Problematika bimbingan dan konseling bidang karier peserta didik SMA: A systematic literature review (SLR)



Astriandani Meitasari(1), Emanuela Chyara Araceli Mulia(2), Laila Ifrochatu Chasanah(3*), Ma'rifatin Indah Kholili(4),

(1) Universitas Sebelas Maret
(2) Universitas Sebelas Maret
(3) Universitas Sebelas Maret
(4) Universitas Sebelas Maret
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu mengumpulkan dan menganalisa artikel-artikel terkait berbagai macam problematika BK yang dialami peserta didik SMA pada bidang karier.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Systematical Literatur Review (SLR). Hasil dari penelitian ini terdapat berbagai macam problematika BK peserta didik SMA bidang karier yaitu rendahnya pengetahuan mengenai kurangnya perencanaan karier, tingginya kecemasan karier, kurang matangnya pemilihan karier, dan kurangnya pengetahuan mengenai pengambilan keputusan karier. Penyelesaian problematika karier ini yaitu layanan informasi karier berbasis life skills, bimbingan kelompok teknik modelling, terapi rasional emotif, peningkatan efikasi diri, peningkatan pemahaman self concept¸ konseling kelompok ekstensial humanistik, CDDQ (Career Decision-Making Difficulties Questionnaire), bimbingan klasikal karier dengan media PPT, konseling realitas, dan konseling teman sebaya. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah upaya yang dilakukan untuk mengembangkan strategi yang efektif dan inovatif agar dapat digunakan sebagai alternatif penyelesaian problematika karier yang dialami peserta didik SMA.

Keywords


Bimbingan dan Konseling, Problematika Karier, Peserta Didik SMA

Full Text:

PDF

References


Apriansyah, A. Hadiwidianto. & Mishbahuddin, A. (2018) Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Kemampuan Pengambilan Keputusan Karir Siswa MAN 2 Kota Bengkulu. Consilia, 3(1)

Arifin, A. A., & Saleh, I. (2015). Teknik Two Stay Two Stray dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Wawasan Siswa dalam Pemilihan Jurusan Di Perguruan Tinggi. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 1(1), 19-27

Athiyah, I., Tadjri, I., & Purwanto, E. (2014). Career Information Service Model Multimedia- Assisted For Increasing Students Career Maturity. Jurnal Bimbingan Konseing, 3(1), 16-21

Budiningsih, T. E. (2020). Perlukah Perencanaan Karier pada Siswa SMA Studi Korelasi Konsep Diri dan Perencanaan Karier Siswa SMA Negeri 1 Sulang. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 11(3), 245-252.

Corey, G. (2009). Teori dan Praktik Konseling dan Psikoterapi. Bandung: PT Refika Aditama

Corey, G. (2012). Teori dan Teknik Konseling dan Psikoterapi. Terjemahan oleh E. Koeswara. (2009). Bandung: PT. Refika Aditama

Duntari, R. A. A. (2018). Strategi Perencanaan Karier Remaja Melalui Peningkatan Pemahaman Self Concept. FOKUS, 1(3). 117-123

Fasha, F., Sinring, A., & Aryani, F. (2015). Pengembangan Model E-Career untuk Meningkatkan Keputusan karir Siswa SMA Negeri 3 Makassar. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 1(2), 170-179

Fatmayanti, A. (2015). Pengembangan Media Blog Sebagai Sarana Informasi untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Di SMAN 1 Bulukumba. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 1(2), 163-169

Germeijs, V., & Verschueren, K. (2006). High School Students’ Career Decisionmaking Process: A Longitudinal Study Of One Choice. Journal Of Vocational Behavior, 68:189-204.

Hartinah, G., Wibowo, M. E., & Tadjri, I. (2015). Pengembangan Model Layanan Informasi Karir Berbasis Life Skills untuk Meningkatkan Pemahaman dalam Perencanaan Karir Siswa SMA. Jurnal Bimbingan Konseling, 4(1), 43-48

Hartono & Mudalifah, A. (2019). Layanan Klasikal Bimbingan Karier dengan Media PPT Berbasis Object Superiority Effect untuk meningkatkan Pemahaman Diri dan Pemahaman Karier Siswa SMA. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 3 (1), 1-13

Hilling, E. (2017). The Importance of Career Counseling and Post Secondary Readiness for High School Students.Counselor Education. New York: The College at Brockport

Istirahayu, I., Mayasari, D., Fitriyadi, S., & Damayanti, Z. (2018). Bimbingan Karir Terhadap Pemilihan Studi Lanjut Siswa Kelas XII. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 2(2), 139-144

Loan, D.T.B. & Van, N.T. (2015). Career Guidance in Secondary Schools - A Literature Review and Strategic Solutions for Vietnamese Rural Areas. American International Journal of Social Science.

Maulana, R. & Fauzi, S. A. (2019). Penerapan Terapi Rasional Emotif (TRE) dalam Mengurangi Kecemasan Siswa Menentukan Karier. FOKUS, 2(2), 57-64

Mubiana, Precious Bupe. (2010). Career Maturity, Career Knowledge, and Self Knowledge among Psychology Honours Students: an Exploratory Study. Disertasi. Afrika Selatan: University of Pretoria.

Nevid S.J, Spencer, A.R & Beverly. R. (2003). Psikologi Abnormal. Jakarta: Erlangga

Nugroho, A. R., Supriatna, M., & Budiamin, A. (2017). Model Konseling Realitas untuk Mengembangkan Keterampilan Pengambilan Keputusan Karier. PEDAGOGIA, 6(2), 119-124

Prabowo, W., Yusuf, M., & Setyowati, R. (2019). Pengambilan Keputusan Menentukan Jurusan Kuliah Ditinjau Dari Student Self Efficacy Dan Persepsi Terhadap Harapan Orang Tua. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 5(1), 42-48 Press

Qareeba, P. L., & Duntari, R. A. A. (2019). Layanan Bimbingan Karier untuk Mengurangi Kecemasan Siswa SMA Menghadapi Ujian Nasional. FOKUS, 2(1), 17-23

Rahmatyana, N., & Irmayanti, R. (2020). Teknik Modeling dalam Bimbingan Kelompok untuk Perencanaan Karier Siswa SMA. FOKUS, 3(2), 61-71

Rahmawati, W. K., Ahmad, A. (2019). Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Minat Siswa Memilih Sekolah Di SMA Nuris Jember. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 3(1), 38-49

Saifuddin, A. (2018). Kematangan Karier Teori dan Strategi Memilih Jurusan dan Merencanakan Karier.Yogyakarta: Pustaka Belajar

Santrock, J. W. (2011). Life Span Development (5th ed.). Jakarta: Erlangga.

Sharf, R. (2013). Applying Career Development Theory to Counseling (6th ed.). Boston: Thomas Brooks/Cole

Siswanto. (2010). Systemic Review sebagai Metode Penelitian untuk Mensintesis Hasil-Hasil Penelitian (Sebuah Pengantar). Surabaya: Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem dan Kebijakan Kesehatan.

Sugiyanto. (2004). Hand-out Meta-Analysis. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM

Suherman. (2011). Manajemen Bimbingan dan Konseling. Bandung: Rizqi Press.

Ulfiah (2009), Hakikat Perkembangan Dalam Konseling, Bandung: Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Utomo, L. Z. (2015). Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Fishbowl untuk Mengembangkan Keterampilan Pengambilan Keputusan. Jurnal Bimbingan Konseling, 4(1), 1-7.

Wahyudin. (2009). Aplikasi Multimedia. Bandung: Politeknik Telkom Bandung.

Wijaya, R. S. (2014). Model Konseling Kelompok Eksistensial Humanistik untuk Mengurangi Kecemasan Siswa Menentukan Arah Peminatan SMA Negeri Semarang. 3 (2). 83-89.

Winkel, W.S., Hastuti, M.M., (2006). Bimbingan dan Konseling di Instansi Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Media Abadi.

Yusuf, S., Nurihsan, J. (2005). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Zafar, M. (2019) . Career Guidance in Career Planning among Secondary School Students. Asian Journal of Education and Social Studies.Malaysia: Universiti Malaysia Kelantan.

Zunker, V.G. (2008). Career Counselling: A Holistic Approach (ed.7). USA: Thomson Brooks/Cole Publishing Com.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.51648

Article Metrics

Abstract Views : 1691 | PDF Views : 1152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Astriandani Meitasari, Emanuela Chyara Araceli Mulia, Laila Ifrochatu Chasanah, Ma'rifatin Indah Kholili

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.