Interferensi Semantis pada Film Si Doel The Movie



Jatut Yoga Prameswari(1*), Rahmawati Rahmawati(2), Fahmi Hidayat(3),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengkaji fenomena interferensi semantis dalam dialog film Si Doel The Movie, adaptasi dari sinetron populer era 1990-an, Si Doel Anak Sekolahan. Sinetron ini dikenal karena alur cerita sederhana yang mencerminkan kehidupan nyata, menjadikannya tontonan favorit masyarakat lintas generasi. Film adaptasi yang dirilis pada 2 Agustus 2018 ini diproduksi oleh Falcon Pictures dan Karnos Film, disutradarai oleh Rano Karno, serta dibintangi oleh Rano Karno, Maudy Koesnaedi, Cornelia Agatha, dan Mandra. Berdurasi 85 menit, film ini berhasil membawa penonton bernostalgia dengan menghidupkan kembali kenangan masa lalu yang menggambarkan kehidupan sehari-hari yang autentik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menganalisis dialog film, dengan fokus pada interferensi semantis berdasarkan klasifikasi Jendra (dalam Budiarti, 2013), yang mencakup tiga jenis: (1) interferensi semantis perluasan, di mana konsep budaya dan istilah baru diadopsi, (2) interferensi semantis penambahan, yang menghasilkan bentuk baru dengan makna tambahan, dan (3) interferensi semantis penggantian, di mana makna konsep baru menggantikan konsep lama. Objek penelitian adalah dialog dalam film, yang dianalisis menggunakan instrumen berupa tabel klasifikasi interferensi semantis. Dari hasil analisis, ditemukan sebanyak 60 data interferensi semantis yang menunjukkan pengaruh budaya lokal terhadap bahasa dalam film. Temuan ini menegaskan adanya dinamika perubahan semantis yang dipengaruhi oleh adaptasi lintas media. Penelitian ini diharapkan dapat memperkaya kajian linguistik dalam ranah interferensi semantis, serta memberikan wawasan baru tentang hubungan antara budaya, bahasa, dan media populer.

Keywords


interferensi; interferensi semantis; film

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 974–980. Retrieved August 23, 2024, from https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/3394

Apriliani, D., & Herwandi. (2023, October 28). Interferensi dalam Dialog Film Rudy Habibie Sutradara Hanung Bramantyo. Retrieved November 21, 2024, from https://journal.uir.ac.id/index.php/sajak/article/view/15239

Budiarti, A. (2013). Interferensi bahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris pada abstrak jurnal ilmiah. Bahasa dan Seni, 41(1), 10-11.

Dia, R., Finata, D., & Noviyanti, S. (2023). Peran dan Fungsi Bahasa dalam Kehidupan Manusia Di Era Industri 4.0. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 11124–11133. Retrieved October 16, 2024, from https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/6222

Maghfiroh. E.F, Muljani, S., & Anwar, S. (2022). Interferensi Dalam Film “Antares” dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA. Kemutahiran Pembelajaran Bahasa dan Sastra di Era DIgital Menyongsong Sosety 5.0 (pp. 111–8). Tegal: FKIP UPS Tegal. Retrieved November 21, 2024, from https://semnas.upstegal.ac.id/index.php/perisai/article/view/452

Nashihuddin, W. (2020). Sekilas Tentang Semiotika dan Analisis Isi. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Retrieved November 10, 2022, from https://www.researchgate.net/profile/Wahid-Nashihuddin-2/publication/343787531_Sekilas_Tentang_Semiotika_Dan_Analisis_Isi/Links/5f3f64aba6fdcccc43ded73d/Sekilas-Tentang-Semiotika-Dan-Analisis-Isi.pdf

Pramono, B., Sunaryo, S., & Sunoto, S. (2018). Interferensi Semantis Bahasa Jawa dalam Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 488889. State University of Malang. Retrieved November 21, 2024, from https://www.neliti.com/publications/488889/

Ratnawati, L., & Arifianti, I. (2021). Interferensi Leksikal Pada Podcast Youtube Deddy Corbuzier dengan Nadiem Makariem dan Implikasinya dalam Pembelajaran Debat Kelas X SMA. Membangun wajah pendidikan Indonesia – Implementasi merdeka belajar dimasa pandemi (pp. 535–540). Pekalongan: FKIP Universitas Pekalongan. Retrieved November 20, 2024, from https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip/article/view/771/597

Sagita, M., & Khairunnisa. (2019). Pengembangan Sosiolinguistik dalam Pengajaran Bahasa (Secara Teoritis dan Penerapan) bagi Mahasiswa Pendidikan. Jurnal Sains Riset, 9(2), 49–57. Universitas Jabal Ghafur. Retrieved March 16, 2024, from https://journal.unigha.ac.id/index.php/JSR/article/view/114

Samaya, D. (2018). Sikap Bahasa Masyarakat Indonesia Terhadap Bahasa Indonesia (Suatu Tinjauan Kepustakaan). BIDAR: Jurnal Ilmiah Kebahasan & Kesastraan, 8(2), 57–70. Retrieved October 16, 2024, from https://ojs.badanbahasa.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/bidar/article/view/2952




DOI: https://doi.org/10.30998/ntsr.v2i2.3758

Article Metrics

Abstract Views : 50 | PDF Views : 23

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2025 Jatut Yoga Prameswari, Rahmawati Rahmawati, Fahmi Hidayat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Office:
Lembaga Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (LRPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 

 --------------------------------------

Nitisara is licensed under Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0)


Nitisara Statecounter