Profil Literasi Siswa dalam Upaya Mereduksi Perundungan di Pondok Pesantren Aliyah Al-Fadlliyah



Solihatun Solihatun(1*), Yulian Dinihari(2), Endang Wiyanti(3), Dian Nazelliana(4), Musringudin Musringudin(5),

(1) Universitas Indrprasta PGRI
(2) Unversitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(5) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
(*) Corresponding Author

Abstract


Perundungan di lingkungan pendidikan, termasuk di pondok pesantren, menjadi isu yang memerlukan perhatian serius. Literasi tidak hanya berkaitan dengan kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga mencakup pemahaman, analisis, serta refleksi terhadap nilai-nilai sosial dan moral. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil literasi siswa di Pondok Pesantren Aliyah Al-Fadlliyah serta mengkaji perannya dalam mereduksi perilaku perundungan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan tingkat literasi yang lebih tinggi memiliki kesadaran lebih besar terhadap dampak negatif perundungan dan cenderung mengembangkan sikap empati serta komunikasi yang lebih baik. Selain itu, program literasi berbasis nilai-nilai keislaman yang diterapkan di pesantren berkontribusi dalam membentuk karakter siswa yang lebih inklusif dan toleran. Studi ini merekomendasikan penguatan program literasi berbasis karakter sebagai strategi preventif untuk mengurangi perundungan di lingkungan pesantren

Keywords


Literasi; perundungan; pondok pesantren

Full Text:

PDF

References


Adnyana, K. S. (2020). Peran Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Pembentukan Karakter. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 11–20. Afriza, D. E. (2024). Penerapan Pendidikan Tanpa Kekerasan Dalam Mewujudkan Kedisiplinan Santri Di Pondok Pesantren Assalam Putra Sukabumi. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Anshori, A. J. (2024). Solution Focused Brief Theraphy (SFBT) Untuk Membangun Resiliensi Santri Korban Bullying Di Pesantren As-Syafi’iyah Surabaya. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 10(2), 189–206. Ardian, I. (2024). Internalisasi Nilai Menghargai Sesama dalam Meminimalisir Perilaku Bullying pada Pesantren Modern Kota Banda Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta, 173(2). Aula, A., Khaerunisa, A., Millah, M. I. S., & Maftuhi, M. (2024). Implementasi Nilai-nilai Pesantren dalam Memebentuk Karakter Siswa MA Al-Islamiyah Danawarih: Implementation of Islamic Boarding School Values in Shaping Student Character MA Al-Islamiyah Danawarih. ISEDU: Islamic Education Journal, 2(2), 143–148. Dinihari, Y., Rafli, Z., & Boeriswati, E. (2025). Inovasi Bahan Ajar Literasi: Pendekatan Gamifikasi dan Pedagogi Modern. EDUPEDIA Publisher, 1–191. Dinihari, Y., Solihatun, S., Wiyanti, E., & Nazelliana, D. (2025). Penguatan Literasi Digital Guru untuk Pencegahan Perundungan di Pondok Pesantren. Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 8(1). Kenedi, A., & Hartati, S. (2022). Moderasi Pendidikan Islam Melalui Gerakan Literasi Digital Di Madrasah. Jurnal Mubtadiin, 8(01). Moleong, L. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta, 25. Nofiaturrahmah, F. (2014). Metode pendidikan karakter di Pesantren. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 11(2), 201–216. Putri, S. (2021). Internalisasi nilai-nilai akhlak dalam mencegah perilaku Bullying pada siswa kelas V di MIS Bidayatul Hidayah Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang Sumatera Utara. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Rosidi, R., & Aisyah, U. (2020). Psikoterapi Islam untuk Penyembuhan Penderita Gangguan Jiwa di Pondok Pesantren Al-Hikmatul Qur’an Kecamatan Kedondong Kabupaten Pesawaran. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 10(2), 132–140. Ruslan, R., & Lubis, S. W. (2024). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Wasatiyyah dalam Mencegah Perilaku Bullying di Kalangan Santriwati. Tafhim Al-’Ilmi, 15(02), 188–203. Sasongko, Y. P., Setyawan, E., & Rahmad, T. H. (2024). Kajian Netnografi Diskursus Bimbingan Dan Konseling Pada Resolusi Tindak Perundungan di Lingkungan Pendidikan. Jurnal BIimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 10(1), 181–194. Sholeh, M. I. (2023). Implementasi nilai-nilai keislaman dalam program anti-bullying di lembaga pendidikan Islam. Al Manar, 1(2), 62–85. Solihatun, S., Fijriani, F., Rahmat, C. P., & Ibrahim, F. (2025). PKM Pencegahan Bullying di Mulai Dari Rumah: Strategi Untuk Orangtua Siswa Di MIN Al-Azhar Asy-Syarif Indonesia. ABDIMASIA (Jurnal Pengabdian Masyarakat, Ilmu, Dan Aksi), 1(1), 21–29. Solihatun, S., Fitriyanti, E., Miskanik, M., & Fijriani, F. (2025). Penguatan Pendekatan Anti Bullying dan Anti Kekerasan: Strategi untuk Dasawisma di Lingkungan Rt 01/Rw 06 Ciganjur. Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 7(6), 777–785. Solihatun, S., Folastri, S., & Fitriyanti, E. (2023). Pelatihan Literasi Melalui Layanan Penguasaan Konten Pada Anak Binaan Rumah Literasi Al Fatih Desa Ginanjar Kabupaten Sukabumi. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 5(2), 97–104. Wiyanti, E. (2014). Peran minat membaca dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan berbicara bahasa Indonesia. Deiksis, 6(02), 89–100. Zakiyullah, A., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi konsep pendidikan agama Islam dalam mengatasi bullying: Studi kasus di Pesantren Zainul Hasan Genggong. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 301–316. Zuraida, D. J., Sulis, K. H., & Fikrianto, M. (2024). Penyuluhan Pencegahan dan Penanganan Bullying di Sekolah Melalui Teknik Eco Art Therapy. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(5), 1722–1728.




DOI: https://doi.org/10.30998/ntsr.v3i1.3937

Article Metrics

Abstract Views : 34 | PDF Views : 1

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2025 Solihatun Solihatun, Yulian Dinihari, Endang Wiyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Office:
Lembaga Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (LRPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 

 --------------------------------------

Nitisara is licensed under Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0)


Nitisara Statecounter