Pengaruh Penggunaan Metode Talking Stick terhadap Kemampuan Berpidato Ditinjau dari Minat Berpidato pada Peserta Didik Kelas IX di SMP I Assholihiyah



Muhammad Ramdon Samsul Ma’rif(1*), Rina Nuryani(2), Helmalia Putri(3),

(1) Universitas Muhammadiyah Bogor Raya
(2) Universitas Muhammadiyah Bogor Raya
(3) Universitas Muhammadiyah Bogor Raya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode talking stick terhadap kemampuan berpidato ditinjau dari minat berpidato pada peserta didik kelas IX SMP I Assholihiyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, RPP, angket dan tes. Responden penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX. Kelas tersebut terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berjumlah 32 responden, sehingga metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel total. Berdasarkan hasil penelitian uji homogenitas uji F diperoleh Fhitung (1,4705882) < Ftabel (2,4034471) yang berarti H0 diterima dan H1 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa data kemampuan berpidato bersifat homogen. Hasil uji anova dua faktor menunjukkan Fhitung (4,565303) > Ftabel (4,195972). Artinya H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, terdapat pengaruh penggunaan metode talking stick terhadap kemampuan berpidato ditinjau dari minat berpidato pada peserta didik kelas IX SMP I Assholihiyah.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Djamarah, S. B. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Rineka Cipta. Kamarudin, Irwan, Daud, V. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pelajaran PKN. Jurnal Bae Sicedu. Vol. 5(4). hal. 1847-1854. Kamsinah. (2008). Metode Dalam Proses Pembelajaran Studi Tentang Ragam dan Implementasinya. Lentera Pendidikan. Vol. 11(1). hal. 101-174. Lestari, K. E., Yudhanegara, M. R.. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama. Marsono. (2015). Meningkatkan Keterampilan Pidato Melalui Perpaduan Metode Simulasi Lomba Pidato Bahasa Indonesia dengan Model Talking Stick pada Peserta Didik Kelas XII IPA 2 SMA Negeri Meulaboh Kabupaten Aceh Barat. Vol 4(2). hal. 151-166. Mubarok, Z. (2018). Pengaruh Minat Membaca dan Penguasaan Kosakata terhadap Keterampilan Berpidato Survey pada Siswa MAN 6 Jakarta. JURNAL MANDIRI: Ilmu Pengetahuan, seni dan Teknologi. Vol.2(1). hal. 201-225. Murtiningsih. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional KSDP Prodi S1 PGSD "Korelasi Pendidikan Konstelasi Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia di Era Globalisasi“. hal. 99-106. Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan. Vol.11(1). hal. 9-16. Nuryani, R. (2017). “Penggunaan Alih Kode dan Campur Kode dalam Percakapan Sehari-hari pada Dosen STKIP Muhammadiyah Bogor Jawa Barat”. Prosiding Seminar Internasional Riksa Bahasa XI “Penguatan Pendidikan Bahasa Indonesia pada Abad Ke-21”. Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.30998/ntsr.v1i1.2175

Article Metrics

Abstract Views : 128 | PDF Views : 75

Refbacks





Copyright (c) 2023 Muhammad Ramdon Samsul Ma’rif, Rina Nuryani, Helmalia Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

--------------------------------------

Nitisara is licensed under Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0)


Nitisara Statecounter