Peran Sumber Belajar E-Book dan E-Journal sebagai Upaya dalam Meningkatkan Literasi Membaca di Kalangan Mahasiswa



Deden Ibnu Aqil(1*), Askardiya Mirza Gayatri(2), Adeng Hudaya(3), Tony Magianto Adi(4),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Hasil dari laporan evaluasi Programme for International Student Asessment (PISA) pada 3 Desember 2019, skor untuk membaca ada di peringkat 72 dari 77 negara. Dekade belakangan ini buku sebagai salah satu sumber belajar tidak hanya dalam bentuk cetak atau print out, namun sudah dapat diakses melalui internet sehingga memudahkan mahasiswa dalam melengkapi tugas dalam membuat makalah atau artikel. Budaya literasi membaca sebagai suatu keharusan bagi semua warga negara, termasuk mahasiswa yang minat membacanya masih rendah. bahwa salah satu alasan rendahnya kualitas perkuliahan pada mahasiswa adalah belum atau tidak memanfaatkan sumber belajar secara maksimal. Sumber belajar merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam kegiatan perkuliahan. Hal tersebut sesuai yang tercantum dalam Permendiknas No. 41 Tahun 2007 yang menyatakan sumber belajar adalah segala sesuatu yang mengandung pesan, baik yang sengaja dikembangkan atau yang dapat dimanfaatkan untuk memberikan pengalaman dan atau praktik yang memungkinkan terjadinya pencapaian tujuan belajar.  Beragamnya bentuk dari sumber belajar seperti lingkungan, media buku, media non buku, maka tulisan ini membahas sumber belajar media non buku berupa e-book dan e-journal.

Full Text:

PDF

References


Anisah, A. dan Azizah, E. N. (2016). Penggunaan Buku Teks Pelajaran dan Internet Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS. Jurnal Logika. ISSN : 1978-2560 Vol. XVIII, No.3. Azrai, E.P, & Refirman. (2013). Efektifitas Penerapan e- book sebagai Sumber Belajar Mandiri dalam Pembelajaran Biologi, Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung, 243-250 Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Embong, A. M., Noor, M. A., Hashim, H. M., Ali, R. M., Shaari, Z. H. (2012). E-Books As Textbooks In The Classroom. Journal Elsevier: Social and Behavioral Sciences, 47, 1802-1809. Fatah, A. (2012). Peran E-Book dalam Pembelajaran [Online]. Tersedia : http://media.kompasiana.com/buku/2012/04/16/peran-e-book-dalam-pembelajaran-455422.html [09 Januari 2013] Hasbiyati, H. & Khusnah, L. (2017). Penerapan Media E-Book Berekstensi Epub untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMP pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pena Sains, 4 (1), 16-21 Istiana &, S. Purwaningsih. (2016). Pemanfaatan E-journal oleh Mahasiswa: Kajian Analisis Sitasi Terhadap Tesis Mahasiswa Klaster Saintek Universitas Gadjah Mada. 12(2) 150-158.. https://jurnal.ugm.ac.id/bip/article/view/17295 Jamaluddin. (2015). Mengenal elektronik jurnal dan manfaatnya Bagi pengembangan karier pustakawan. Jupiter 17(5). Koriaty, S. & Manggala, E. (2016). Penerapan Media E-Book Terhadap Minat Belajar Siswa Di Kelas X Jurusan TKJ SMK Negeri 4 Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 5(2), 237 – 246 Lukman, B. (2014).Persepsi mahasiswa terhadap penggunaan e-book & e-library (studi kasus pada science direct) . Jurnal fakultas ilmu komputer, universitas darwan ali vol 2 no 1 2014. Munif, A (2013). E.Book dan Buku Teks. Jakarta, Permendiknas Tentang Buku. (2008). Penerbit: Asa Mandiri. Murniati, A. (2012). “Pemanfaatan E-Journal dan E-Bookoleh Mahasiswa di Lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Susk Riau”. Jurnal UIN Vol 2 No 1 Mustati & Najib, M. (2013). Pemanfaatan E-Journal Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasiilmiah Di Kalangan Civitas Akademikuniversitas Hasanuddin Jurnal Komunikasi KAREBA, 2(1), 100-109 Oetomo, B. S. D. (2002). E-Education. Yogyakarta: Penerbit ANDI. Rosida, N. F., Jalmo, T.(2016).”Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar E-Book Interaktif Dalam Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa”. Jurnal IPA FKIP Unila, Vol 2 No 3 Rusdy. (2014). Pemanfaatan e-journal sebagai media Informasi digital. Jurnal Iqra’ 8(2), 200-2010 Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana. Shihab, N. (2019). Literasi Menggerakkan Negeri. Ciputat: Penerbit Lentera Hati. Suryani, I. S. A. K. (2018). Pemanfaatan E-book sebagai Sumber Belajar Mandiri bagi Siswa SMA/SMK/MA. International Journal of Community Service Learning. 2 (3), 177-184 Wicaksono, H. (2018). Pemanfaatan E-Journal oleh Mahasiswa pada Perpustakaan Perguruan Tinggi di Jakarta. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 4(2), 67-78. https://doi.org/10.14710/lenpust.v4i2.19676 Yusminar. (2014). E-Book dan Pennguna Perputakaan Perguruan Tinggi di Jakarta. Jurnal Al-Maktabah. 13(1), 34-39




DOI: https://doi.org/10.30998/ntsr.v1i1.2172

Article Metrics

Abstract Views : 268 | PDF Views : 378

Refbacks





Copyright (c) 2023 Deden Ibnu Aqil, Askardiya Mirza Gayatri, Adeng Hudaya, Tony Magianto Adi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

--------------------------------------

Nitisara is licensed under Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0)


Nitisara Statecounter