Pembelajaran Algoritma Naïve Bayes dan Apriori untuk Siswa SMK Media Informatika Jakarta



Wawan Gunawan(1*), Muhaimin Hasanudin(2), Wawan Ridwan(3),

(1) Universitas Mercu Buana
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari kegiatan pembelajaran ini untuk memperkenaklan pelajar SMK terhadap ilmu data sains yang saat ini sedang berkembang pesat. Masalah prioritas yang diatasi dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pengetahuan tambahan bagi siswa SMK Informatika Media mengenai algoritma ilmu data, mengingat siswa sangat membutuhkan pengetahuan tambahan tentang algoritma ilmu data. Kegiatan ini akan dibagi menjadi dua tahap: a) tahap pertama adalah pemberian materi oleh narasumber mengenai apa itu algoritma ilmu data dan penggunaan algoritma Naïve Bayes dan Apriori beserta kelebihan dan kekurangan penggunaannya; b) tahap kedua adalah sesi tanya jawab terkait ilmu data dan penggunaan algoritma ilmu data dalam mengklasifikasi dan mengelompokkan produk untuk penjualan. Sebanyak 86,67% peserta memberikan umpan balik positif terhadap pelatihan data sains dalam PKM, dan 73,33% responden memberikan penilaian sangat bagus. 48,28% peserta mengharapkan kegiatan ini diadakan lagi sesering mungkin dengan materi yang kekinian. 83,33% peserta yang menyatakan bahwa mereka belum pernah menggunakan algoritma yang digunakan untuk klasifikasi dan proses bundling produk dalam penjualan.


Full Text:

PDF

References


Agustina Rahayuningtyas. (2022). Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem Informasi, dan Perceived Usefulness terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi Modul Penganggaran pada Satuan-Satuan Kerja Lingkup Pembayaran KPPN Madiun. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 5(2), 76–91. https://doi.org/10.15642/manova.v5i2.863

Dewi, D. : F. satria. (2020). Algoritma Naive Bayes Untuk Menentukan Kelayakan Pemberian Kredit Pada Adira. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 7(2), 750. https://doi.org/10.1016/j.compbiomed.2018.11.018%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.asoc.2017.05.043%0Ahttps://ezp.lib.unimelb.edu.au/login?url=https://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=ffh&AN=2008-10-Aa4022&site=eds-live&scope=site%0Ahttp://www.i

Diana, R., Warni, H., & Sutabri, T. (2023). Penggunaan Teknologi Machine Learning Untuk Pelayanan Monitoring Kegiatan Belajar Mengajar Pada Smk Bina Sriwijaya Palembang. JUTEKIN (Jurnal Teknik Informatika), 11(1). https://doi.org/10.51530/jutekin.v11i1.709

Fauziah, N. S., & Dana, R. D. (2023). Implementasi Algoritma Naive bayes dalam Klasifikasi Status Kesejahteraan Masyarakat Desa Gunungsari. Blend Sains Jurnal Teknik, 1(4), 295–305. https://doi.org/10.56211/blendsains.v1i4.234

Hartatik, Kwintiana, B., Terttiaavini, Nengsih, T. A., Baradja, A., Harto, B., Robet, Sudipa, I. G. I., Handika, I. P. S., Adhicandra, I., & Gugat, R. M. D. (2023). Data Science For Business: Pengantar dan Penerapan Berbagai Sektor (Issue September 2016).

Mediana. (2024). Pasar Kerja Asia Tenggara Mulai Syaratkan Keterampilan Kecerdasan Buatan. Https://Www.Kompas.Id. https://www.kompas.id/baca/ekonomi/2024/01/01/lowongan-kerja-sudah-mulai-mensyaratkan-keterampilan-ai-generatif

Murdani, S., & Subandi. (2023). Implementasi Metode Association Rules Dengan Algoritme Apriori Untuk Pola Pembelian Konsumen Di Pt. Sehati Bangunan Abadi. Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi, 2(2), 453–462. http://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/755%0Ahttps://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/download/755/518

Pasa, Ike Y., & Saputro, Wahju T. (2018). Pendekatan Algoritma Aprioti pada Data Mining untuk Menentukan Pola Belanja Konsumen. Intek, 1 No 1(2009), 1–9.

Sandy, I. P. (2024). Data Science dalam Dunia Pendidikan: Melihat Masa Depan dengan Optimisme. Https://Kumparan.Com/. https://kumparan.com/ikhlas-pratama-sandy/data-science-dalam-dunia-pendidikan-melihat-masa-depan-dengan-optimisme-22pOXVhl1H1/1

Setiawi, A. P., Patty, E. N. S., & Making, S. R. M. (2024). Dampak Artificial Intelligence dalam Pembelajaran Sekolah Menengah Atas. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 680–684. https://ejournal.indo-intellectual.id/index.php/imeij/article/view/826

Susi, N., Sugiana, S., & Musty, B. (2023). Analisis Data Sistem Informasi Monitoring Marketing: Tools Pengambilan Keputusan Strategic. Jutisi : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 12(2), 696–708.

Syamsu, M., & Widodo, W. (2021). Peran Data Science dan Data Scientist Untuk Mentransformasi Data Dalam Industri 4.0. Jurnal Teknologi Informasi (JUTECH), 2(1), 27–36. https://doi.org/10.32546/jutech.v2i1.1540

Zakaria, Sukomardojo, T., Sugiyem, Razali, G., & Iskandar. (2023). Menyiapkan Siswa untuk Karir Masa Depan Melalui Pendidikan Berbasis Teknologi : Meninjau Peran Penting Kecerdasan Buatan. Journal on Education, 5(04), 14141–14155. http://jonedu.org/index.php/joe




DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v3i1.2941

Article Metrics

Abstract Views : 18 | PDF Views : 12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAPAS indexed by:



            

 

 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter