remaja di Perkotaan.

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (KOMINFO). (2013).
Pengguna Internet di Indonesia 63 Juta Orang. Jakarta: Kementerian
Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Montalvo, F. d. (2004). Self-regulated learning: Current and Future Direction.
Electronic Journal Research in Educational Psychology.2.(1), 145-156.

Morissan. 2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.

Wearesocialnet dalam Databoks.2018 . https://databoks.katadata.co.id/. Diunduh pada 10 Januari 2022




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.61975

Article Metrics

Abstract Views : 478 | PDF Views : 235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 dewi indah lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.