Efektivitas layanan informasi berbasis media animasi terhadap resiliensi akademik siswa



Aulia Fahreza Zahro(1*), Aniek Wirastania(2),

(1) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(2) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan berdasarkan fakta dilapangan bahwa masih ada siswa yang memiliki resiliensi akademik rendah. Tujuan penelitain ini untuk mengetahui efektivitas layanan informasi berbasis media animasi terhadap resiliensi akademik siswa. Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain yang digunakan adalah one group pretest-posttest design serta metode samplingnya yaitu purposive sampling yang berjumlah delapan orang. Penelitian  dilakukan di kelas VII-A SMP Darul Muta’allimin Taman. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala resiliensi akademik. Menganalisis data yang diperoleh dalam penelitian menggunakan Uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima, artinya media animasi dalam layanan informasi efektif untuk meningkatkan resiliensi akademik siswa kelas VII-A di SMP Darul Muta’allimin Taman.

Keywords


Layanan Informasi, Animasi, Resiliensi Akademik

Full Text:

PDF (Indonesia)

References


Alva, S. A. (1991). Academic invulnerability among Mexican-American students: The importance of protective and resources and appraisals. Hispanic Journal of Behavioral Sciences, 13, 18–34.

Aziz, Z. (2019). Fluxus Animasi dan Komunikasi di Era Media Baru Digital. CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 7(1), 49–58.

Grotberg. E. H. (2003). Resilience for today: Gaining strength from adversity. Greenwood Publishing Group.

Grotberg, E. H. (1999). Countering depression with the five building blocks of resilience. Reaching Today’s Youth.

Hidayati, R. (2015). Layanan Informasi Karir Membantu Peserta Didik Dalam Meningkatkan Pemahaman Karir. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(1). https://doi.org/10.24176/jkg.v1i1.257

Mirnayenti, M., Syahniar, S., & Alizamar, A. (2015). Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Media Animasi Meningkatkan Sikap Anti Bullying Peserta Didik. Konselor, 4(2), 84. https://doi.org/10.24036/02015426460-0-00

Permendikbud No 111 Tahun. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Pedoman Evaluasi Kurikulum, 1–7. simpuh.kemenag.co.id

Reivich, K., & Shatte, A. (2002). The resilience factor: 7 essential skills for overcoming life’s inevitable obstacles. Broadway books.

Simarmata, J., Sibarani, C. G. G. T., & Silalahi, T. (2019). Pengembangan Media Animasi Berbasis Hybrid Learning. Yayasan Kita Menulis.

Fitri, H., Utami & Kushendar, K. (2019). Konseling Kelompok Cognitive Restructuring untuk Meningkatkan Resiliensi Akademik Mahasiswa. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 1(2), 67–74.

Wang, M. C., & Gordon, E. W. (1994). Epilogue: Educational resilience—Challenges and prospects. Educational resilience in inner-city America: Challenges and prospects.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.61961

Article Metrics

Abstract Views : 253 | PDF Views : 154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aulia Fahreza Zahro, Aniek Wirastania

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.