Implementasi bahan ajar hasil pengembangan materi mata kuliah instrumentasi dalam konseling I di Universitas Jambi



Freddi Sarman(1*), Asradi Asradi(2),

(1) University of Jambi
(2) University of Jambi
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan bahan ajar hasil pengembangan materi mata kuliah instrumentasi dalam konseling I pada pembelajaran instrumentasi dalam konseling I sebagai pendukung pemahaman konsep dan praktik di program studi bimbingan dan konseling Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa kelas R003 yang mengontrak mata kuliahn isntrumentasi dalam konseling I. Instrumen dalam pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu lembar observasi kegiatan mahasiswa selama perkuliahan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dalam setiap siklus. Pada siklus pertama pertemuan pertama dengan rata-rata persentase 50%, pertemuan kedua dengan rata-rata persentase 74% dan pada siklus kedua pertemuan pertama dengan rata-rata persentase 79%, pertemuan kedua 87%. Berdasarkan skala pemahaman terhadap materi perkuliahan mencapai persentase sebesar 94,01% dengan makna sangat tinggi. Artinya, bahan ajar hasil pengembangan dapat membantu pemahaman konsep dan praktik mahasiswa dalam perkuliahan bimbingan dan konseling FKIP Univesitas Jambi.

Keywords


Bahan Ajar, Instrumentasi, Konseling

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Riska. (2013). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Padang: UNP Press.

Budiman, I, Sukandi, A, Setiawan, A. (2008). Model Pembelajaran Multimedia Interaktif Dualisme Gelombang Partikel untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Ketertampilan Berfikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2 (1), 17-21.

Harijanto, M. (2007). Pengembangan Bahan Ajar untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Program Pendidikan Pembelajar Sekolah Dasar. Journal Didaktika, Vol.2 No.1 Maret 2007: 216-226

Illin, Kutlu & Kutluay. (2013). An Action Research: Using Videos for Teaching Grammar in an ESP Class. Journal Social and Behavioral Sciences 70 272 – 28.

Kemendikbud. (2014). Permendikbud 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan Konseling. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mubarok, I.W & Kartika, P. C. (2019). Efektifitas Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Android Nemo Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa BIPA Tingkat Pemula Program Darmasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya. METALINGUA. Jurnal pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 4 No. 1. https://doi.org/10.21107/metalingua.v4i1.6124.

Nurhayati, N. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri Berbasis Kontekstual Melalui Metode Guided Discovery Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol. 3 (1), pp: 31-44. https://doi.org/10.24853/fbc.3.1.31-44

Prayitno. (2006). Spektrum dan Keprofesian Pelayanan Profesi Konseling. FKIP Universitas Negeri Padang.

Senjaharmini, dkk. (2019). Efektivitas Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing (BAIPABIT) untuk Meningkatkan Kemampuan Berargumen Peserta Didik. Journal Pijar MIPA, Vol. 14 No. 2 :55 –59. http://dx.doi.org/10.29303/jpm.v14i2.1286.

Setyowati, R., Parmin & Widiatmoko, A. (2018). Pengembangan Modul IPA Berkarakter Peduli Lingkungan Tema Polusi Sebagai Bahan Ajar Siswa SMK N 11 Semarang. Journal (Vol. 2). Unnes Science Education Journal. DOI. 10.15294/usej.v2i2.2031.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu.(Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.51458

Article Metrics

Abstract Views : 322 | PDF Views : 309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Freddi Sarman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.