Konseling kelompok strategi self management efektif mengembangkan pengelolaan diri dalam belajar siswa



Bima Putra Pratama(1*), Kusbandiami Kusbandiami(2), Maghfirotul Lathifah(3),

(1) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(2) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(3) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dalam penelitian yang telah dilakukan ini yaitu untuk menguji keefektifan penggunaan layanan konseling kelompok dengan strategi self-management dalam permasalahan pengeloaan diri dalam belajar siwa kelas XII IPA di MA Raden PakuWringinanom. Penelitian ini menggunakan data kuantitaif dengan metode penelitian one group pre-test post-test design, diberikan kepada 5 orang siswa kelas XII IPA dengan skor Pengelolaan Diri dalam Belajar rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket Pengelolaan Diri Dalam Belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis non parametric dengan menggunakan Uji Wilcoxon dengan taraf signifikan 0,5. Oleh sebab itu Asymp.Sig= 0,5 >= 0,041 yang berarti ada pengaruh signifikan dalam penggunaan strategi self management  dalam konseling kelompok terhadap pengelolaan diri dalam belajar, sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan penggunaan strategi self management dalam konseling kelompok terhadap pengelolaan diri dalam belajar di MA Raden Paku Wringinanom.

Keywords


Konseling Kelompok, Self-Management, Belajar

Full Text:

PDF

References


AL-Jawi. (2006). Pendidikan di Indonesia : Masalah dan Solusinya.

Argo. (2017). Efektivitas Teknik Self Management. Simki-Pedagogia Vol. 01 No. 07.

Muzaki, R.A. (n.d.). Keefektifan Bimbingan Kelompok Teknik Mengelola Diri Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengelola Waktu Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Karanganayar Tahun ajaran 2016/2017. 2017.

Selamet. (2018). Pengaruh Kemampuan Mengelola Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII.

Slamet, n. (2016). Layanan Konseling Kelompok Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa SMK Negeri 1 Depok Sleman. jurnal hisbah.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.42444

Article Metrics

Abstract Views : 490 | PDF Views : 234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Bima Putra Pratama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.