Pengaruh Layanan Informasi Teknik Cognitive Restructuring Terhadap Resiliensi Akademik Siswa MAS Al-Washliyah



Mutiara Aulia(1*), Purbatua Manurung(2), Muhammad Harwansyah Putra Sinaga(3),

(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Ditemukan siswa yang stres karena beban tugas dan pelajaran yang banyak, kesulitan mengikuti aturan yang ada, pelajaran yang berbeda dengan sekolah lainnya, kurangnya minat dan motivasi belajar siswa, dan kurang mampu menyesuaikan diri dengan komitmen proses akademik sekolah sehingga siswa cenderung memiliki tingkat resiliensi akademik yang rendah. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis pretest-posttest control group design dengan tujuan untuk mengetahui resiliensi akademik siswa sebelum diberikan layanan informasi teknik cognitive restructuring, mendeskripsikan layanan informasi untuk meningkatkan resiliensi akademik siswa dan mengetahui pengaruh layanan informasi teknik cognitive restructuring terhadap resiliensi akademik siswa MAS Al-Washliyah. Hasil penelitian bahwa terbukti resiliensi akademik siswa pada kelompok eksperimen tergolong rendah 100% dan pada kelompok kontrol resiliensi akademik siswa 86,66% rendah dan 13,33% sedang, penerapan layanan informasi di sekolah MAS Al-Washliyah belum maksimal karena tidak ada jam BK di sekolah, dan terdapat pengaruh layanan informasi teknik cognitive restructuring terhadap resiliensi akademik siswa.

Keywords


Layanan Informasi, TeknikCognitive Restructuring, Resiliensi Akademik Siswa

Full Text:

PDF

References


Alpian, Y., and Anggraeni, S. W. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66–72.

Andrew J, M., and W. Marsh, R. (2006). Academic resilience and its psychological and educational correlates: A construct validity approach. Psychology in the Schools, 43(3), 267–281.

Arsini, Y., Wirtati, I., and Damanik, E. S. D. (2023). The Effectiveness of Cognitive Restructuring Counselling Containing Wahdatul Ulum Values to Increase Student Perseverance. ENLIGHTEN (Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam), 6(2), 64–75. https://doi.org/10.32505/enlighten.v6i2.7225

Budi, P. (2008). Organisasi dan Managemen Bimbingan Konseling. Unesa University Press.

Dewa Ketut, S. (2002). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Rineka Cipta.

Endriani, A., and Maemunah. (2016). Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Kemampuan Merencanakan Studi Lanjut Bagi Siswa Kelas Ix Smpn 3 Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Realita, 1(April), 1–14. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/234119021.pdf

Hanifa, R., and Santoso, M. B. (2016). Cognitive Restructuring Dan Deep Breathing Untuk Pengendalian Kecemasan Pada Penderita Fobia Sosial. Share : Social Work Journal, 6(2), 230. https://doi.org/10.24198/share.v6i2.13211

Hidayatin, U. (2017). Penerapan Teknik Cognitive Restructuring Untuk Mengurangi Gejala Dissociative Trance Disorder Siswa Sman 1 Kademangan. CENDEKIA: Journal of Education and Teaching, 11(1), 45. https://doi.org/10.30957/cendekia.v11i1.250

Satrianta, H., Rufaidah, A., Nisa, A., and Dachmiati, S. (2021). Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Resiliensi Akademik Siswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh. Guidance, 18(02), 33–43. https://doi.org/10.34005/guidance.v18i02.1746

Siregar, A., Nurhayani, and Baroroh, N. (2023). Upaya Meningkatkan Resiliensi Akademik Mahasiswa Prodi BKPI Melalui Layanan Informasi. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 6(1), 24–37.

Sri Harianti, W., and Fatwa Fadlillah, D. (2021). Faktor Protektif Yang Berkontribusi Pada Ketahanan Akademik: Sistematik Reviu. (December). Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/351770656

Syarqawi, A., Aulia, M., Rezky, S., Nadila, N., and Rahmayani, H. D. R. D. (2023). Pelaksanaan Layanan Informasi Bimbingan Konseling Guna Mencegah Stunting Pada Masyarakat. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Indonesia, 8(1), 46–51. Retrieved from https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bk/article/view/1982




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.812783

Article Metrics

Abstract Views : 75 | PDF Views : 60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mutiara Aulia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.