Keefektifan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal



Aprilia Setyowati(1*), Monika Maharani(2),

(1) (Sinta ID: 6026747), Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
(2) Universitas Ahmad Dahlan
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini berdasarkan fakta di lapangan bahwa masih terdapat beberapa siswa yang memiliki kemampuan komunikasi interpersonal dalam kategori rendah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui keefektifan bimbingan kelompok teknik role playing dalam mengembangkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa. Jenis penelitian ini adalah pre eksperimen dengan desain penelitian one group pre test-post test. Instrument penelitian yang digunakan adalah wawancara dan skala komunikasi interpersonal yang telah diuji validitas dan realibilitasnya. Pengambilan keputusan menggunakan uji normalitas dan uji t-test dengan bantuan program SPSS 25. Hasil nilai uji paired sample test  dengan significant level (α) sebesar 0,05  menunjukkan hasil Sig. (2-tailed) < taraf signifikan  yaitu sebesar 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis alternatife diterima. Berdasarakan hasil tersebut ditarik kesimpulan bahwa bimbingan kelompok teknik role playing efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa.

Full Text:

PDF

References


Aldina, F. (2019). Dampak Konseling Kelompok Teknik Kursi Kosong Dan Self Talk Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa. 7.

Andriani, A. R. (2013).Penerapan Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa Memerankan Tokoh dalam Pementasan Drama Siswa Kelas XI IPB SMA Saraswati Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha, 1, 7. https://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v1i7.1155

Fathurrohman, I. (2018). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru dengan Siswa terhadap Perilaku Belajar Siswa dalam Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa. 02(02), 9.

Hamid, I. (2018). Penerapan Teknik Sosiodrama Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa SMK Negeri 8 Makassar. 19.

Kurniawan, D. E., & Pranowo, T. A. (2018). Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama Sebagai Upaya Mengatasi Perilaku Bullying di Sekolah. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 2(1). https://doi.org/10.30598/jbkt.v2i1.235

Lailiyah, N., & Afandi, M. (2020). Efektivitas Teknik Role Playing Dalam Layanan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa. 1(2), 6.

Nikmah, L. (2017). Effectiveness Of Engineering Role Playing For Increase Confidence Grade 7 Of SMP N VIII Kediri 2016/2017. 9.

Rachmawati, D. W., Ghozali, M. I. A., Nasution, B., Firmansyah, H., Asiah, S., Ridho, A., Damayanti, I., Siagian, R., Aradea, R., Marta, R., Syarif, M., Surya, Y. F., Kusuma, Y. Y., Kurniawan, A., & Irayanti, I. (2021). Teori & Konsep Pedagogik. 299.

Safitri, Y., & Utaminingsih, D. (2017). Penggunaan Layanan Konseling Kelompok Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas XI. 14.

Said. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas VI SD 2 Padurenan. https://doi.org/10.24176/jino.v2i1.3438

Sricahyanti, E. N. (2015). Hubungan Antara Percaya Diri Dengan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015. 10.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.631169

Article Metrics

Abstract Views : 422 | PDF Views : 333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aprilia Setyowati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.