Stres Akademik Siswa dan Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling
Vera Sriwahyuningsih(1*), Mufadhal Barseli(2),
(1) Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
(2) Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agolla, J. E., & Ongori, H. (2009). An assessment of academic stress among undergraduate students : The case of University of Botswana, (January).
Alvin, N. (2007). Handling Study Stress. Jakarta: Alex Media Komputindo.
Anggrini, D. (2021). Faktor-faktor Pemicu Stres pada Siswa Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Psikologi Malahayati, 3(1). http://ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/PSIK OLOGI/article/view/3605/pdf.
Astuti, A. D. (2017). Stres Akademik Siswa yang akan Menghadapi Ujian Nasional berdasarkan Jenis Kelamin, 3, 190–195.
Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(3), 143-148. Diakses dari https://jurnal.konselingindonesia.com/index.ph p/jkp/article/view/198.
Busari, A.O. (2014). Academic Stress among undergraduate students: Measuring the Effects of Stress Inoculation Teachiques of Social Sciences, 5(27), 599-609. https://doi.org/10.5901/mjss.2014.v5n27599
Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Elias, H., Ping, W. S., & Abdullah, M. C. (2011). Stress and academic achievement among undergraduate students in Universiti Putra Malaysia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 29, 646–655. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.11.288.
Gusniarti. (2002). Hubungan antara Persepsi Siswa terhadap Tuntutan dan Harapan Sekolah dengan Deraja Sres Siswa Plus. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi.
Hellen. (2002). Bimbingan Konseling. Jakarta: Ciputat Pers
Hicks, T., & Heastie, S. (2008). High School to Collage Transition: A profile of the stressor, physical and. Journal of Diversity,15(3), 143-147.
Ifdil, Taufik, & Ardi, Z. (2013). Kondisi Stres Akademik Siswa SMA Negeri di Kota Padang IICE-Multikarya Kons (Padang-Indonesia) dan IKI-Ikatan Konselor Indonesia-All Rights Reserved Indonesian Institute for Counseling and Education (IICE) Multikarya Kons, 143–150.
Lazarus, R.S & Folkman, S. (1984). Stress Appraisal And Coping. Newyork : Springer Publishing Company.Inc.
Lim, V. K. G., & Chen, D. J. Q. (2009). Impact of Cyberloafing on Affect, Work Depletion, Facilitation and Engagement. In Conference Paper SIOP, 20(9), 1-20.
Minarsi, Nirwana, H. & Yarmis. (2017). Kontribusi Motivasi Menyelesaikan Masalah dan Komunikasi Interpersonal terhadap Strategi Pemecahan Masalah siswa Sekolah menengah. Jurnal Jurnal Penelitian Pendidikan Indoneisa. Vol. 3, No. 2, Tahun 2017 Hal. 1-14.
Nasution, I. K.(2007). Stres Pada Remaja. Medan: Program Studi Psikologi Universitas Sumatra Utara.
Penedo, F,. J. (2008). Cognitivebehavioral Stress Management. New York: Oxford University Press.
Pinakesti, A. R. A. (2016). Self Dislcosure dan Stres Pada Mahasiswa. Skripsi (tidak diterbitkan). Malang: Universitas Muhammadiyah malang.
Prayitno. (2008). Dasar Teori dan Praktis Pendidikan. Padang: UNP.
Putri, A. R. (2016). Hubungan Stres Akademik dengan Perilaku Agresif Remaja Di SMK N 5 Padang. Skripsi (tidak diterbitkan). Padang: Universitas Andalas.
Rofiah & Syaifudin. (2014). Gambaran Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Stres Mahasiswa Dalam Menghadapi Praktik Klinik Keperawatan Di Institusi Pendidikan Swasta di Semarang. (Jurnal) Jurnal Manajemen Keperawatan. Vol. 2, No. 2, November 2014: 69-75.
Safaria, T., & Saputra, E. N. (2009). Manajemen Emosi (Sebuha Panduan Cerdas Bagaimana Mengelola Emosi Positif dalam Hidup Anda). Jakarta: Bumi Aksara.
Sagita, D. D. Daharnis. & Syahniar. (2017). Hubungan Self Efficacy, Motivasi Berprestasi, Prokrastinasi Akademik dan Stres Akademik Mahasiswa. Jurnal Biotetik, 01(02), 37–72.
Sarwono, S. W. (2004). Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali
Stallard, E. (2004). Health Psychology. New York: Mc. Graw Hill Co.
Taylor. (2003). Health Psychology. New York: Mc Graw-Hill Inc.
Thurson. (2005). Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swasta.
Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Vera, S. & Barseli, M. (2023). Dampak Stres Akademik, Cyberloafing terhadap Kecanduan Smartphone. Jurnal Enlighten: Jurnal Bimbingan konseling Islam, Vol 3, No 4. Juli-Desember 2023.
DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.823157
Article Metrics
Abstract Views : 96 | PDF Views : 131Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Vera Sriwahyuningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling Department of Guidance and Counseling Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |