Evaluasi Model Discrepancy Pelaksanaan Layanan Konseling Individu di Madrasah Tsanawiya



Usrotun Diniyah(1*), Nur Hidayah(2), Yuliati Hotifah(3),

(1) Universitas Negeri Malang
(2) Universitas Negeri Malang
(3) Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Evaluasi adalah komponen penting dalam pengendalian mutu pendidikan nasional, dengan tanggung jawab yang jelas kepada pihak terkait. Evaluasi harus dilakukan secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematis oleh lembaga independen untuk menilai pelaksanaan standar nasional pendidikan. Penelitian ini bertujuan mengetahui gap antara kriteria yang ditetapkan dengan keterlaksanaan layanan di lapangan gterkait pelaksanaan konseling individu di Madrasah Tsanawiyah. Model evaluasi yang digunakan adalah kesenjangan (discrepancy evaluation model). Sampel dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling yang melakukan pelayanan konseling individual. Pengumpulan data penelitian menggunakan skala evaluasi pelaksanaan layanan konseling individu yang terdiri dari 34 pertanyaan dan pedoman wawancara. Selanjutnta data penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Temuan penelitian menunjukkan pelaksanaan layanan konseling individu di Madrasah Tsanawiyah telah dilaksanakan sebagian dari standar kriteria yang ditetapkan ABKIN. Hal ini berdasarkan hasil evaluasi yang diperoleh yang menunjukkan  rata-rata hasil evaluasi sebesar 132 atau 63%. Maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan layanan konseling individu pada kategori  Cukup Baik (CB)

Keywords


Evaluation, Discrepancy Model, Individual Counseling, Madrasah Tsanawiyah

Full Text:

PDF

References


Alter, K. (1998). Electrical Construction Management Specialization Program: A Formative Evaluation. Journal of Construction Education, 3(2), 60–72.

Asmara Adi, W., Dwikurnaningsih, Y., & Kristen Satya Wacana Salatiga, U. (2020). Pengembangan Modul Cetak Evaluasi Program Bimbingan Dan Konseling Bagi Guru BK SMP. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 17(2), 222–246. https://doi.org/10.14421/hisbah.2020.172-05

Aspandi. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Melakukan Evaluasi Layanan Bimbingan dan Konseling Melalui Supervisi Akademik. Indonesian Journal of Counseling and Education, 3(2), 38–41.

Fatchurahman, M. (2017). Konsep Dasar Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Lembaga Literasi Dayak.

Hidayat, A. (2020). Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. AL-IRSYAD : Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(1), 143.

Holst, J., Brock, A., Singer-Brodowski, M., & de Haan, G. (2020). Monitoring progress of change: Implementation of Education for Sustainable Development (ESD) within documents of the German education system. Sustainability (Switzerland), 12(10). https://doi.org/10.3390/su12104306

Permenpan Nomor 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, Kementrian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi (2009).

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive dan Snowball Sampling. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis

Mbulu, J. (1995). Evaluasi program: konsep dasar, pendekatan, model, dan prosedur pelaksanaan / Joseph Mbulu. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:183800515

Mustafa, P. S. (2021). Model Discrepancy sebagai Evaluasi Program Pendidikan. Palapa, 9(1), 182–198. https://doi.org/10.36088/palapa.v9i1.1067

Musyofah, T., Pitri, T., & Sumarto, S. (2021). Evaluasi Program BK Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Mutu Program Layanan BK. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 4(3), 304–312. https://doi.org/10.33369/consilia.4.3.304-312

Nikmah, R. (2018). Bimbingan Konseling Berbasis Evaluasi dan Supervisi. Araska Publisher.

Nugraha, A., & Suwarjo, S. (2016). Model Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling Komprehensif di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 23–28. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=960361&val=14761&title=Model Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling Komprehensif di Sekolah Menengah Pertama.

Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014, 1 (2014).

Permendiknas Nomor 27 Tahun 2008 Tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Konselor, Pub. L. No. Nomor 27 Tahun 2008, 1 (2008).

Sahputra, D. (2022). Perencanaan dan Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Team, C. W. (2008). The South Carolina Comprehensive Developmental Guidance and Counseling Program model: a guide for school counseling programs, prekindergarten through …. South Carolina State Documents Depository. https://dc.statelibrary.sc.gov/handle/10827/31973%0Ahttps://dc.statelibrary.sc.gov/bitstream/handle/10827/31973/DOE_SC_Comprehensive_Developmental_2008-2.pdf?sequence=1

Walden, B. (1999). Book Review: Program Evaluation: Alternative Approaches and Practical Guidelines. American Journal of Evaluation, 20(3), 603–605. https://doi.org/10.1177/109821409902000322

Waluya, J. (2013). Supervisi Pendidikan pada sekolah Dasar. Pedagogik, I(1), 32–42.

Widoyoko, E. P. (2017). Evaluasi program pembelajaran : Panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik. Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.822884

Article Metrics

Abstract Views : 123 | PDF Views : 130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Usrotun Diniyah, Nur Hidayah, Yuliati Hotifah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.