Stres Akademik Siswa dan Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling



Vera Sriwahyuningsih(1*), Mufadhal Barseli(2),

(1) Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
(2) Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya tingkat stres akademik yang dialami oleh siswa. Stres akdemik terjadi akibat dari beberapa faktor yang mempengaruhi. Fokus penelitian pada stres akademik ini ada tiga hal yaitu, respon fisik, respon emosi, dan respon perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dan tingkat stres akademik beserta implikasinya dalam layanan bimbingan dan konseling. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik  kelas XI SMA N 4 Padang sebanyak 319 orang, dan jumlah sampel sebanyak 177 orang dengan menggunakan teknik  Proportional Random Sampling. Instrumen menggunakan skala model Likert. Hasil uji validitas dan reliabilitas instrument stres akademik diadaptasi dari skala SSA (Skala Stres Akademik) dinyatakan valid dan reliabel. Data dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat stres akademik menurut pendapat atau penilaian peserta didik berada pada kategori tinggi. Artinya, banyak peserta didik  yang mengalami stres akademik. Oleh karena itu, perlu adanya tindakan yang tepat untuk mengatasi stres akademik. Hasil penelitian ini dapat dijadikani acuan pada guru bimbingan konseling untuk memberikan layanan yang tepat dalam mereduksi stres akademik

Keywords


Bimbingan Konseling, Implikasi, Siswa, Stres Akademik

Full Text:

PDF

References


Agolla, J. E., & Ongori, H. (2009). An assessment of academic stress among undergraduate students : The case of University of Botswana, (January).

Alvin, N. (2007). Handling Study Stress. Jakarta: Alex Media Komputindo.

Anggrini, D. (2021). Faktor-faktor Pemicu Stres pada Siswa Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Psikologi Malahayati, 3(1). http://ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/PSIK OLOGI/article/view/3605/pdf.

Astuti, A. D. (2017). Stres Akademik Siswa yang akan Menghadapi Ujian Nasional berdasarkan Jenis Kelamin, 3, 190–195.

Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(3), 143-148. Diakses dari https://jurnal.konselingindonesia.com/index.ph p/jkp/article/view/198.

Busari, A.O. (2014). Academic Stress among undergraduate students: Measuring the Effects of Stress Inoculation Teachiques of Social Sciences, 5(27), 599-609. https://doi.org/10.5901/mjss.2014.v5n27599

Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Elias, H., Ping, W. S., & Abdullah, M. C. (2011). Stress and academic achievement among undergraduate students in Universiti Putra Malaysia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 29, 646–655. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.11.288.

Gusniarti. (2002). Hubungan antara Persepsi Siswa terhadap Tuntutan dan Harapan Sekolah dengan Deraja Sres Siswa Plus. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi.

Hellen. (2002). Bimbingan Konseling. Jakarta: Ciputat Pers

Hicks, T., & Heastie, S. (2008). High School to Collage Transition: A profile of the stressor, physical and. Journal of Diversity,15(3), 143-147.

Ifdil, Taufik, & Ardi, Z. (2013). Kondisi Stres Akademik Siswa SMA Negeri di Kota Padang IICE-Multikarya Kons (Padang-Indonesia) dan IKI-Ikatan Konselor Indonesia-All Rights Reserved Indonesian Institute for Counseling and Education (IICE) Multikarya Kons, 143–150.

Lazarus, R.S & Folkman, S. (1984). Stress Appraisal And Coping. Newyork : Springer Publishing Company.Inc.

Lim, V. K. G., & Chen, D. J. Q. (2009). Impact of Cyberloafing on Affect, Work Depletion, Facilitation and Engagement. In Conference Paper SIOP, 20(9), 1-20.

Minarsi, Nirwana, H. & Yarmis. (2017). Kontribusi Motivasi Menyelesaikan Masalah dan Komunikasi Interpersonal terhadap Strategi Pemecahan Masalah siswa Sekolah menengah. Jurnal Jurnal Penelitian Pendidikan Indoneisa. Vol. 3, No. 2, Tahun 2017 Hal. 1-14.

Nasution, I. K.(2007). Stres Pada Remaja. Medan: Program Studi Psikologi Universitas Sumatra Utara.

Penedo, F,. J. (2008). Cognitivebehavioral Stress Management. New York: Oxford University Press.

Pinakesti, A. R. A. (2016). Self Dislcosure dan Stres Pada Mahasiswa. Skripsi (tidak diterbitkan). Malang: Universitas Muhammadiyah malang.

Prayitno. (2008). Dasar Teori dan Praktis Pendidikan. Padang: UNP.

Putri, A. R. (2016). Hubungan Stres Akademik dengan Perilaku Agresif Remaja Di SMK N 5 Padang. Skripsi (tidak diterbitkan). Padang: Universitas Andalas.

Rofiah & Syaifudin. (2014). Gambaran Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Stres Mahasiswa Dalam Menghadapi Praktik Klinik Keperawatan Di Institusi Pendidikan Swasta di Semarang. (Jurnal) Jurnal Manajemen Keperawatan. Vol. 2, No. 2, November 2014: 69-75.

Safaria, T., & Saputra, E. N. (2009). Manajemen Emosi (Sebuha Panduan Cerdas Bagaimana Mengelola Emosi Positif dalam Hidup Anda). Jakarta: Bumi Aksara.

Sagita, D. D. Daharnis. & Syahniar. (2017). Hubungan Self Efficacy, Motivasi Berprestasi, Prokrastinasi Akademik dan Stres Akademik Mahasiswa. Jurnal Biotetik, 01(02), 37–72.

Sarwono, S. W. (2004). Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali

Stallard, E. (2004). Health Psychology. New York: Mc. Graw Hill Co.

Taylor. (2003). Health Psychology. New York: Mc Graw-Hill Inc.

Thurson. (2005). Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swasta.

Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Vera, S. & Barseli, M. (2023). Dampak Stres Akademik, Cyberloafing terhadap Kecanduan Smartphone. Jurnal Enlighten: Jurnal Bimbingan konseling Islam, Vol 3, No 4. Juli-Desember 2023.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.823157

Article Metrics

Abstract Views : 96 | PDF Views : 131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Vera Sriwahyuningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.