Hubungan antara gaya mengajar guru dan efikasi diri dengan kedisiplinan siswa SMA di Kota Jayapura



Margaretha Pigay(1*), Yansen Alberth Reba(2),

(1) Faculty of Teacher Training and Education, Cenderawasih University, Jayapura
(2) Faculty of Teacher Training and Education, Cenderawasih University, Jayapura
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara gaya mengajar guru dan efikasi diri dengan kedisiplinan peserta didik SMA YPPK Taruna Dharma Kota Jayapura. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 203 peserta didik, dengan sampel penelitian 34 yang ditentukan dengan teknik Proportionate Statified Random Sampling.  Hasil dari penelitian yaitu adanya hubungan antara gaya mengajar guru dan efikasi diri dengan kedisiplinan peserta didik SMA YPPK Taruna Dharma Kota Jayapura. Efikasi diri dan gaya mengajar guru secara simultan atau bersama-sama berpengaruh terhadap variabel kedisiplinan diri sebesar 82,2%, sisanya 17,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Efikasi Diri dan Gaya Mengajar Guru secara simultan atau bersama-sama berpengaruh terhadap variabel Kedisiplinan Diri sebesar 82,2%, sisanya sebesar 17,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Keywords


Gaya Mengajar, Efikasi Diri, Kedisiplinan

Full Text:

PDF

References


Adestyani, E., Yusmansyah, Y., & Widiastuti, R. (2020). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Perilaku Plagiarisme Akademik Pada Siswa SMA. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 8(2).

Al Khumaero, L., & Arief, S. (2017). Pengaruh Gaya Mengajar Guru, Disiplin Belajar, Dan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 698–710.

Cahyani, N., & Winata, H. (2020). Peran Efikasi dan Disiplin Diri Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 5(2), 234–249.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar-Mengajar (revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Elly, R. (2016). Hubungan kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa kelas v di sd negeri 10 banda aceh. Jurnal Pesona Dasar, 3(4).

Fitriana, S., Ihsan, H., & Annas, S. (2015). Pengaruh efikasi diri, aktivitas, kemandirian belajar dan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP. Journal of Educational Science and Technology (EST), 1(2), 86–101.

Nadhifa, F., Habsy, B. A., & Ridjal, T. (2020). Konseling Kolompok Realita Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Efektifikah? Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 49–58.

Pudjiastuti, E. (2012). Hubungan “self efficacy” dengan perilaku mencontek mahasiswa psikologi. MIMBAR: Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 28(1), 103–111.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.

Tahir, M., & Elihami, E. (2020). PENINGKATAN VARIASI MENGAJAR PADA PROSES PEMBELAJARAN MAHASISWA SEMESTER TIGA DI PRODI PENDIDIKAN NONFORMAL STKIP MUHAMMADIYAH ENREKANG. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 201-209.

Widiyaningtyas, E., & Muhyadi, M. (2018). Pengaruh Efikasi Diri Siswa Dan Metode Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Di SMK Abdi Negara Muntilan Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran-S1, 7(4), 313–321.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.51590

Article Metrics

Abstract Views : 435 | PDF Views : 309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Margaretha Pigay, Yansen Alberth Reba

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.