Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Permainan Simulasi Shadow Puppet Untuk Mengurangi Tingkat Bystander Effect Siswa



Mufarochah Imro'atu Sholihah(1), Khairul Bariyyah(2), Leny Latifah(3*),

(1) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
(2) Universitas Negeri Malang
(3) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Bystander effect diartikan sebagai kondisi seseorang yang hanya menjadi penonton terhadap suatu peristiwa darurat, namun tidak melakukan tindakan apapun karena kehadiran orang lain, tanpa memandang lokasi maupun waktu. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui seberapa efektif penerapan bimbingan kelompok melalui permainan simulasi shadow puppet untuk mengurangi tingkat bystander effect siswa. Jumlah responden sebanyak 12 orang dengan metode stratified random sampling. Desain penelitian adalah one group pre-test dan post-test dengan menggunakan skala bystander effect. Data dianalisis menggunakan wilcoxon signed rank test dan SPSS 25 for windows. Berdasarkan hasil pengujian data sebelum dan setelah pemberian layanan bimbingan kelompok melalui permainan simulasi shadow puppet diketahui adanya perbedaan tingkat bystander effect dari skor 69,67 menjadi 39,83 dengan taraf signifikansi sebesar 0,002 dan probabilitas <0,05 yang berarti H0 ditolak. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok melalui permainan simulasi shadow puppet efektif untuk mengurangi tingkat bystander effect siswa.

Keywords


bystander effect, permainan simulasi, shadow puppet

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, R. A. R. (n.d.). Kecerdasan emosional, dukungan sosial dan kecenderungan burnout. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 2(2), 99–107.

Amtiran, A. A. (2022). Fenomena ‘Bystander Effect’dan Krisis Kasih Akibat Kemajuan Teknologi. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5, 1980–1985.

Ardila, R. M., Nurhasanah, N., & Salimi, M. (n.d.). Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Dan Pembelajarannya Di Sekolah. In Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.

Astuti, D., Mugiarso, H., & Wibowo, M. E. (2017). Bimbingan Kelompok Berbasis Permainan dengan Media Kartu Berbi untuk Meningkatkan Komunikasi Antarpribadi Siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 6(4).

Cherry, K. (n.d.). How Psychology Eplains the Bystander Effect. Verywell Mind, ttps://www.verywellmind.com/the-bystander-effect-2795899 diakses pada 05/06.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Crisp, R. J., Turner, R. N., & Meleady, R. (2024). Essential social psychology. SAGE Publications Limited.

Dewi, M. S. (2021). Pengembangan Media Mini Shadow Puppet Dengan Metode Story Telling Di TK. 9(2).

Diswantika, N., & Yustiana, Y. R. (2022). Model bimbingan dan konseling bermain cognitive-behavior play therapy untuk mengembangkan empati mahasiswa. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(1), 40–56.

Erik, E., & Dewi, M. S. (n.d.). Pengembangan Media Mini Shadow Puppet Dengan Metode Story Telling Untuk Mengembangkan Prososial Anak Di TK. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(2), 353–368.

Feyori, D. P. (2024). Program Stop (Intervensi Bystander) Untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Sebagai Upaya Preventif Pelecehan Seksual Pada Siswa SMP di Bukittinggi. CAUSALITA: Journal of Psychology, 2(1), 107–112.

Hortensius, R., & De Gelder, B. (2018). From empathy to apathy: The bystander effect revisited. Current Directions in Psychological Science, 27(4), 249–256.

Kurniawan, E., Santoso, G., Insan, U., Indonesia, P., & Jakarta, U. M. (2022). Jurnal Pendidikan Transformatif ( Jupetra ) Telaah Singkat Fenomena Tentang Bystander Effect. 01(01), 35–39.

Lestari, W. D., Anggriana, T. M., & Pratama, B. D. (2022). Pengaruh Empati dan Bystander Effect Terhadap Perilaku Prososial Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 1–10.

Limarga, D. M. (2017). Penerapan metode bercerita dengan media audio visual untuk meningkatkan kemampuan empati anak usia dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 3(1), 86–104.

Mandarin, P. B., Bahasa, F., Surabaya, U. N., Mintowati, M., & Pd, M. (n.d.). Efektivitas Media Shadow Puppet Dalam Pembelajaran Bercerita Bahasa Mandarin Peserta Didik Kelas XI IPA 2 SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo Dimas Kurniasih. 1–13.

Maulani, S. Y., Widyatno, A., Hitipeuw, I., & Harsono, Y. T. (2022). The Role of the Bystander Effect on Body Shaming Intensity in Psychology Students in Malang City. KnE Social Sciences, 230–243.

Mawardah, M., & Razzak, D. (2024). Analisa Perilaku Altruisme Dengan Bystander Effect Dan Konformitas Teman Sebaya Mahasiswa Universitas Bina Darma. Jurnal Ilmiah Psyche, 18(1), 77–86.

Pradita, L. E., Hermawan, W., & Saddhono, K. (2017). Strengthening the value of character through shows shadow puppets. Proceeding of the 2nd INCOTEPD, 21–22.

Prasetyowati, E., Malawi, I., Rifa’i, M., & Hanif, M. (2024). Penerapan Model CTL dengan Menggunakan Media Wayang Kulit untuk Meningkatkan Karakter Siswa SDN 02 Winongo Manguharjo Kota Madiun. Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner, 3(2), 56–68.

Rahmadhani, A. M., & Taufik, T. (2024). Hubungan Self Awareness Dengan Bystander Effect Siswa SMA Negeri 7 Sijunjung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 2321–2331.

Salsabila, A. T., Astuti, D. Y., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2021). Pengaruh Storytelling dalam Meningkatkan Kemampuan Empati Anak Usia Dini. 10(2), 164–171.

Septihani, A., SH, D. P. T., Pramita, E. A., & Sari, Y. (2024). Peran Komunikasi Antarpribadi dalam mengatasi Perundungan pada Anak. Journal of Dialogos, 1(2), 41–47.

Setyawati, S. P. (2022). Peluang Pengembangan dan Pemanfaatan Media Wayang dalam Bimbingan dan Konseling. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 2, 7–20.

Syaf, A., Ramadhani, R., & Putra, A. A. (2023). Benarkah Empati dapat menurunkan Bystander Effect Pada Remaja? Psychopolytan: Jurnal Psikologi, 7(1), 62–68.

Tondok, M. S. (n.d.). Melatih Kepekaan Sosial Anak. Harian Surabaya, 2.

Wang, C., Liu, J., Zhang, L., Chen, X., & Wu, Y. (2024). Innovative Design of Interactive Shadow Puppets for Children Based on STEAM Education Concept. International Conference on Human-Computer Interaction, 145–161.

Zaedy, S. A. A., Setiawan, A., & Iriansyah, T. (2021). Persepsi Citra Visual dan Pengaruh Bystander Effect terhadap Kehidupan Sosial di Masyarakat. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya, 4(1), 33–42.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.823047

Article Metrics

Abstract Views : 127 | PDF Views : 77

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mufarochah Imro'atu Sholihah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.