PENTINGNYA MEMBANGUN KARAKTER POSITIF PESERTA DIDIK MELALUI BIMBINGAN DAN KONSELING



Djoni Aminudin(1*),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep strategis bimbingan dan konseling dalam mendukung pengembangan karakter positif peserta didik melalui pendekatan studi literatur. Karakter positif menjadi aspek fundamental dalam pembentukan kepribadian siswa, yang mencakup nilai-nilai seperti tanggung jawab, disiplin, empati, dan integritas. Peran bimbingan dan konseling dipandang strategis dalam membantu siswa menginternalisasi nilai-nilai ini melalui berbagai pendekatan yang holistik dan berkelanjutan. Melalui kajian pustaka, penelitian ini mengeksplorasi teori-teori dan model bimbingan dan konseling yang relevan dalam pendidikan karakter, seperti teori konseling perkembangan, konseling realitas, dan konseling berbasis kekuatan. Penelitian juga mengidentifikasi praktik terbaik dalam bimbingan yang efektif, di antaranya melalui program konseling individu, kelompok, serta pendekatan kolaboratif antara guru, konselor, dan orang tua. Hasil kajian menunjukkan bahwa strategi bimbingan dan konseling yang terintegrasi dalam kurikulum sekolah serta berbasis pada kebutuhan perkembangan peserta didik mampu memfasilitasi pertumbuhan karakter positif. Implikasi praktis dari penelitian ini meliputi pentingnya pelatihan berkelanjutan bagi konselor dan pengembangan modul bimbingan yang adaptif terhadap kebutuhan siswa dalam era modern yang penuh tantangan.


Keywords


bimbingan dan konseling, karakter positif

Full Text:

PDF

References


Afriatama, R, & Sapri, S. (2023). “Menggali Potensi Gemar Membaca Melalui Program Literasi: Studi Implementasi Karakter Gemar Membaca Di Masyarakat.” Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia 9(1):374. doi: 10.29210/1202323057.

Amalianita, Berru, Riana Eliza, Ryan Pratama Putra Nurnilamsari, Dinny Rahmayanty, & Utami Niki. (2023). “Peran Pendidikan Karakter Remaja Di Sekolah Serta Implikasi Terhadap Layanan Bimbingan Dan Konseling.” JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) 8(2):276–83.

Andreas D. P. (2024). “No Title.” RRI.Co.Id 1. Retrieved September 5, 2024 (https://www.rri.co.id/iptek/721570/ini-data-statistik-penggunaan-media-sosial-masyarakat-indonesia-tahun-2024).

Anggraini, Y. (2022). “Program Pendidikan Karakter Dalam Mengatasi Krisis Moral Di Sekolah.” Jurnal Basicedu 6(5):9205–12.

Anita, S., Ima, Y., Atrup, A., & Nora Y. S. (2017). “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Terhadap Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas X Sman 3 Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017.” Education and Human Development Journal 2(2):55–62. doi: 10.33086/ehdj.v2i2.1381.

Arfani, Fernando, F., Hartini, & Hendra, H. (2022). “Karakter Konselor Sekolah: Menerapkan Nilai-Nilai Piil Pesenggiri Dalam Membentuk Karakter Bhinneka Tunggal Ika Pada Peserta Didik Di SMK Negeri 1 Kotabumi Lampung Utara.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan 16(6):2383–94.

Arita, Marini, Zahari, M., Safitri, D., Ibrahim, N., & Sujarwo. (2021). “Pembentukan Karakter Positif Siswa Melalui Pembelajaran Di Sekolah Dasar.”

Asfar, AMIT, AMIA Asfar, Andi H. A, & Ady, K. (2020). “Lembaga Pendidikan Sekolah (School Education Institutions).” Sch. Educ. Institutions, No. January 1–16.

Atkinson, Rita L. dkk. 2008. Pengantar Psikologi (Alih Bahasa Dra. Nurdjannah Taufiq). Jakarta: PT.Erlangga.

Dewi, Anita, C., Bayin, R., A. Ahmad, F., Firqah, F., Andi, M. I., Muh, R. H., & M. Aqila, D. Y. (2023). “Pendidikan Moral Dan Etika Mengukir Karakter Unggul Dalam Pendidikan.” IJOCE: Indonesia Journal of Civic Education 3(2):69–76.

Dinas Pendidikan DIY. (2022). Laporan Tahunan Program Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. DIY.

Febriyani, S. (2022). “Penilaian Otentik Pada Pendidikan Karakter.” Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora 1(2):14–17.

Fitriyanti, E., Solihatun, & Sisca, F. (2021). “Pembinaan Pendidikan Karakter Cerdas Melalui Format Kelompok (PKC-KO) Untuk Membantu Mengatasi Kesulitan Belajar Di SMK Tecma Ciambar.” Jurnal Abdimas Prakasa Dakara 1(2):47–55.

Gymnastiar, A. (2003). Aa Gym Apa Adanya: Sebuah Qolbugrafi. Bandung: MQ Publishing.

Hardin, Frans, & Elin, N. (2022). “Gambaran Faktor-Faktor Penyebab Kenakalan Remaja Di RT 09 RW 03 Kelurahan Alang Laweh Kota Padang.” Jurnal Citra Ranah Medika 2(1):1–9.

Hendayani, M. (2019). “Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik Di Era 4.0.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7(2):183.

Hidayat, R. (2007). Pendidikan Islam Sebagai Ilmu.” Pendidikan Islam I.

Isnanto, B.A. (2022). “Sifat Individu Yang Baik Dalam Bermasyarakat.” Detikbali, November.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Laporan Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah.

Klaus, K. (1993). “Analisis Isi: Pengantar Teori Dan Metodologi.” Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kuhlthau, C. C. (1994). Teaching the Library Research Process. Scarecrow Press.

Lickona, T. (2016). How to Raise Good Children: A Practical Guide to Character Education.

Mahmud, U. I. N., & Yunus, B. (2024). “Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Manajemen Bimbingan Dan Konseling Islam Strengthening Student Character Education Through Islamic Guidance And Counseling Management.” 7:76–84.

Mardalis, M. (2006). “Metode Penelitian (Suatu Pendekatan Proposal).” Bumi Aksara, Jakarta.

Matta, A. (2009). Delapan Mata Air Kecemerlangan. Jakarta: Tarbawi Press.

Megawangi, R. (2005). Yang Terbaik Untuk Buah Hatiku. Bandung: MQS Publishing.

Miftah N. A, & Ade, W. (2020). “Miftah Nurul Annisa, A. W. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Zaman Serba Digital. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 35–48. Https://Ejournal.Stitpn.Ac.Id/Index.Php/BintangPentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Das.” Jurnal Pendidikan Dan Sains 2(1):35–48.

Muslihati, M. (2024). “Peran Bimbingan Dan Konseling Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah Menengah Kejuruan.” Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling 4(3):12.

Nurmadiah, Nurmadiah. 2018. “KONSEP DASAR PENDIDIKAN KARAKTER.” Al-Afkar: Manajemen Pendidikan Islam 6(2):33–66.

Permendikbud. 2014. “Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan Dan Konseling Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.” Republik Indonesia 1–45.

Putry, Raihan. 2019. “Nilai Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah Perspektif Kemendiknas.” Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies 4(1):39–54.

Rahmawati, Istiqomah, and Syaiful Anam. 2021. “Problematika Bimbingan Dan Konseling Serta Upaya Perbaikannya Secara Islami.” Al Ghazali 4(1):58–70. doi: 10.52484/al_ghazali.v4i1.208.

Ratna, M. (2005). Yang Terbaik Untuk Buah Hatiku. Bandung: MQS Publishing.

Risdiany, Hani, & Dinie A. D. (2021). “Penguatan Karakter Bangsa Sebagai Implementasi Nilai-Nilai Pancasila.” Jurnal Pendidikan Indonesia 2(04):696–711.

Rosita, N. T. (2013). “Alternatif Layanan Bimbingan Dan Konseling Untuk Meningkatkan Kemampuan Management Stres Siswa Di Sman 1 Katapang.” Jurnal Bimbingan Dan Konseling 1(November):978–79.

Sa’idah, Ishlakhatus, & Moh Ziyadul Haq Annajih. (2024). “Konsep Dasar Bimbingan & Konseling.”

Sabarguna, B. S. (2005). “Analisis Data Pada Penelitian Kualitatif. Edisi Pertama.”

Siagian, Muhammad, R, & Khairuddin, T. (2023). “Srategi Guru Bimbingan Dan Konseling Menumbuhkan Karakter Jujur Dan Bertanggung Jawab Pada Siswa.” Fitrah: Journal of Islamic Education 4(1):151–61.

Sunarto, & B Agung Hartono. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: CV. Rineka Cipta.

Sutanto, L. (2005). “Teori Konseling Dan Psikoterapi Perdamaian.” Universitas Negeri Malang.

Suyanto. 2010. “Urgensi Pendidikan Karakter.” Ditjen Mandikdasmen – Kementerian Pendidikan Nasional.

Yusuf, S. L. N. (2010). Bimbingan Etika Bagi Pengembangan Karakter Remaja. Bandung: Rizky Press.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.823259

Article Metrics

Abstract Views : 204 | PDF Views : 199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Djoni Aminudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.