Hubungan antara stres akademik di masa pandemi covid-19 dengan self - efficacy dan motivasi belajar pada peserta didik Sekolah Menengah Atas



Rohma Maulida(1*), Eko Darminto(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Fenomena stres meningkat akibat adanya Covid-19 yang disebabkan karena tuntutan yang harus dipenuhi oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk apakah stres akademik berhubungan secara signifikan dengan self-efficacy dan motivasi belajar. Penelitian dilaksanakan melalui pendekatan kuantitatif dengan rancangan korelasional. Sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling. Sampel sekolah adalah Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Magetan. Sampel peserta didik sebanyak 267. Data ke tiga variabel dikumpulkan melalui teknik self-report dengan instrumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode statistik dengan rumus korelasi. Hasil analisis membuktikan bahwa tidak ada hubungan stres akademik dengan self-efficacy dan motivasi belajar. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan kajian bagi guru Bimbingan dan Konseling dalam layanan terkait stres akademik.

Full Text:

PDF

References


Ajar Dirgantoro. (2016). Peran Pendidikan Dalam Memembentuk Karakter Bangsa Menghadapi Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Jurnal Rontal Keilmuan PPKn, 2, 1–7.

Alawiyah, S. (2020). Manajemen stres dan motivasi belajar siswa. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 10(2), 1–11. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh

Asmita, W. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Stres Akademik Menghadapi Kuliah Daring Pada Mahasiswa IAIN Batusangkar. 6.

Bandura, A., Freeman, W. H., & Lightsey, R. (1999). Self-Efficacy: The Exercise of Control. In Journal of Cognitive Psychotherapy (Vol. 13, Issue 2, pp. 158–166). https://doi.org/10.1891/0889-8391.13.2.158

Cherniss,C dan Goleman, D. (2001). The Emotionally Intelligent Workpalace. In Jossey-Bass: San Fransisco.

Dewi, D. K. P. D. K. (2021). Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Stres Akademik pada Siswa di SMA X. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(7), 23–33.

Evitarini, A. (2018). Program Bimbingan Akademik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. TERAPUTIK Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 94– 101. https://doi.org/10.26539/teraputik.22171

Hasibuan, A. D. (2018). Peran Guru BK Mas Kini : Sebuah Fenomena Pendidikan Indonesia. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 8(1), 60–67.

Livana, Mubin, & Basthomi, Y. (2020). Penyebab Stres Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnsl Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), 203–208.

Makalisang, M., Teurah, RM., S., & Masinambow, D. (2021). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak pada Masa Covid_19 di SD Katolik 21 Gunung Tabor Manado. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1–12.

Muljono, P. (2002). Penyusunan dan Pengembangan Instrumen Penelitian. Lokakarya Peningkatan Suasana Akademik Jurusan Ekonomi, 1–27.

Nurwanti, A. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Daring Dengan Stres Akademik Pada Siswa Kelas X MIA SMAN-1 Muara Teweh. Skripsi, 1–68. shorturl.at/tuJK6

Nusriati. (2021). DAMPAK PSIKOLOGIS DAN SOSIAL PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Pada Peserta Didik Kelas IV SDN 86 Parepare).

Permana, H., Harahap, F., & Astuti, B. (2016). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Pada Siswa Kelas Ix Di Mts Al Hikmah Brebes. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 13(2), 51–68. https://doi.org/10.14421/hisbah.2016.132-04

Pertiwi, Y. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMPN 1 Kota Bengkulu. SKRIPSI : Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.ejournal.id/Edupsycouns/article/view/397

Qian, L., & Fuqiang, Z. (2018). Academic Stres, Academic Procrastination and Academicperformance: a Moderated Dual-Mediation Model. Journal on Innovation and Sustainability. RISUS ISSN 2179-3565, 9(2), 38. https://doi.org/10.24212/2179-3565.2018v9i2p38-46

Sagita, D. D., Daharnis, D., & Syahniar, S. (2017). Hubungan Self Efficacy, Motivasi Berprestasi, Prokrastinasi Akademik Dan Stres Akademik Mahasiswa. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling Teori Dan Praktik), 1(2), 43. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v1n2.p43-52

Sagone, E., & Caroli, M. E. De. (2013). Relationships between Resilience, Self-Efficacy, and Thinking Styles in Italian Middle Adolescents. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 92(Lumen), 838–845. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.08.763

Sakti, I. (2011). Korelasi Pengetahuan Alat Praktikum Fisika dengan Kemampuan Psikomotorik Siswa di SMA Negeri q Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, 9(1), 67–76.

Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2011). Health psychology, biopsychosocial interactions. John willey & sons. Inc.

Sari, D. A., & Khoirunnisa, R. N. (2022). HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN KECEMASAN AKADEMIK SISWA DI SMA X PADA MASA PANDEMI COVID-19. 9(1), 160–170.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D.

Sujadi, E. (2021). Stres Akademik dan Motivasi Belajar Mahasiswa Mengikuti Pembelajaran Daring selama Pandemi COVID-19. Educational Guidance and Counseling Developmental Journal, 4(1), 29–41. https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i1.20317

Sukmana, R. S., & Fitriyanti, E. (2019). Pengaruh layanan penguasaan konten terhadap tingkatnya motivasi belajar pada siswa kelas VIII SMPN. TERAPUTIK Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(3), 156–164. https://doi.org/10.26539/teraputik.23116

Tamba, J. J., & Santi, E. (2021). Efikasi Diri dengan Stres Akademik Siswa SMA Selama Pembelajaran Daring Masa Pandemi COVID-19. Seminar Nasional “Memperkuat Kontribusi Kesehatan Mental Dalam Penyelesaian Pandemi Covid19: Tinjauan Multidisipliner,” April, 136–142.

Taufik, Ifdil, & Ardi, Z. (2013). Kondisi Stres Akademik Siswa SMA Negeri di Kota Padang IICE-Multikarya Kons (Padang-Indonesia) dan IKI-Ikatan Konselor Indonesia-All Rights Reserved Indonesian Institute for Counseling and Education (IICE) Multikarya Kons. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 1(2), 143–150. http://jurnal.konselingindonesia.com

Utami, S., Rufaidah, A., & Nisa, A. (2020). Kontribusi Self-Efficacy Terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19 Periode April-Mei 2020. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 20–27. https://doi.org/10.26539/teraputik.41294

Yikealo, D., Yemane, B., & Karvinen, I. (2018). The Level of Academic and Environmental Stres among College Students: A Case in the College of Education. Open Journal of Social Sciences, 06(11), 40–57. https://doi.org/10.4236/jss.2018.611004

Yuzarion, Y., Alfaiz, A., Kardo, R., & Dahen, L. D. (2017). Condition of perceived selfefficacy as a predictive of student readiness in college tasks. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 105. https://doi.org/10.26539/1221




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.621183

Article Metrics

Abstract Views : 388 | PDF Views : 298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rohma Maulida, Eko Darminto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.