Pengaruh konsep diri terhadap hasil belajar akademis selama pembelajaran jarak jauh (PJJ)



Amanda Sekar Audina(1*), Kusnarto Kurniawan(2),

(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Konsep diri yang dimiliki seseorang akan mempengaruhi keinginan untuk berprestasi bagi siswa. Ditambah dengan adanya pembelajaran jarak jauh yang telah berlangsung sejak bulan Maret 2020 lalu memiliki dampak yang terlalu besar bagi siswa terutama dalam emosional mereka, yang mana secara langsung akan mempengaruhi hasil belajar akademis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dan mencari bukti empiris mengenai pengaruh konsep diri terhadap hasil belajar akademis siswa di SMK PB Soedirman Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Sampel yang digunakan sebanyak 175 responden dari total keseluruhan populasi sebesar 290 siswa. Pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling, dengan alat pengumpulan data yang digunakan berupa angket penelitian dan juga dokumentasi. Untuk teknik analisis data, peneliti menggunakan analisis deskriptif juga analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep diri berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa di SMK PB Soedirman Jakarta. Saran yang diberikan kepada guru BK atau konselor yakni dapat selalu memberikan dan meningkatkan layanan bimbingan dan konseling dalam bidang pribadi maupun bidang sosial baik melaui layanan pribadi, layanan kelompok, ataupun layanan klasikal, yang bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai konsep diri dan menganalisis cara belajar yang tepat bagi setiap individu.


Keywords


Konsep Diri, Pembelajaran Jarak Jauh, Hasil Belajar Akademis Siswa.

Full Text:

PDF (Indonesia)

References


Acocella, J. R. ,& Calhoun, J. F. (1990). Psikologi tentang penyesuaian dan hubungan kemanusiaan (Alih bahasa: Satmoko, R.S). Semarang: IKIP Press.

Alwisol. (2011). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.

Amani, I. Z. (2014). Tumbuh Kembang Anak. Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta II, 1-12.

Anwar, M. (2015). Filsafat Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Burns, R. B. (1979). The Self Concept: Theory, Development and Behavior. Longman Group UK Ltd, London.

Creswell, John W. (2012). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta.

Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Halidi, Risna. Mendikbud Nadiem Makarim Ungkap 3 Dampak Negatif Pembelajaran Jarak Jauh. https://www.suara.com/health/2020/11/20/145643/mendikbud-nadiem-makarim-ungkap-3-dampak-negatif-pembelajaran-jarak-jauh, (online) diakses pada 17 Februari 2022

Hurlock, Elizabeth.(1997). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kemendikbud. (2020). Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19). Jakarta: Republik Indonesia.

Rehanja, M. (2017). Pengaruh konsep diri akademis terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(9)

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudaryono. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Surna, I. N., & Pandeirot, O. D. (2014). Psikologi Pendidikan 1. Jakarta: Erlangga.

Terkininews.com. KPAI Release Survei Dari 62.448 Peserta Didik 78,17% Setuju Sekolah Tatap Muka Buka Januari 2021. https://terkininews.com/2020/12/28/KPAI-Release-Survei-Dari-62448-Peserta-Didik-7817-Setuju-Sekolah-Tatap-Muka-Buka-Januari-2021.html,(online) diakses pada 21 Februari 2022.

Winkel, W.S. (1989). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.611041

Article Metrics

Abstract Views : 207 | PDF Views : 121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Amanda Sekar Audina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.