Peran Sumber Belajar E-Book dan E-Journal sebagai Upaya dalam Meningkatkan Literasi Membaca di Kalangan Mahasiswa
Deden Ibnu Aqil(1*), Askardiya Mirza Gayatri(2), Adeng Hudaya(3), Tony Magianto Adi(4),
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Anisah, A. dan Azizah, E. N. (2016). Penggunaan Buku Teks Pelajaran dan Internet Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS. Jurnal Logika. ISSN : 1978-2560 Vol. XVIII, No.3. Azrai, E.P, & Refirman. (2013). Efektifitas Penerapan e- book sebagai Sumber Belajar Mandiri dalam Pembelajaran Biologi, Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung, 243-250 Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Embong, A. M., Noor, M. A., Hashim, H. M., Ali, R. M., Shaari, Z. H. (2012). E-Books As Textbooks In The Classroom. Journal Elsevier: Social and Behavioral Sciences, 47, 1802-1809. Fatah, A. (2012). Peran E-Book dalam Pembelajaran [Online]. Tersedia : http://media.kompasiana.com/buku/2012/04/16/peran-e-book-dalam-pembelajaran-455422.html [09 Januari 2013] Hasbiyati, H. & Khusnah, L. (2017). Penerapan Media E-Book Berekstensi Epub untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMP pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pena Sains, 4 (1), 16-21 Istiana &, S. Purwaningsih. (2016). Pemanfaatan E-journal oleh Mahasiswa: Kajian Analisis Sitasi Terhadap Tesis Mahasiswa Klaster Saintek Universitas Gadjah Mada. 12(2) 150-158.. https://jurnal.ugm.ac.id/bip/article/view/17295 Jamaluddin. (2015). Mengenal elektronik jurnal dan manfaatnya Bagi pengembangan karier pustakawan. Jupiter 17(5). Koriaty, S. & Manggala, E. (2016). Penerapan Media E-Book Terhadap Minat Belajar Siswa Di Kelas X Jurusan TKJ SMK Negeri 4 Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 5(2), 237 – 246 Lukman, B. (2014).Persepsi mahasiswa terhadap penggunaan e-book & e-library (studi kasus pada science direct) . Jurnal fakultas ilmu komputer, universitas darwan ali vol 2 no 1 2014. Munif, A (2013). E.Book dan Buku Teks. Jakarta, Permendiknas Tentang Buku. (2008). Penerbit: Asa Mandiri. Murniati, A. (2012). “Pemanfaatan E-Journal dan E-Bookoleh Mahasiswa di Lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Susk Riau”. Jurnal UIN Vol 2 No 1 Mustati & Najib, M. (2013). Pemanfaatan E-Journal Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasiilmiah Di Kalangan Civitas Akademikuniversitas Hasanuddin Jurnal Komunikasi KAREBA, 2(1), 100-109 Oetomo, B. S. D. (2002). E-Education. Yogyakarta: Penerbit ANDI. Rosida, N. F., Jalmo, T.(2016).”Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar E-Book Interaktif Dalam Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa”. Jurnal IPA FKIP Unila, Vol 2 No 3 Rusdy. (2014). Pemanfaatan e-journal sebagai media Informasi digital. Jurnal Iqra’ 8(2), 200-2010 Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana. Shihab, N. (2019). Literasi Menggerakkan Negeri. Ciputat: Penerbit Lentera Hati. Suryani, I. S. A. K. (2018). Pemanfaatan E-book sebagai Sumber Belajar Mandiri bagi Siswa SMA/SMK/MA. International Journal of Community Service Learning. 2 (3), 177-184 Wicaksono, H. (2018). Pemanfaatan E-Journal oleh Mahasiswa pada Perpustakaan Perguruan Tinggi di Jakarta. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 4(2), 67-78. https://doi.org/10.14710/lenpust.v4i2.19676 Yusminar. (2014). E-Book dan Pennguna Perputakaan Perguruan Tinggi di Jakarta. Jurnal Al-Maktabah. 13(1), 34-39
DOI: https://doi.org/10.30998/ntsr.v1i1.2172
Article Metrics
Abstract Views : 268 | PDF Views : 378Refbacks
Copyright (c) 2023 Deden Ibnu Aqil, Askardiya Mirza Gayatri, Adeng Hudaya, Tony Magianto Adi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
--------------------------------------
Nitisara is licensed under Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0)
Nitisara Statecounter