Bimbingan Kelompok Berbasis RIASEC Efektif Meningkatkan Kemantapan Pemilihan Karier Siswa Kelas XII SMA



Siti Nur Mahmudah(1*), Ayong Lianawati(2),

(1) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Ragu-ragu dalam menentukan pilihan karier seringkali dialami siswa kelas XII, untuk itu kemantapan pemilihan karier dibutuhkan agar siswa siap dalam menentukan pilihan sebelum lulus sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui signifikansi pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan materi berbasis RIASEC terhadap kemantapan pemilihan karier siswa . Subjek penelitian diambil dengan cara random sampling berjumlah 8 siswa dari kelas XII SMA Mahardika Surabaya, bimbingan kelompok dengan materi berbasis RIASEC untuk memantapkan pemilihan karier siswa selama 5x pertemuan masing-masing 45 menit. Metode penelitian ini adalah metode pra eksperimental model kuasi. Teknik pengumpulan data digunakan skala sikap kemantapan pemilihan karier siswa. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon, SPSS versi 2.4. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan hasil menunjukkan sig 0.012,  disimpulkan ada signifikansi kemantapan pemilihan karier siswa kelas XII SMA Mahardika Surabaya.

Keywords


RIASEC, bimbingan kelompok, pemilihan karier

Full Text:

PDF

References


Awaliyah, G., & Murdaningsih, D. (2019, Februari 7). Republika.co.id. Retrieved from 87 Persen Mahasiswa Mengaku Salah Pilih Jurusan: https://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/19/02/07/pmjuhw368-87-persen-mahasiswa-mengaku-salah-pilih-jurusan. diakses pada tanggal 19 Agustus 2019.

Bps.go.id. (2019). Februari 2019: Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 5,01 persen. Tersedia di https://www.bps.go.id/pressrelease/2019/05/06/1564/februari-2019--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-01-persen.html diakses pada tanggal 4 September 2019.

Brata, T. J. (2018, November 5). Tingkat Pengangguran Lulusan SMA dan SMK Paling Besar. Retrieved from JawaPos.com: https://www.jawapos.com/ekonomi/05/11/2018/tingkat-pengangguran-lulusan-sma-dan-smk-paling-besar/. Diakses pada tanggal 4 September 2019.

Desmita, & Mar'at, S. (2013). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hartono. (2016). Bimbingan Karier. Jakarta: Kencana.

Hartono, & Musdalifah, A. (2019). Layanan Klasikal Bimbingan Karier dengan Media PPT Berbasis Object Superiority Effect untuk meningkatkan Pemahaman Diri dan Pemahaman Karier Siswa SMA. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Kemantapan.

Mulyanti, Urip., Hanim, Wirda., Setiyowati, Endang. (2016). “Pengaruh Teknik Diskusi Kelompok Dalam Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Pemahaman Siswa Tentang Dimensi Seksualitas Manusia". Jurnal Bimbingan dan Konseling. FIP UNJ. Jakarta

Prafitri, L., Setiawati, D., Nursalim, M., & Pratiwi, T. I. (2013). APPLICATION CAREER SERVICES INFORMATION USING BOOKLET TO IMPROVE SELF SELECTION CAREER STUDENT CLASS X-7 MAN RENGEL-TUBAN. Jurnal BK UNESA, 225-231.

Rindiani, T., & Muis, T. (2011). BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI KELOMPOK UNTUK MEMBANTU SISWA DALAM KEMANTAPAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN STUDI LANJUT. Jurnal Psikolgi Pendidikan dan Bimbingan.

Romlah, Tatiek. (2006). Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sari, E. M., & Nursalim, M. (2014). PENEREAPAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK KEMANTAPAN PILIHAN KARIER SISWA KELAS X-3 SMA SUNAN DRAJAT SUGIO-LAMONGAN. Jurnal BK UNESA, 1-6.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta

Sukardi, D. K. (1987). Bimbingan Karier di Sekolah-Sekolah. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Suryabrata, S. (2015). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Syafaruddin, Syarqawi, A., & Siahaan, D. N. (2019). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling Telaah Konsep, Teori dan Praktik. Medan: Perdana Publishing.

Utami, S. A., Grasiaswaty, N., & Akmal, S. Z. (2018). Hubungan Tipe Kepribadian Berdasarkan Big Five Theory Personality dengan Kebimbangan Karier pada Siswa SMA. Jurnal Psikogenesis, 11-18.

Vandiiya, V., & Etikariena, A. (2018). Stres Kerja dan Keterikatan Kerja pada Karyawan Swasta: Peran Mediasi Kesejahteraan di Tempat Kerja. Jurnal Psikogenesis, 19-32.

Wikipedia. (Online). Karier. https://id.wikipedia.org/wiki/Karier diakses pada tanggal 19 Agustus 2019.

Wulandari, A. D., Dharmayana, I. W., & Suprapti, A. (2016). PROFIL KECENDRUNGAN PEMILIHAN MINAT KARIR BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN SISWA SMA SE-KOTA BENGKULU. TRIADIK, 31.

Yunandika, N. (2018, April 11). Kompasania.com. Retrieved from Angka Siswa yang Salah Pilih Jurusan Masih Tinggi: https://www.kompasiana.com/nikeputrie/5acdb6f1bde5752eb04d6ef2/angka-siswa-yang-salah-pilih-jurusan-masih-tinggi. diakses pada tanggal 16 Agustus 2019




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.42427

Article Metrics

Abstract Views : 1046 | PDF Views : 577

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Siti Nur Mahmudah, Ayong Lianawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.