Hubungan antara stres akademik di masa pandemi covid-19 dengan self - efficacy dan motivasi belajar pada peserta didik Sekolah Menengah Atas
Rohma Maulida(1*), Eko Darminto(2),
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ajar Dirgantoro. (2016). Peran Pendidikan Dalam Memembentuk Karakter Bangsa Menghadapi Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Jurnal Rontal Keilmuan PPKn, 2, 1–7.
Alawiyah, S. (2020). Manajemen stres dan motivasi belajar siswa. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 10(2), 1–11. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh
Asmita, W. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Stres Akademik Menghadapi Kuliah Daring Pada Mahasiswa IAIN Batusangkar. 6.
Bandura, A., Freeman, W. H., & Lightsey, R. (1999). Self-Efficacy: The Exercise of Control. In Journal of Cognitive Psychotherapy (Vol. 13, Issue 2, pp. 158–166). https://doi.org/10.1891/0889-8391.13.2.158
Cherniss,C dan Goleman, D. (2001). The Emotionally Intelligent Workpalace. In Jossey-Bass: San Fransisco.
Dewi, D. K. P. D. K. (2021). Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Stres Akademik pada Siswa di SMA X. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(7), 23–33.
Evitarini, A. (2018). Program Bimbingan Akademik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. TERAPUTIK Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 94– 101. https://doi.org/10.26539/teraputik.22171
Hasibuan, A. D. (2018). Peran Guru BK Mas Kini : Sebuah Fenomena Pendidikan Indonesia. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 8(1), 60–67.
Livana, Mubin, & Basthomi, Y. (2020). Penyebab Stres Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnsl Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), 203–208.
Makalisang, M., Teurah, RM., S., & Masinambow, D. (2021). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak pada Masa Covid_19 di SD Katolik 21 Gunung Tabor Manado. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1–12.
Muljono, P. (2002). Penyusunan dan Pengembangan Instrumen Penelitian. Lokakarya Peningkatan Suasana Akademik Jurusan Ekonomi, 1–27.
Nurwanti, A. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Daring Dengan Stres Akademik Pada Siswa Kelas X MIA SMAN-1 Muara Teweh. Skripsi, 1–68. shorturl.at/tuJK6
Nusriati. (2021). DAMPAK PSIKOLOGIS DAN SOSIAL PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Pada Peserta Didik Kelas IV SDN 86 Parepare).
Permana, H., Harahap, F., & Astuti, B. (2016). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Pada Siswa Kelas Ix Di Mts Al Hikmah Brebes. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 13(2), 51–68. https://doi.org/10.14421/hisbah.2016.132-04
Pertiwi, Y. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMPN 1 Kota Bengkulu. SKRIPSI : Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.ejournal.id/Edupsycouns/article/view/397
Qian, L., & Fuqiang, Z. (2018). Academic Stres, Academic Procrastination and Academicperformance: a Moderated Dual-Mediation Model. Journal on Innovation and Sustainability. RISUS ISSN 2179-3565, 9(2), 38. https://doi.org/10.24212/2179-3565.2018v9i2p38-46
Sagita, D. D., Daharnis, D., & Syahniar, S. (2017). Hubungan Self Efficacy, Motivasi Berprestasi, Prokrastinasi Akademik Dan Stres Akademik Mahasiswa. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling Teori Dan Praktik), 1(2), 43. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v1n2.p43-52
Sagone, E., & Caroli, M. E. De. (2013). Relationships between Resilience, Self-Efficacy, and Thinking Styles in Italian Middle Adolescents. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 92(Lumen), 838–845. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.08.763
Sakti, I. (2011). Korelasi Pengetahuan Alat Praktikum Fisika dengan Kemampuan Psikomotorik Siswa di SMA Negeri q Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, 9(1), 67–76.
Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2011). Health psychology, biopsychosocial interactions. John willey & sons. Inc.
Sari, D. A., & Khoirunnisa, R. N. (2022). HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN KECEMASAN AKADEMIK SISWA DI SMA X PADA MASA PANDEMI COVID-19. 9(1), 160–170.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D.
Sujadi, E. (2021). Stres Akademik dan Motivasi Belajar Mahasiswa Mengikuti Pembelajaran Daring selama Pandemi COVID-19. Educational Guidance and Counseling Developmental Journal, 4(1), 29–41. https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i1.20317
Sukmana, R. S., & Fitriyanti, E. (2019). Pengaruh layanan penguasaan konten terhadap tingkatnya motivasi belajar pada siswa kelas VIII SMPN. TERAPUTIK Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(3), 156–164. https://doi.org/10.26539/teraputik.23116
Tamba, J. J., & Santi, E. (2021). Efikasi Diri dengan Stres Akademik Siswa SMA Selama Pembelajaran Daring Masa Pandemi COVID-19. Seminar Nasional “Memperkuat Kontribusi Kesehatan Mental Dalam Penyelesaian Pandemi Covid19: Tinjauan Multidisipliner,” April, 136–142.
Taufik, Ifdil, & Ardi, Z. (2013). Kondisi Stres Akademik Siswa SMA Negeri di Kota Padang IICE-Multikarya Kons (Padang-Indonesia) dan IKI-Ikatan Konselor Indonesia-All Rights Reserved Indonesian Institute for Counseling and Education (IICE) Multikarya Kons. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 1(2), 143–150. http://jurnal.konselingindonesia.com
Utami, S., Rufaidah, A., & Nisa, A. (2020). Kontribusi Self-Efficacy Terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19 Periode April-Mei 2020. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 20–27. https://doi.org/10.26539/teraputik.41294
Yikealo, D., Yemane, B., & Karvinen, I. (2018). The Level of Academic and Environmental Stres among College Students: A Case in the College of Education. Open Journal of Social Sciences, 06(11), 40–57. https://doi.org/10.4236/jss.2018.611004
Yuzarion, Y., Alfaiz, A., Kardo, R., & Dahen, L. D. (2017). Condition of perceived selfefficacy as a predictive of student readiness in college tasks. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 105. https://doi.org/10.26539/1221
DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.621183
Article Metrics
Abstract Views : 375 | PDF Views : 285Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Rohma Maulida, Eko Darminto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling Department of Guidance and Counseling Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |