Konseling pengungkapan diri melalui puisi pelipur lara efektif mengurangi stres belajar mahasiswa



Akhmad Harum(1*), Kustiah Sunarty(2),

(1) Universitas Negeri Makassar, Indonesia
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini didasarkan pada stress yang dialami oleh mahasiswa sebagai akibat dari belajar yang tidak lepas dari beban psikologis yang dirasakan karena faktor belajar. Tujuan penelitian ini, yakni menjelaskan langkah-langkah konseling pengungkapan diri melalui puisi pelipur lara dan untuk menjabarkan hasil penurunan stress belajar mahasiswa melalui teknik konseling puisi pelipur lara. Metode penelitian menggunakan kuantitatif, quasi experimental dengan desain nonequlvalent pretest-postest group design. Hasil penelitian menunjukkan terdapat penurunan stress belajar mahasiswa, dilihat tingkat stress belajar pada saat pretes berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 99.40 dan pada saat posttest tingkat belajar berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 71.00. Taraf signifikansi yang digunakan dalam uji Wilcoxon signed rank test sebesar 5% atau 0,05, dengan nilai signifikan (P) = Asymp Sig< ɑ = 0,05 diperoleh nilaiZ yaitu -2.810b dengan nilai Asymp Sig 0,005. Hal ini bermakna bahwa konseling pengungkapan diri melalui puisi pelipur larasecara singnifikan dapat mengurangi stress belajar mahasisiswa.

Keywords


Stres Belajar, Pengungkapan Diri, Puisi

Full Text:

PDF

References


Gainau, Maryam B.. 2005. Pengembangan Inventori Self Disclosure Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas di Malang. Tesis. Tidak Diterbitkan. UM Malang.

Greenberg, J. S. 2002. Comprehensive stress management. New York: Mc Grawhill.

Goldman., Cristin. S., Wong., & Eugene. H. 1997. Stress and the college student. Journal of Education. http://www. findarticles.com. Diakses Tanggal 16 Januari 2007.

Johnson, D.W. (1981). Reaching out. Interpersonal Effectiveness and Self-actualization. Englewood Cliffs: Prentice-Hall.

Mahmud, Alimuddin & Sunarty, Kustiah.2017. Teknik-teknik Bimbingan dan Konseling. Makassar:Penerbit UNM.

Ross, S. E., Nielbing, B. C., & Heckert, T. M. 1999. Sources of stress among college students. College student journal, 33, 3-12.. http://www. findarticles.com. Diakses tanggal 12 Maret 2006.

Smith, J. C. 1993. Understanding stress and coping. New York: MacMillan Publishing Company

Lazarus, R. S., & Folkman, S. 1984. Stress, appraisal and coping. New York: Springer.

Selye, Hans. 1976. The Stress of Life. New York: McGraw Hill.

Sujadi, E. (2019). Penerapan Play Therapy dengan Menggunakan Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Keterampilan Sosio Emosional. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 3(1), 14–24. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30598/jbkt.v3i1.892.

Yusoff, M. S. B., & Rahim, A. F. A. (Eds.). (2010). The medical student stressor questionnaire (MSSQ) manual. Universiti Sains Malaysia.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.51559

Article Metrics

Abstract Views : 238 | PDF Views : 167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Akhmad Harum, Kustiah Sunarty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.