Penggunaan Gawai bagi Anak Usia Dini



Yunita Endra Megiati(1), Noor Komari Pratiwi(2*), Rizki Rizkyatul Basir(3), Dinih Mariyanih(4),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Gawai atau gadget telah menjadi bagian dalam kehidupan manusia di muka bumi ini. Semua kebutuhan manusia dapat terpenuhi. Berbagai manfaat dapat ditemukan dalam sebuah gawai. Jenis gawai atau gadget dapat berupa computer, laptop, tablet, smartphone atau telepon selular. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mengenalkan pemanfaatan gawai secara bijak dan dampak yang bisa ditimbulkan bagi perkembangan anak usia dini jika penggunaannya berlebihan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini melalui penyuluhan dan penyajian materi oleh tim PkM yang bekerja sama dengan PAUDQU Al-Amr, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat. Berdasarkan hasil pada tahap observasi, permasalahan yang dihadapi oleh mitra adalah banyak orang tua yang belum menyadari dampak penggunaan gawai bagi perkembangan anak mereka. Penyuluhan bertujuan agar orang tua di rumah dan para guru di sekolah dapat menyadari kegunaan dan dampak dari penggunaan gawai bagi anak usia dini. Peran orang tua dan para guru sangat krusial dalam mengawasi penggunaan waktu dan pembatasan akses terhadap fitur dan dan aplikasi yang ada di dalam sebuah gawai. Langkah-langkah penting pembatasan bagi anak usia dini sangat penting dilakukan sejak dini untuk menghindari atau meminimalisasi dampak paparan dari materi yang bukan untuk usia mereka demi perkembangan anak.


Full Text:

PDF

References


Anil, A., & Shaik, S. (2019). Third Eye Syndrome- a gadget screen addiction among medical professionals in Chennai, Tamilnadu, India. National Journal of Research in Community Medicine, 8(3), 249–254.

Apsari, N. C., Nurfauziah, L. S., & Asiah, D. H. S. (2023). Dampak Penggunaan Gawai (Gadget) terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Dini. Share: Social Work Journal, 13(1), 11–22. https://doi.org/10.40927/share.v13i1.40927

Arnani, N. P. R., & Husna, F. H. (2021). The Different Levels of Gadget Addiction Among Elementary School Students Based on Gender. Psyco Idea, 19(1), 57–64.

Darimi, I. (2017). Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Efektif. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 111–121. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.22373/cs.v1i2.2030

Fajrina, H. N. (2015, November 4). Tingkat Kecanduan Gadget di Usia Dini Semakin Mengkhawatirkan. CNN Indonesia.

Mulyasa, E. (2014). Manajemen PAUD. Remaja Rosda Karya.

Munisa, M. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini Di TK Panca Budi Medan. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, 13(1), 102–114.

Mursid. (2020). Belajar dan Pembelajaran PAUD. Remaja Rosda Karya.

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26

Rainer, P. (2023). Data Terbaru, Inilah Profil Usia Pengguna Internet Indonesia.

Siregar, I. S. (2022). Dampak Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini Studi Kasus pada Anak Usia Dini Desa Siolip. TILA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1).

Supartini, Y. (2004). Konsep Dasar Keperawatan Anak. EGC.

Susanto, A. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep dan Teori. Bumi Aksara.

Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3, 527–533.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. UU RI Nomor 20 Tahun 2003 BAB I Pasal 1 Ayat 14, Himpunan Peraturan Perundang-Undangan (2003).

Warmansyah, J., Ismandela, A., Fatma Nabila, D., Wulandari, R., Putri Wahyu, W., putri, A., Komalasari, E., Sari, M., Yuningsih, R., & Pendidikan Usia Dini, J. (2023). Smartphone Addiction, Executive Function, and Mother-Child Relationships in Early Childhood Emotion Dysregulation. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 17(2), 1693–1602. https://doi.org/10.21009/JPUD.172.05

Wong, D. L. (2008). Pedoman Klinis Keperawatan Pediatrik. EGC.




DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v3i3.3874

Article Metrics

Abstract Views : 4 | PDF Views : 3

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAPAS indexed by:



            

 

 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter