Pengaruh dukungan teman sebaya terhadap minat belajar siswa
Dwi Oktaviani Dwi Oktaviani(1*), Eko Perianto(2),
(1) Universitas PGRI Yogyakarta
(2) Universitas PGRI Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi1 dari hasil pengamatan di sekolah, bahwa terdapat siswa yang tidak mengumpulkan tugas dikarenakan kurangnya minat belajar siswa akibat sudah jenuh dengan pembelajaran jarak jauh serta pengaruh dari teman sebayanya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dukungan teman sebaya terhadap minat belajar siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 10 Purworejo Tahun Pelajaran 2021/2022. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan populasi berjumlah 143 siswa dan sampel berjumlah 72 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Pengambilan data menggunakan instrumen angket dukungan teman sebaya dan minat belajar. Berdasarkan nilai Fhitung = 52,293 dengan tingkat signifikan lebih kecil dari 5% (sig. 0,05) yaitu sebesar 0,000 berarti terdapat pengaruh yang signifikan dukungan teman sebaya terhadap minat belajar siswa. Saran untuk penelitian selanjutnya, dapat menambahkan variabel lain untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesia)References
Achru, P., A. (2019). Pengembangan Minat Belajar dalam Pembelajaran. Jurnal Idaarah Vol. 3(2). Hal 205-215. Makasar: UIN Alauddin Makasar.
Desmita. (2017). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Erhamwilda. (2015). Konseling Sebaya Alternatif Kreatif Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi.
Jenira, Septisara. (2019). Hubungan Dukungan Teman Sebaya Dengan Komitmen Menyelesaikan Studi Pada Mahasiswa Semester Akhir. Psikoborneo. Vol. 7 (2). Hal 274-283
Kurniawan, Yusuf dan Ajat Sudrajat. (2018). Peran Teman Sebaya dalam Pembentukan Karakter Siswa Madrasah Tsanawiyah. Artikel Informasi. Vol. 15 (2). Hal 149-163.
Nasution, Nur Cahya. (2018). Dukungan Teman Sebaya dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Dakwah. Vol. 12 (2). Hal 159-180. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Perianto, Eko. (2016). Minat dan Motivasi Belajar Mahasiswa Berkebutuhan Khusus (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa Tuna Netra). Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol.1(1). Hal 1-11.
Priyanto, Dwi. (2014). SPSS: 22: Pengolahan Data Terpraktis. Yogyakarta: Andi Offset.
Putri, Ayu Febri Eka. (2017). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Mojo Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Hal 2-5. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.
S, Reski Amalia. (2020). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Makasar. Jurnal Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi. Hal 1-4. Makasar: Universitas Negeri Makasar.
Santrock, John W. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Syah, Muhibbin. (2013). Psikologi Belajar. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Winkel, W. (2005). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia
DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.611093
Article Metrics
Abstract Views : 1858 | PDF Views : 1058Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Dwi Oktaviani Dwi Oktaviani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling Department of Guidance and Counseling Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |