Transformasi Pendidikan di Era Digital dengan Memanfaatkan Canva sebagai Media Teknologi Modern dan Kreatif



Rayung Wulan(1*), Suranto Saputra(2), Ardhi Dinullah Baihaqi(3),

(1) universitas Indraprasta PGRI
(2) universitas Indraprasta PGRI
(3) universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Transformasi pendidikan di era digital saat ini menuntut adaptasi terhadap perkembangan teknologi sebagai bagian media pembelajaran yang kreatif dan inovatif dari proses pembelajaran. Pengabdian masyarakat yang dilakukan memiliki tujuan untuk menganalisis pemanfaatan Canva sebagai media teknologi modern dan kreatif dalam mendukung pembelajaran di SMPN 61 Jakarta. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini dengan pendekatan pelatihan teknik dan praktek langsung dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil pengabdian masyarakat mengungkap bahwa Canva merupakan salah satu solusi teknologi modern yang relevan dan efektif dalam transformasi pendidikan digital, khususnya di tingkat SMP. Pemanfaatannya perlu didukung dengan pembentukan Tim Kreatif Digital di Sekolah, membentuk tim kecil yang terdiri dari guru dan siswa untuk menjadi penggerak dalam mengembangkan konten-konten pembelajaran berbasis teknologi modern.


Full Text:

PDF

References


Ayu, I. W., Zulkarnaen, Z., & Fitriyanto, S. (2022). Budaya Digital Dalam Transformasi Digital Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Pengembangan Masyarakat Lokal, 5(1). https://doi.org/10.58406/jpml.v5i1.922

Basri, S., Fitrawahyudi, F., Khaerani, K., Nasrullah, I., Ernawati, E., Aryanti, A., Maya, S., Aisyah, S., & Sakti, I. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Di Lingkungan Pendidikan Berbasis Aplikasi Canva. Pengabdian Masyarakat Sumber Daya Unggul, 1(2). https://doi.org/10.37985/pmsdu.v1i2.65

Elsa, E., & Anwar, K. (2021). The Perception of Using Technology Canva Application as a Media for English Teacher Creating Media Virtual Teaching and English Learning in Loei Thailand. Journal of English Teaching, Literature, and Applied Linguistics, 5(1). https://doi.org/10.30587/jetlal.v5i1.2253

Hakim, L., Gede, I., Utamayasa, D., Triatmojo, M., & Megawati, I. (2023). Physical education learning is based on a base project to improve student literacy and numeracy. Jurnal Penelitian Pembelajaran, 9(1).

Irkhamni, I., Izza, A. Z., Salsabila, W. T., & Hidayah, N. (2021). Pemanfaatan Canva Sebagai E-Modul Pembelajaran Matematika terhadap Minat Belajar Peserta Didik. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2021, ISBN: 978-602-6779-47-2.

Koehler, M. J., Mishra, P., & Cain, W. (2013). What is Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)? Journal of Education, 193(3). https://doi.org/10.1177/002205741319300303

Listiyoningsih, S., Hidayati, D., & Winarti, Y. (2022). Strategi Guru Menghadapi Transformasi Digital. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b). https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.389

Putri, M., Bahas, R., & Yamit, Z. (2022). Pengaruh Digitalisasi terhadap Praktik Organisasi dan Kinerja Operasi pada PT . IGP Internasional Yogyakarta. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa …, 01(03).

Ratnawati, D., Vivianti, V., Fatmawati, S., Widodo, T., & Hardiyantari, O. (2023). Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Canva. BANTENESE : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 5(2). https://doi.org/10.30656/ps2pm.v5i2.7412

Talosa, A. D., Javier, B. S., & Dirain, E. L. (2024). Higher Education students’ technological characteristics and technological self-efficacy during Covid 19: Implications to flexible learning framework. Multidisciplinary Science Journal, 6(3). https://doi.org/10.31893/MULTISCIENCE.2024017

Wulan Ayu, I., Fitriyanto, S., & Zulkarnaen. (2022). Budaya Digital Dalam Transformasi Digital Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Pengembangan Masyarakat Lokal, 5(1).

Yustiasari Liriwati, F. (2023). Transformasi Kurikulum; Kecerdasan Buatan untuk Membangun Pendidikan yang Relevan di Masa Depan. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2). https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.61




DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v4i1.4282

Article Metrics

Abstract Views : 28 | PDF Views : 8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Kapas indexed by:



 


 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter