Profil Literasi Siswa dalam Upaya Mereduksi Perundungan di Pondok Pesantren Aliyah Al-Fadlliyah
Solihatun Solihatun(1*), Yulian Dinihari(2), Endang Wiyanti(3), Dian Nazelliana(4), Musringudin Musringudin(5),
(1) Universitas Indrprasta PGRI
(2) Unversitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(5) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adnyana, K. S. (2020). Peran Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Pembentukan Karakter. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 11–20. Afriza, D. E. (2024). Penerapan Pendidikan Tanpa Kekerasan Dalam Mewujudkan Kedisiplinan Santri Di Pondok Pesantren Assalam Putra Sukabumi. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Anshori, A. J. (2024). Solution Focused Brief Theraphy (SFBT) Untuk Membangun Resiliensi Santri Korban Bullying Di Pesantren As-Syafi’iyah Surabaya. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 10(2), 189–206. Ardian, I. (2024). Internalisasi Nilai Menghargai Sesama dalam Meminimalisir Perilaku Bullying pada Pesantren Modern Kota Banda Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta, 173(2). Aula, A., Khaerunisa, A., Millah, M. I. S., & Maftuhi, M. (2024). Implementasi Nilai-nilai Pesantren dalam Memebentuk Karakter Siswa MA Al-Islamiyah Danawarih: Implementation of Islamic Boarding School Values in Shaping Student Character MA Al-Islamiyah Danawarih. ISEDU: Islamic Education Journal, 2(2), 143–148. Dinihari, Y., Rafli, Z., & Boeriswati, E. (2025). Inovasi Bahan Ajar Literasi: Pendekatan Gamifikasi dan Pedagogi Modern. EDUPEDIA Publisher, 1–191. Dinihari, Y., Solihatun, S., Wiyanti, E., & Nazelliana, D. (2025). Penguatan Literasi Digital Guru untuk Pencegahan Perundungan di Pondok Pesantren. Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 8(1). Kenedi, A., & Hartati, S. (2022). Moderasi Pendidikan Islam Melalui Gerakan Literasi Digital Di Madrasah. Jurnal Mubtadiin, 8(01). Moleong, L. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta, 25. Nofiaturrahmah, F. (2014). Metode pendidikan karakter di Pesantren. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 11(2), 201–216. Putri, S. (2021). Internalisasi nilai-nilai akhlak dalam mencegah perilaku Bullying pada siswa kelas V di MIS Bidayatul Hidayah Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang Sumatera Utara. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Rosidi, R., & Aisyah, U. (2020). Psikoterapi Islam untuk Penyembuhan Penderita Gangguan Jiwa di Pondok Pesantren Al-Hikmatul Qur’an Kecamatan Kedondong Kabupaten Pesawaran. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 10(2), 132–140. Ruslan, R., & Lubis, S. W. (2024). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Wasatiyyah dalam Mencegah Perilaku Bullying di Kalangan Santriwati. Tafhim Al-’Ilmi, 15(02), 188–203. Sasongko, Y. P., Setyawan, E., & Rahmad, T. H. (2024). Kajian Netnografi Diskursus Bimbingan Dan Konseling Pada Resolusi Tindak Perundungan di Lingkungan Pendidikan. Jurnal BIimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 10(1), 181–194. Sholeh, M. I. (2023). Implementasi nilai-nilai keislaman dalam program anti-bullying di lembaga pendidikan Islam. Al Manar, 1(2), 62–85. Solihatun, S., Fijriani, F., Rahmat, C. P., & Ibrahim, F. (2025). PKM Pencegahan Bullying di Mulai Dari Rumah: Strategi Untuk Orangtua Siswa Di MIN Al-Azhar Asy-Syarif Indonesia. ABDIMASIA (Jurnal Pengabdian Masyarakat, Ilmu, Dan Aksi), 1(1), 21–29. Solihatun, S., Fitriyanti, E., Miskanik, M., & Fijriani, F. (2025). Penguatan Pendekatan Anti Bullying dan Anti Kekerasan: Strategi untuk Dasawisma di Lingkungan Rt 01/Rw 06 Ciganjur. Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 7(6), 777–785. Solihatun, S., Folastri, S., & Fitriyanti, E. (2023). Pelatihan Literasi Melalui Layanan Penguasaan Konten Pada Anak Binaan Rumah Literasi Al Fatih Desa Ginanjar Kabupaten Sukabumi. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 5(2), 97–104. Wiyanti, E. (2014). Peran minat membaca dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan berbicara bahasa Indonesia. Deiksis, 6(02), 89–100. Zakiyullah, A., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi konsep pendidikan agama Islam dalam mengatasi bullying: Studi kasus di Pesantren Zainul Hasan Genggong. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 301–316. Zuraida, D. J., Sulis, K. H., & Fikrianto, M. (2024). Penyuluhan Pencegahan dan Penanganan Bullying di Sekolah Melalui Teknik Eco Art Therapy. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(5), 1722–1728.
DOI: https://doi.org/10.30998/ntsr.v3i1.3937
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Solihatun Solihatun, Yulian Dinihari, Endang Wiyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Office: Lembaga Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (LRPM) Universitas Indraprasta PGRI Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
--------------------------------------
Nitisara is licensed under Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0)
Nitisara Statecounter