Hubungan Penguasaan Diksi dan Minat Membaca dengan Keterampilan Menulis Teks Persuasif pada Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 1 Jasinga Bogor



Helmalia Putri(1*), Rina Nuryani(2), Muhammad Ramdon Samsul Ma’rif(3),

(1) Universitas Muhammadiyah Bogor Raya
(2) Universitas Muhammadiyah Bogor Raya
(3) Universitas Muhammadiyah Bogor Raya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan hubungan penguasaan diksi dan minat membaca dengan keterampilan menulis teks persuasif pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Jasinga Bogor. Penelitian ini berdasarkan masalah dari hasil survei di tempat penelitian yaitu  penguasaan diksi dan  minat membaca dalam keterampilan menulis teks persuasif masih tergolong rendah yang dibuktikan dengan nilai di bawah KKM. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasi berganda. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel 36 responden. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan diperoleh hasil rhitung x1y yakni 0.633, rhitung x2y yakni 0.491 serta rhitung x1x2y 0.647 dan  rtabel masing-masing 0.278 dengan derajat kebebasan (df= 36-2 = 34) dan taraf signifikasi sebesar 0.05. Dapat disimpulkan dari perhitungan rhitung lebih besar dari rtabel artinya H0 ditolak sedangkan H1 diterima. Perhitungan hasil akhir x1x2y sebesar 0.647>0.278  dengan keterangan kuat, dinyatakan bahwa terdapat hubungan penguasaan diksi dan minat membaca dengan keterampilan menulis teks persuasif pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Jasinga Bogor.

Full Text:

PDF

References


Adiningsih,Y & Yanti, I. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Scramble dan Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Membaca Pemahaman Wacana Peserta didik. Vol. 3 No.1. Adiningsing,Y & Rohalia, Y. (2021) . Hubungan Penguasaan Kosakata Dan Pemahaman Bacaan Dengan Kemampuan Menulis Narasi Peserta didik Kelas XI SMA Negeri Pamijahan. Lingua: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol.2. N0.1. Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Press. Dalman. (2017). Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajagrafindo Persada. Emzir. (2021). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif & Kualitatif. Depok: Rajawali Pers. Fatonah, N.R & Lisma, E (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Minat Membaca Peserta didik Kelas X AKL SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Moraw. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 1 No.2 Haryanto, Y & Nuraini. (2019). Hubungan Penguasaan diksi dengan keterampilan menulis iklan pada Peserta didik kelas VIII SMP Panca Bakti Kabupaten Bogor. Prosiding Semansif: Seminar Nasional Pendidikan Haryanto, Y. (2022). Modul Statistik. Bandung: Widina Bhakti Persada. Keraf, G. (2016). Diksi Dan Gaya Bahasa, 21st edn. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Nina, Haryanto. Y., Nuryani,R., Musaljhon, & Azis, A. (2021). Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Keterampilan Menulis Teks Persuasif Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Pamijahan Kabupaten Bogor. Bogor: STKIP Muhammadiyah Bogor. Nuryani, R & Silviani. W. (2020). Hubungan Penguasaan Diksi Dan Penguasaan Analisis Puisi Dengan Keterampilan Menulis Puisi Peserta Didik SMA Negeri Cigudeg Bogor, Lingua: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol.1. No.2. Perpustakaan Nasional. (2020). Kegemaran Membaca Penduduk Indonesia. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Tarigan, G. H. 2021. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Revisi Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.30998/ntsr.v1i1.2174

Article Metrics

Abstract Views : 121 | PDF Views : 157

Refbacks





Copyright (c) 2023 Helmalia Putri, Rina Nuryani, Muhammad Ramdon Samsul Ma’rif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

--------------------------------------

Nitisara is licensed under Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0)


Nitisara Statecounter