Strategi Pemulihan Kondisi Anak Pasca Konflik di Lingkungan Sekolah



Risma Kholilatus Salma(1*), Fitri Hamzah(2), Hayyina Tazkiyatin Nada(3), Muslim Hidayat(4),

(1) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(2) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(3) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(4) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi strategi pemulihan kondisi psikologis anak pasca konflik di lingkungan sekolah. Dengan pendekatan studi pustaka, penelitian ini menganalisis berbagai literatur akademis untuk memahami dampak konflik terhadap prestasi akademik, trauma, dan interaksi sosial siswa, serta memperoleh strategi pemulihan yang efektif. Hasil menunjukkan bahwa konflik di sekolah memiliki dampak mendalam pada kesehatan mental korban, menghambat interaksi sosial, dan menurunkan prestasi akademik. Strategi seperti program mediasi, dukungan psikologis, serta peran aktif orang tua dan masyarakat, menjadi langkah penting untuk membantu pemulihan siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan kebijakan pendidikan yang inklusif dan responsif terhadap kebutuhan siswa, serta menawarkan panduan praktis untuk menangani konflik secara komprehensif. Temuan ini diharapkan dapat menginspirasi pendidik dan pembuat kebijakan dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih mendukung.

Full Text:

PDF Remote

References


Abdussamad, H. Z., & Sik, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Achjar, K. A. H., Rusliyadi, M., Zaenurrosyid, A., Rumata, N. A., Nirwana, I., & Abadi, A. (2023).

Metode Penelitian Kualitatif: Panduan Praktis untuk Analisis Data Kualitatif dan Studi Kasus. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Agustin, E. (2023). Efektivitas Mediasi Sebagai Upaya Menyelesaikan Interpersonal Conflict Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri Satu Atap 1 Langkaplancar. Jurnal Lunggi: Jurnal Literasi Unggulan , 14-23. https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/lunggi/article/view/1581

Arifin, Z. (2024). Manajemen Konflik dalam Pendidikan: Pendekatan Kolaboratif di Sekolah. Mutiara: Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah, 3(1), 38-53. Astifionita, R. V. (2024).

Memahami Dampak Bullying pada Siswa Sekolah Menengah: Dampak Emosional, Psikologis, dan Akademis, serta Implikasi untuk Kebijakan dan Praktik Sekolah. Lebah, 18(1), 36-46.

Audrey, M. (2023). Perancangan Kampanye Sosial Fenomena Post-Traumatic Stress Disorder/Ptsd Pada Anak Korban Bullying Melalui Media Poster (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).

Azi M., Belva S., Haldini R., Deti R., & Ranu S. (2024). Analisis Faktor Dan Dampak Perilaku Hiperaktif Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah Terhadap Hasil Belajar. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 104–113. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2723

Dachi, O., & Telaumbanua, B. (2022). Peran guru mendampingi siswa korban bullying. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan, 15(2), 99-105.

Dianasari, D., Maftuh, B., Malihah, E., & Hidayah, Y. (2021). Kemampuan Resolusi Konflik Interpesonal dalam Menguatkan Moral Kognitif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(2), 456062. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v6i1.3140

Firdaus, F. M. (2019). Efforts to Overcome Bullying in Elementary School by Delivering School Programs and Parenting Programs through Whole-School Approach. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 49-60. http://dx.doi.org/10.21831/didaktika.v2i2.28098

Fulziah, A., Noni., & Zakwan A. (2024). Gambaran Penerimaan Diri Remaja Korban Perceraian. Jurnal Empati, 263-269.

Gunawan, Prananda Satria (2024) Kesejahteraan Anak Pasca Perceraian di Kota Banjarmasin. Skripsi, Syariah. http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27116

Hutahaean, H. I. P. P. (2021). Optimalisasi konseling remaja terhadap masalah depresi yang sering dialami oleh remaja pada tingkat pendidikan menengah. Tinjauan Pustaka, 7(2), 233-240.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.

Karisma, N., Rofiah, A., Afifah, S. N., & Manik, Y. M. (2023). Kesehatan Mental Remaja dan Tren Bunuh Diri: Peran Masyarakat Mengatasi Kasus Bullying di Indonesia. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(03), 560-567.

Karyanti, M. P., & Aminudin, S. P. (2019). Cyberbullying & Body Shaming. Penerbit K-Media.

Marlina, A., Nurmadiah, & Indrawan, I. (2023). Gaya penanganan konflik di SMPN Satu Atap Teluk Kelasa Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 1–x. http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan

Maemunah, M., & Sakban, A. (2023). Dampak Bullying Terhadap Motivasi Belajar Siswa. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 11(2), 26-32.

Mufti, F. N., Sutama, & Suyatmini. (2021). Penanganan konflik berbasis Islami di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6236–6248. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Nadia, D. O., & Suhaili, N. (2023). Peran Interaksi Sosial dalam Perkembangan Emosional Anak Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 2727-2738.

Nurwati, R. N., & Listari, Z. P. (2021). Pengaruh status sosial ekonomi keluarga terhadap pemenuhan kebutuhan pendidikan anak. Share Social Work Journal, 11(1), 74-80.

Perkasa, D. H., Purwanto, S., Ariani, M., Vitriani, N., & Parashakti, R. D. (2024). Literasi Keuangan Untuk Siswa SMKN 16 Jakarta Pusat. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(1), 109-116.

Pratiwi, S. (2019). Implikasi Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 7(2), 89-96.

Putra, A., Sholihin, M., & Sandi, Q. (2023). Dampak Kekerasan dan Perundungan (Bullying) di Lembaga Pendidikan serta Pencegahannya. Al-Hikmah Jurnal Studi Keislaman Dan Pendidikan, 10(2), 16-30.

Rena, S., Marfita, R., & Padilah, S. (2021). Implementasi Kebijakan Anti-Bullying Di Sekolah (Studi Kasus Mts Madinatunnajah Ciputat). TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan, 5(1), 78-88. https://doi.org/10.52266/tadjid.v5i1.632


Article Metrics

Abstract Views : 46 | PDF Views : 12 | PDF Views : 9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Risma Kholilatus Salma

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.