Giat Literasi Maritim Berbasis Komunitas: Kolaborasi Interdisipliner dalam Pemberdayaan Nelayan Pesisir Karawang



Cut Nuraini(1*), Riza Rizkiah(2), Dwi Rosalina(3), Adi Masliardi(4),

(1) Universitas Singaperbangsa Karawang
(2) Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang
(3) Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang
(4) Politeknik Ketenagakerjaan Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Indonesia memiliki potensi kelautan besar yang belum dimanfaatkan optimal karena rendahnya literasi nelayan, baik literasi dasar maupun digital. Permasalahannya adalah nelayan menghadapi tantangan dalam literasi maritim, yaitu pemahaman istilah kelautan, komunikasi, dan pemanfaatan informasi digital (cuaca, regulasi, pasar). Adapun tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kapasitas literasi maritim nelayan melalui program pengabdian masyarakat. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam program ini menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR), kolaborasi antara Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNSIKA dan Politeknik Kelautan dan Perikanan. Kegiatan ini mencakup pembelajaran kontekstual, pendampingan bahasa, dan pelatihan penggunaan teknologi digital. Hasil dari pogram ini yaitu dapat meningkatkan kemampuan nelayan. Ditemukan peningkatan signifikan dalam literasi dasar, penguasaan kosakata maritim, keterampilan komunikasi, dan adopsi teknologi digital. Secara spesifik, 70% peserta menunjukkan peningkatan dalam membaca informasi cuaca dan 80% mampu menyusun laporan sederhana. Model literasi maritim berbasis komunitas ini efektif, adaptif, dan berpotensi untuk direplikasi di wilayah pesisir lain di Indonesia sebagai strategi pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan.


Full Text:

PDF

References


Awwalin, R., Prastiwi, A., & Agustin, D. (2025). Pemberdayaan nelayan melalui bahasa inggris, edukasi maritim dan teknologi transportasi laut. Jurnal Pengabdian Masyarkat Dan Riset Pendidkkan, 4(1), 2272–2277.

Chambers, R. (1997). Whose Reality Counts? Putting the First Last. Technology Publications.

Dewi, I. M. (2023). Pengaruh teknologi informasi dan komunikasi terhadap literasi maritim di era digita. Jurnal Maritim Indonesia, 11(4), 313–321. https://doi.org/10.52307//jmi

Freire, P. (2021). Pedagogy of the Oppressed. Herder and Herder.

Hernawan, K., & Prasetyo, A. D. (2021). Adaptasi Teknologi Digital oleh Nelayan Tradisional di Pantura Jawa. Jurnal Komunikasi Maritim, 6(2), 75–88.

Jaya, I. (2023). Literasi Maritim: Landasan Pembangunan Negara Kepualauan. Policy Brief Pertanian, Kelautan, Dan Biosains Tropika, 5(2), 552–556.

Johnson, E. B. (2022). Contextual Teaching and Learning: What It Is and Why It’s Here to Stay. Corwin Press.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (2005). Participatory Action Research: Communicative Action and the Public Sphere (3rd ed.). The Sage Handbook of Qualitative Research (3rd ed.).

Nugroho, S. (2020). Literasi Komunitas dan Ketahanan Sosial Masyarakat Pesisir. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4(4), 326–333.

Rizfa, M. S., Rachman, S. H., Nugraha, A. F., Haryanti, R., Sukardi, S., Umam, H., Aswin, A., & Yusuf, B. (2025). Peningkatan literasi kelautan dan perikanan melalui edukasi dan kreasi bagi anak-anak di yayasan rumah harapan Banjarmasin. Jurnal Abdi Insani, 12(5), 2131–2139. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i5.2503

Syafiuddin, S., Fikry, I., Arfiana Dewi, Karamina, P. A., Putra, G. H., & Arianto, P. Y. (2025). Peningkatan Literasi Maritim Melalui Virtual Tour di SMKN 2 Bangkalan: Studi Terhadap Minat dan Familiaritas Teknologi Interaksi Siswa. Jurnal Pengabdian Dan Pengembangan Masyarakat Indonesia, 4(1), 97–105. https://doi.org/10.56303/jppmi.v4i1.417

Unesco. (2006). Understandings of Literacy. Education for All Global Monitoring Report.




DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v4i1.4392

Article Metrics

Abstract Views : 62 | PDF Views : 30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Kapas indexed by:



 


 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter