Layanan informasi menyelaraskan pola asuh orang tua terhadap perilaku sosial siswa di SMP PGRI 3 Jakarta



Tria Rahma Yuliya(1*), Christine Masada Hirashita Tobing(2), Lusiana Wulansari(3),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan menguji kebenaran hipotesis mengenai pengaruh layanan informasi dalam menyelaraskan pola asuh orang tua terhadap perilaku sosial siswa SMP PGRI 3 Jakarta. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei yaitu survei deskriptif. Data dan sumber data dalam penelitian ini adalah 396 populasi dengan sampel penelitian 40, teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan teknik sampling kuota. Alat pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan uji korelasi pearson product moment mendapatkan hasil sebesar 0,943. Koefisien korelasi disandingkan dengan r tabel taraf signifikan 5% yaitu sebesar 0,2709. Koefisien korelasi sebesar 0,943 artinya tingkatan kekuatan korelasi dengan kategori sangat kuat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho di tolak dan Ha di terima artinya terdapat hubungan signifikan yang kuat dan searah antara pola asuh orang tua dengan perilaku sosial siswa.

Keywords


Pola Asuh, Perilaku Sosial, Siswa

Full Text:

PDF

References


Damayanti, F. (2017). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Sosial Anak di Kelompok B1 TK Kemala Bhayangkari 01 Pim Staf Besusu Tengah. Bungamputi, 4(3).

Kirom, S. (2011). Filsafat ilmu dan arah pengembangan pancasila: relevansinya dalam mengatasi persoalan kebangsaan. Jurnal Filsafat, 21(2), 99–117.

Novasari, T. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Perilaku Sosial (Studi pada Siswa Kelas X Smkn 5 Surabaya). Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 4(3).

Tridhonanto, Al & Beranda Agency. (2014). Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Winkel, W.S & Sri Hastuti. (2004). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media abadi.

Yusuf, Syamsu. (2009). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.42448

Article Metrics

Abstract Views : 178 | PDF Views : 140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Tria Rahma Yuliya, Christine Masada Hirashita Tobing, Lusiana Wulansari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.