Pengaruh Layanan Informasi Teknik Cognitive Restructuring Terhadap Resiliensi Akademik Siswa MAS Al-Washliyah
Mutiara Aulia(1*), Purbatua Manurung(2), Muhammad Harwansyah Putra Sinaga(3),
(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alpian, Y., and Anggraeni, S. W. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66–72.
Andrew J, M., and W. Marsh, R. (2006). Academic resilience and its psychological and educational correlates: A construct validity approach. Psychology in the Schools, 43(3), 267–281.
Arsini, Y., Wirtati, I., and Damanik, E. S. D. (2023). The Effectiveness of Cognitive Restructuring Counselling Containing Wahdatul Ulum Values to Increase Student Perseverance. ENLIGHTEN (Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam), 6(2), 64–75. https://doi.org/10.32505/enlighten.v6i2.7225
Budi, P. (2008). Organisasi dan Managemen Bimbingan Konseling. Unesa University Press.
Dewa Ketut, S. (2002). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Rineka Cipta.
Endriani, A., and Maemunah. (2016). Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Kemampuan Merencanakan Studi Lanjut Bagi Siswa Kelas Ix Smpn 3 Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Realita, 1(April), 1–14. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/234119021.pdf
Hanifa, R., and Santoso, M. B. (2016). Cognitive Restructuring Dan Deep Breathing Untuk Pengendalian Kecemasan Pada Penderita Fobia Sosial. Share : Social Work Journal, 6(2), 230. https://doi.org/10.24198/share.v6i2.13211
Hidayatin, U. (2017). Penerapan Teknik Cognitive Restructuring Untuk Mengurangi Gejala Dissociative Trance Disorder Siswa Sman 1 Kademangan. CENDEKIA: Journal of Education and Teaching, 11(1), 45. https://doi.org/10.30957/cendekia.v11i1.250
Satrianta, H., Rufaidah, A., Nisa, A., and Dachmiati, S. (2021). Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Resiliensi Akademik Siswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh. Guidance, 18(02), 33–43. https://doi.org/10.34005/guidance.v18i02.1746
Siregar, A., Nurhayani, and Baroroh, N. (2023). Upaya Meningkatkan Resiliensi Akademik Mahasiswa Prodi BKPI Melalui Layanan Informasi. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 6(1), 24–37.
Sri Harianti, W., and Fatwa Fadlillah, D. (2021). Faktor Protektif Yang Berkontribusi Pada Ketahanan Akademik: Sistematik Reviu. (December). Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/351770656
Syarqawi, A., Aulia, M., Rezky, S., Nadila, N., and Rahmayani, H. D. R. D. (2023). Pelaksanaan Layanan Informasi Bimbingan Konseling Guna Mencegah Stunting Pada Masyarakat. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Indonesia, 8(1), 46–51. Retrieved from https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bk/article/view/1982
DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.812783
Article Metrics
Abstract Views : 105 | PDF Views : 88Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Mutiara Aulia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling Department of Guidance and Counseling Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |