Evaluasi Implementasi Program Abdimas Berbasis Lectora Pada SMP Trisoko



Alhidayatuddiniyah T W(1*), Siwi Puji Astuti(2),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Masa pandemik Covid-19 yang telah berlalu dan pembelajaran pada seluruh tingkat sekolah kini telah diterapkan secara luring. Namun, beberapa kendala masih dijumpai pada saat tatap muka berlangsung. Peralihan dari masa pembelajaran daring menjadi luring, masih dijumpai kendala pada peserta didik, diantaranya ada yang mengalami kesulitan untuk memahami pelajaran dengan baik. Dengan tujuan meningkatkan minat dan motivasi belajar, maka diperlukanlah peningkatan dalam metode pengajaran yang mudah dipahami oleh siswa, dalam hal ini tim abdimas memberikan pelatihan berupa pembuatan bahan pembelajaran dengan variasi tipe soal-soal latihan yang dapat dilakukan oleh pendidik. Tim abdimas memberikan pelatihan untuk para pendidik di SMP Trisoko dan juga evaluasi hasil kegiatan abdimas berupa angket. Diharapkan implementasi pelatihan berbasis Lectora dapat memotivasi siswa dalam belajar.


Full Text:

PDF

References


Alhidayatuddiniyah. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Whiteboard Animation Pada Pokok Bahasan Hukum Coulomb. Prosiding SEMNASRISTEK 2021, 0014-0017.

Astuti, Siwi Puji. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Kalkulator Fisika untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Materi Fisika Gerak. Jurnal SAP, 6(1), 105-111.

Audia, F.A., Zakiah, L., & Utami, N. C. M. (2021). Lectora Inspire Learning Media Based on Character Education in Civics. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(3), 549.

Irawan, D. B. (2020). Pengembangan Media Berbasis Komputer Lectora Inspire dalam Pembelajaran Subtema Lingkungan Sosialku untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 6(3), 188-197.

Musfiqon. (2015). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Nurhalim, Sa’odah, &Saputri, R. E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Lectora Inspire Pada Pembelajaran PPKN Siswa Kelas V SDN Karawaci 10. PENSA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 472-484.

Parwatiningtyas, Diyan. dkk. (2018). Fisika Dasar. Jakarta: Unindra Press.

Shalikhah, Norma Dewi. (2016). Pemanfaatan Aplikasi Lectora Inspire sebagai Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Cakrawala, 11(1), 101-115.

Solichah, L. A., & Mariana, N. (2018). Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas IV SDN Wonoplintahan II Kecamatan Prambon. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(9), 1537-1547.

Suttrisno, S., Yulia, n. M. (2022). Pengembangan Kompetensi Guru dalam Mendesai Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka. Al-Mudarris: Journal of Education, 5(1), 30-44.




DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v3i2.3177

Article Metrics

Abstract Views : 4 | PDF Views : 2

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAPAS indexed by:



            

 

 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter