Penerapan konseling kelompok cognitive behavior (kognitif-perilaku) untuk menurunkan prokrastinasi akademik siswa kelas XI SMA



Dewanti Ayu Pratiwi(1*), Cindy Asli Pravesti(2),

(1) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(2) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian dilaksanakan berdasarkan fenomena lapangan didapati murid memiliki prokrastinasi akademik tinggi. Penelitian bertujuan utuk mengetahui penerapan konseling kelompok cognitive behavior dalam menurunkan prokrastinasi akademik. Penelitian termasuk pendekatan kuantitatif dengan Nonequivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan adalah menggunakan angket prokrastinasi akademik. Pemilihan sampel dilaksanakan menggunakan metode purposive sampling yang berjumlah 10 murid, terdiri 5 murid kelas XI IPA 1 sebagai kelompok eksperimen dan 5 murid kelas XI IPA 2 sebagai kelompok kontrol, memiliki tingkat prokrastinasi akademik tinggi. Analisis data melalui Uji Mann-Whitney dibantu SPSS for Windows 26,0. Hasil uji Mann-Whitney menyatakan bahwa Asymp Sig. (2-tailed) nilai 0,009 lebih kecil dari ≤ 0,05. Artinya ada pembeda hasil prokrastinasi akademik siswa pada pre test dan post test

Keywords


Konseling, Cognitive Behavior, Prokrastinasi Akademik

Full Text:

PDF

References


Beck, A.T. (1993). Cognitive therapy: Past, present, and future. Journal of Consulting and Clinical Psychology, 61(2), 194-198. https://doi.org/10.1037/0022-006X.61.2.194.

Burka, J. B., & Yuen, L. M. (2008). Procrastination. Cambridge: Da Capo Press.

Brown, F, W., Holtzman, & H, W. (1967). Survey of Study Habits and Attitudes Manual. The Psychological Corporation.

Corey, G. (2017). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy 10th edition. USA: Brooks/Cole.

Faizatul, A. (2014). Penerapan Konseling Kelompok Kognitif-Perilaku Untuk Menurunkan Kecenderungan Menarik Diri (Withdrawl) pada siswa kelas x MIA 4 SMA Negri 1 Mantup Lamongan. Jurnal BK Unesa, Volume 4 No 3.

Ferrari, J. R., Johnson, J. L., & McCown, W. G. (1995). Procrastination and task avoidance: Theory, research, and treatment. New York: Plenum Press.

Hidayati, L. (2017). Pengaruh Penerapan Konseling Kognitif-Perilaku Terhadap Penurunan Perilaku Prokrastinasi Akademik Peserta Didik Kelas VIII Di SMP Gajah Mada Bandar Lampung. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Lampung: UIN Lampung Press.

Knaus. (2002). The Procrastination Workbook. New Harbinger: Publication, Inc.

Nurihsan & Juntika, A. (2007). Bimbingan dan Konseling Dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung : PT Refika Aditama.

Pravesti, C.A. (2015). Strategi Self-Management Untuk Meningkatkan Kebiasaan Belajar Siswa. Wahana Tridarma Perguruan Tinggi 65 (2), 67-76. https:// doi.org/10.36456/wahana.v65i2.257

Setiyana, S. (2018). Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Cognitive Behavioral Therapy Terhadap Penurunan Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Bandongan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Bimbingan dan Konseling. Universitas Muhammadiyah Magelang.

Tjundjing. (2006). Apakah Penundaan Menurunkan Prestasi? Anima, Indonesia Psychological Journal, Vol. 22 No 1, Hal. 18.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.621029

Article Metrics

Abstract Views : 455 | PDF Views : 255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dewanti Ayu Pratiwi, Cindy Asli Pravesti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.