Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Upaya Optimasi Kurikulum Merdeka Dengan Menggunakan Unsur Etnomatematika



Chatarina Febriyanti(1), Akbar Muchbarak(2), Ari Irawan(3*), Gita Kencanawaty(4),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) 
(4) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari pengabdian masysarakat ini yaitu memberikan keterampilan keahlian untuk guru dalam menyusun pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan etnomatematika pada mata Pelajaran matematika dalam upaya optimasi implementasi kurikulum Merdeka. Metode pengabdian Masyarakat ini terdapat tiga tahapan besar adalah persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Pengabdian Masyarakat ini dilakukan bekerjasama dengan MGMP Matematika SMP. Adapun hasil dari kegiatan pengabdian Masyarakat ini yaitu 1) guru memahami teknik instruksional dalam melakukan persiapan pembelejaran dalam implementasi kurikulum Merdeka. 2) guru dapat melakukan teknik pembelajaran berdiferensiasi sesuai dengan kurikulum Merdeka. 3) guru dapat memberikan dampak pembelajaran yang berupa praktik baik dalam pembelajaran berdiferensiasi kurikulum Merdeka.


Full Text:

PDF

References


Alfath, A., Usman, A., & Utomo, A. P. (2023). Analisis motivasi belajar siswa dalam implementasi pembelajaran berdiferensiasi. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 7(2), 132–140. https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1250

Alhafiz, N. (2022). Analisis profil gaya belajar siswa untuk pembelajaran berdiferensiasi di SMP Negeri 23 Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 1(8), 1913–1922.

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam implementasi kurikulum merdeka pada pelajaran matematika SD. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95–101.

Evendi, H., Rosida, Y., & Zularfan, D. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi dalam pembelajaran matematika di kurikulum merdeka SMPN 4 Kragilan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 181–186.

Hamdi, S., Triatna, C., & Nurdin, N. (2022). Kurikulum merdeka dalam persepktif pedagogik. SAP (Susunan Artikel Pendidikan, 7(1), 11–17.

Heryanto, N., Komar, O., & Sukmana, C. (2021). Penyelenggaraan pelatihan blanded learning pada pembelajaran di rumah pintar Nurul Falah Kota Bandung. Abdimas Siliwangi, 4(1), 57–68. https://doi.org/10.22460/as.v4i1p31-40.6253

Jusuf, H., & Sobari, A. (2022). Pembelajaran paradigma baru kurikulum merdeka pada Sekolah Dasar. Jurnal ABDIMAS (Pengabdian Kepada Masyarakat) UBJ, 5(2), 185–195. http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/Jabdimas

Kurniawaty, I., Faiz, A., & Purwati, P. (2022). Strategi penguatan profil pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5170–5175. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3139

Mekar Ismayani, R., Permana, A., & Sukawati, S. (2020). Pelatihan penyusunan soal berbasis HOTS bagi guru bahasa Indonesia tingkat SMP Se-Kabupaten Subang. Abdimas Siliwangi, 03(01), 173–185. https://doi.org/10.22460/as.v3i1p%25p.3575

Muslimin. Muslimin, Hirza, B., Nery, R. S., Yuliani, R. E., Heru, H., Supriadi, A., Desvitasari, T., & Khairani, N. (2022). Peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui pembelajaran berdiferensiasi dalam mewujudkan merdeka belajar. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 8(2), 22–32. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa

Pane, R. N., Lumbantoruan, S., & Simanjuntak, S. D. (2022). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. BULLET: Jurnal Multidisiplin Ilmu , 1(3), 173–180.

Perdana, P. R., Batubara, I. H., & Sagala, R. W. (2020). Pembuatan Aplikasi Berbasis Online Bagi Guru SMP Muhammadiyah Kota Medan Pada Masa Pandemic Covid 19. PROKMAS: Jurnal Hasil Pengabidian Kepada Masyarakat, 5(1), 26–32.

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret kurikulum merdeka, wujud merdeka belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431

Siagian, B. A., Situmorang, S. N., Siburian, R., Sihombing, A., Harefa, R. Y. R., Ramadhani, S., & Sitorus, A. (2022). Sosialisasi pembelajaran berdiferensiasi dalam program merdeka belajar di SMP Gajah Mada Medan. Indonesia Berdaya, 3(2), 339–344. https://doi.org/10.47679/ib.2022227

Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan nanah dan keberlangsungan kehidupan di kelas IXb semester genap SMPN 4 Monta tahun pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39

Syarifuddin, S., & Nurmi, N. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IX semester genap SMP Negeri 1 Wera tahun pelajaran 2021/2022. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(2), 93–102. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v2i2.184

Ultra Gusteti, M., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika di kurikulum merdeka. Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3

Yasmansyah, Y., & Sesmiarni, Z. (2022). Konsep merdeka belajar kurikulum merdeka. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidiikan Indonesia (JPION), 1(1), 29–34. https://jpion.org/index.php/jpi29https://jpion.org/index.php/jpi




DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v3i2.3368

Article Metrics

Abstract Views : 8 | PDF Views : 7

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAPAS indexed by:



            

 

 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter