Kesejahteraan psikologis guru honorer di SMA Negeri 13 Depok



Nurul Istiqomah(1*),

(1) Universitas Gunadarma
(*) Corresponding Author

Abstract


Guru berperan langsung dalam kualitas pembelajaran. Kehidupan guru dengan status honorer jauh dari sejahtera mengingat gaji yang mereka terima jauh di bawah gaji guru yang berstatus PNS. Penelitian ini bermaksud mengetahui bagaimana kesejahteraan psikologis guru yang berstatus honorer di SMAN 13 Depok dan bagaimana upaya guru honorer menghadapi situasi sulit. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara tidak langsung, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan teknik triangulasi, yang meliputi reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: 1) kesejahteraan psikologis guru honorer di SMAN 13 Depok cukup baik karena sudah terpenuhinya enam komponen kesejahteraan psikologis meskipun dengan berbeda cara. 2) upaya mengahadapi situasi sulit yang dilakukan oleh guru yang berstatus honorer di SMAN 13 Depok yaitu dengan bersabar dan tetap bersyukur menjalani  kehidupan sebagai guru honorer.


Keywords


Guru Honorer, Kesejahteraan Psikologis

Full Text:

PDF

References


Ahmadi. (2013). Manajemen Kurikulum : Pendidikan Kecakapan Hidup. Yogyakarta : Pustaka Ifada.

Bilqis, F., Karina, T., & Latipah, I. C. (2019). Peran konselor dalam mewujudkan sekolah aman dan damai bagi siswa. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(3), 115–122.

CNN Indonesia. (6 Oktober 2020). Kemendikbud : Sekolah Kekurangan 1 Juta Guru Hingga 2024. Diunduh dari https://www.cnnindonesia.com/nasional/20201005180513-20-554645/kemendikbud-sekolah-kekurangan-1-juta-guru-hingga-2024. Diakses 3 Januari 2021.

Deasyanti dan Mafazi, Amalina. (2016). Efikasi dan Kesejahteraan Psikologis pada Guru SMP, “Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi”, Vol. 5 No.2.

Dodge, R., Daly, A., Huyton, J., & Sanders, L. (2012). The Challenge Of Defining Wellbeing. International Journal of Wellbeing, 2(3), 222-235. doi:10.5502/ijw.v2i3.4 .

Gunawan, Lalu Reza, dan Hendriani, Wiwin. (2019). Psychological Well-being pada Guru Honorer di Indonesia : A Literature Review, “Jurnal Psikologi : Psikoislamedia”, Vol.4 No.1.

Maleong, Lexy J. (2011). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosda Karya.

Media Indonesia. (3 Februari 2020). Mengatasi Kekurangan Guru. Diunduh dari https://mediaindonesia.com/opini/287392/mengatasi-kekurangan-guru diakses 3 Januari 2021.

Ratnasari, D., & Bilqis, F. (2020). Layanan informasi untuk membangun keharmonisan keluarga pada orangtua atau wali asuh di Yayasan Jakarta Selatan. Teraputik: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 35–42.

Ryan, R., M., dan Deci, E. L. (2001). On Happiness And Human Potentials : A Review of Research on Hedonic and Eudaimonic Well Being : Annual Review Psychology.

Ryff dan Keyes. (1995). The Structure of Psychological Well-Being Revisited. Journal of Personality and Social Psychology. Vol. 69 No.4 719-727.

Setiawan, Heri. (2014). Psychological Well-Being Pada Guru Honorer Sekolah Dasar Di Kecamatan Wonotunggul Kabupaten Batang. Skripsi. Semarang Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta,

Sumule, R. P. (2008). Psycological Well Being pada Guru yang Bekerja di Yayasan PESAT Nabire, Papua. Skripsi. Depok. Fakultas Psikologi. Universitas Gunadarma.

Undang-undang No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Undang-undang No. 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Yamin, Martinis. (2006). Sertifikasi Profesi Keguruan Di Indonesia. Jakarta : Gaung Persada Press.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.51555

Article Metrics

Abstract Views : 589 | PDF Views : 465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nurul Istiqomah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.