Simplifikasi Pembuatan Esai Opini Mahasiswa melalui Teknik Penulisan Argumentasi Induktif



Nicky Rosadi(1*), Wahyu Utama(2),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan simplifikasi pembuatan esai opini mahasiswa melalui teknik penulisan argumentasi induktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini ialah mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Penulisan Ilmiah. Adapun yang menjadi objek dalam penelitian ini yaitu persepsi mahasiswa terkait proses pembuatan esai opini setelah mereka memiliki pengetahuan terkait teknik penulisan argumentasi induktif. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa teknik penulisan argumentasi induktif dapat mempermudah mahasiswa dalam memahami proses pembuatan esai opini. Hal ini dibuktikan dengan nilai survei yang menunjukkan dari 287 mahasiswa, sebanyak 130 (45,3%) mahasiswa mengaku setuju teknik penulisan argumentasi induktif dapat mempermudah mereka dalam pembuatan esai opini. Sebanyak 113 (39,4%) mahasiswa bahkan menyatakan sangat setuju bahwa teknik penulisan argumentasi induktif dapat mempermudah mereka dalam pembuatan esai opini. Melalui teknik penulisan argumentasi induktif, mahasiswa memiliki gambaran terkait proposisi substantif esai opini mereka. Proposisi substantif yang dimaksud meliputi: 1) pendahuluan, 2) pemaparan bukti/fakta/data, dan 3) penutup yang berisi argumentasi/opini/pendapat/pernyataan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa sebenarnya kerumitan dalam penulisan ilmiah terjadi karena tidak adanya gambaran pola/struktur kompositif (proposisi substantif) pada karya ilmiah yang hendak dibuat. Pengedukasian terkait proposisi substantif terhadap karya ilmiah yang hendak dibuat menjadi hal yang perlu dilakukan serta perlu menjadi perhatian bagi para pengajar sebelum meminta peserta didiknya membuat sebuah karya ilmiah.

Keywords


argumentasi induktif, esai opini, penulisan ilmiah, struktur kompositif, proposisi subtantif

Full Text:

PDF

References


Abbas, M. F., & Herdi. (2021). Investigasi Kemampuan Mahasiswa dalam Menulis Esai Ilmiah pada Mata Kuliah Composition and Essay Writing. Jurnal Pendidikan, 9(2), 73-82.

Akhadiah, S., Arsjad, M. G., & Ridwan, S. H. (1988). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Alwi, H. (2001). Paragraf. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Helaluddin. (2017). Analisis Struktur Esai Mahasiswa pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia di IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Jurnal Bindo Sastra, 1(1), 15-23.

Housden, E. (2008). Senior Text Types: A Writing Guide for Students. Queensland: FarrBooks.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif (Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi). Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Oshima, A., & Hogue, A. (2006). Writing Academic English. New York: Longman.

Putri, A. D. (2022, Februari 28). Mahasiswa Harus Berpikir Kritis, Apakah Benar? Retrieved from umj.ac.id: https://umj.ac.id/opini/mahasiswa-harus-berpikir-kritis-apakah-benar/

Rahayu, M. (2007). Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi: Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian. Jakarta: Grasindo.

Rosadi, N. (2018). Proposisi dalam Mantra Jaran Goyang (Struktur, Makna Predikator, dan Peran Argumen). Prosiding Seminar Dosen Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Jakarta: LPPM Universitas Indraprasta PGRI.

Rosadi, N. (2018). Proposisi dalam Rancag Si Pitung. Deiksis, 10(2), 149-166.

Rosadi, N. (2021). Diathesis Deconstruction in Efforts to Differentiate Titles in Scientific Article Manuscripts: Proposition Analysis Studies: A Psycholinguistic Review. Literatus, 3(2), 217-224.

Rosadi, N. (2021). Proposisi dalam Kicauan Twitter Anak Usia Remaja: Suatu Tinjauan Psikolinguistik. Literatus, 3(1), 134-140.

Septyan, M. R. (2022, Oktober 14). Diskusi Esai Menyelesaikan Kebingungan Mahasiswa. Retrieved from indonesia.fib.unpad.ac.id: https://indonesia.fib.unpad.ac.id/diskusi-esai-menyelesaikan-kebingungan-mahasiswa/




DOI: https://doi.org/10.30998/ntsr.v1i2.2626

Article Metrics

Abstract Views : 231 | PDF Views : 161

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Nicky Rosadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

--------------------------------------

Nitisara is licensed under Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0)


Nitisara Statecounter