Pembelajaran Interaktif dengan Google Sites di SDN Cikampek Selatan I Karawang
Dwi Eryanto(1*), Euis Nurseha(2), Mimin Mintarsih(3), Ratih Lailathi Prajamukti(4), Yulian Dinihari(5), Mirna Herawati(6),
(1) Magister MIPA, Universitas Indraprasta PGRI
(2) Magister MIPA, Universitas Indraprasta PGRI
(3) Magister MIPA, Universitas Indraprasta PGRI
(4) Magister MIPA, Universitas Indraprasta PGRI
(5) Magister MIPA, Universitas Indraprasta PGRI
(6) Magister MIPA, Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru SD Negeri Cikampek Selatan I dalam pemanfaatan teknologi pembelajaran digital, khususnya melalui platform Google Sites. Latar belakang kegiatan ini adalah rendahnya pemanfaatan TIK dalam pembelajaran, terbatasnya media interaktif yang digunakan guru, serta minimnya pelatihan produksi konten digital. Melalui pendekatan partisipatif dan metode learning by doing, kegiatan ini meliputi sosialisasi, pelatihan, praktik terstruktur, pendampingan, dan evaluasi berkelanjutan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan guru dalam merancang dan mengelola media ajar berbasis web. Selain menghasilkan produk berupa situs pembelajaran digital, kegiatan ini juga membentuk komunitas guru digital sebagai agen perubahan di sekolah. Program ini terbukti efektif dan berkelanjutan dalam mendukung pembelajaran abad ke-21
Full Text:
PDFReferences
Bandura, A. (1986). Social foundations of thought and action: A social cognitive theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.
Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2016). E-learning and the science of instruction: Proven guidelines for consumers and designers of multimedia learning (4th ed.). San Francisco, CA: Pfeiffer.
Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly, 13(3), 319–340. https://doi.org/10.2307/249008
Koehler, M. J., & Mishra, P. (2006). Technological pedagogical content knowledge: A framework for teacher knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017–1054.
Mayer, R. E. (2009). Multimedia learning (2nd ed.). New York, NY: Cambridge University Press.
Piaget, J. (1977). The development of thought: Equilibration of cognitive structures. New York, NY: Viking Press.
Rogers, E. M. (2003). Diffusion of innovations (5th ed.). New York, NY: Free Press.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Weber, A. S. (2013). The role of Google Apps for Education in UAE higher education. International Journal of Education and Research, 1(10), 1–10.
Pew Research Center. (2022). The Digital Divide: A Global Perspective.
UNESCO. (2021). The State of Education Technology in the World.
Sari, R. (2022). Penerapan Google Sites dalam Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dasar, 18(4), 75-85.
Setiawan, B. (2022). Keterampilan Berpikir Kritis melalui Pembelajaran Proyek. Jurnal Pendidikan dan Psikologi, 5(2), 100-110.
Rahmawati, F. (2023). Pembelajaran Kolaboratif dengan Google Sites. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 25-35.
. Thomas, J. W. (2000). A Review of Research on Project-Based Learning. The Autodesk Foundation.
DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v4i1.4370
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Kapas indexed by:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Statis