Layanan penguasaan konten teknik self management untuk menghilangkan kecanduan menyontek siswa SMK Pembangunan Jaya-YAKAPI



Agus Tia Firlia Susanti(1*), Christian Masada Hirashita Tobing(2), Burhanudin Burhanudin(3),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Menyontek merupakan suatu tindakan yang di anggap lumrah serta bukan merupakan suatu hal yang tidak asing lagi pada saat ujian, dalam hal ini guna menghilangkan kecanduan menyontek peserta didik dalam hal ini Layanan Penguasaan Konten melalui Teknik Self Management.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “Layanan Penguasaan Konten melalui Teknik Self Management Untuk menghilangkan Kecanduan Menyontek Peserta Didik di SMK Pembangunan Jaya-Yakapi”. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuantitatif dengan metode Deskriptif dan Survey. Data dan sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI TKJ 3. Hasil Penelitian menunjukan bahwa layanan Penguasaan Konten melalui Teknik Self Management berpengaruh dalam  menghilangkan kecanduan menyontek peserta didik di SMK Pembangunan Jaya-Yakapi.

Keywords


Teknik Self-Management, Kecanduan Menyontek

Full Text:

PDF

References


Alamri, Nurdjana. (2015). Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik self management Untuk Mengurangi Prilaku Terlambat Masuk Sekolah. Jurnal Konseling GUSJIGANG.1(1).

Handoko, A. (2013). Mengatasi perilaku membolos melalui konseling individual menggunakan pendekatan behavior dengan teknik self management pada siswa kelas X Tkj SMK Bina Nusantara Ungaran tahun ajaran 2012/2013. Universitas Negeri Semarang.

Khafid, M. (2007). Pengaruh disiplin belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar ekonomi. Dinamika Pendidikan, 2(2).

Latifa Nur, I.Wayan Dharmayana, & Vira Afriyati. (2019). Efektifitas Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Self Management Untuk Mereduksi Perilaku Agresif Siswa Kelas VII SMP Negri 12 Kota Bengkulu . Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 2(3).

Puspitarini, C. A. (2016). KEEFEKTIFAN LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS VA SD BENDAN NGISOR SEMARANG. Universitas Negeri Semarang.

Wahyudi, M. A. S. (2017). Konsep pendekatan behavior dalam menangani perilaku indisipliner pada siswa korban perceraian. Edukasia Islamika, 89–106.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.42451

Article Metrics

Abstract Views : 260 | PDF Views : 162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Agus Tia Firlia Susanti, Christian Masada Hirashita Tobing, Burhanudin Burhanudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.