Evaluasi Capaian Siswa Berbasis Microsoft Excel Di TK Aisyiyah 3 Bustanul Athfal Depok
alpi Mahisha nugraha(1*), Nurullaeli Nurullaeli(2), Ahmadi Ahmadi(3),
(1) Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(2) Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(3) Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dan staf di TK Aisyiyah 3 Bustanul Athfal Depok dalam menyusun evaluasi siswa dengan menggunakan teknologi informasi. Meskipun visi TK tersebut adalah mengoptimalkan potensi anak sesuai perkembangannya, permasalahan muncul karena evaluasi belum optimal dan pengolahan data masih manual. Tim pelaksana memberikan pelatihan dan pendampingan kepada guru dan staf menggunakan Microsoft Excel untuk mengolah hasil evaluasi siswa sesuai kurikulum yang digunakan. Pendekatan melibatkan metode pelatihan, pendampingan, dan diskusi. Hasilnya diharapkan dapat meningkatkan efisiensi evaluasi siswa dan mendukung pengembangan kompetensi guru dan potensi anak sesuai tuntutan teknologi informasi saat ini.
Full Text:
PDFReferences
Barlian, U. C., Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. JOEL: Journal of Education and Language Reasearch, 1(12), 2105–2118.
Hasanah, L., Febriyanti, N., Oltaviani, N., Syafira, P., & Zahra, A. (2023). Manajemen Kurikulum Anak Usia Dini di Taman Kanak Kanak Nurul Hasanah. Jurnal Ilmiah PESONA PAUD, 10(1), 1–13.
Hasibuan, R., Fitri, R., Maureen, I. Y., & Pratiwi, A. P. (2022). Penyusunan Kurikulum Operasional pada Satuan Paud Berbasis Kurikulum Merdeka. Transformasi Dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 87–92.
Jannah, M. M., & Harun. (2023). Kurikulum Merdeka : Persepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 197–210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3800
Putri, N. K., Jolaekha, P., Latiana, L., & Formen, A. (2022). Strategi Kepala Taman Kanak-Kanak dalam Persiapan Implementasi Konsep Merdeka Bermain. Islamic Education Journal, 4(2), 121–133.
Rahmawati, Y. (2023). Efektifitas Penggunaan E-Modul Berbasis Project Based Learning Terhadap Kompetensi Peserta Didik Pada Kurikulum Merdeka Belajar. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 293–300.
Rahmi, A. M., & Muchlisin, M. A. (2022). Analisis Implementasi Pembelajaran Sains Berbasis Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-kanak Kabupaten Cikarang Selatan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(24), 10–17.
Rizka, A. D. M., & Pamungkas, J. (2023). Analisis Implementasi Mandiri Belajar pada Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1381–1390. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3429
Sriandila, R., Suryana, D., & Mahyuddin, N. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di PAUD Nurul Ikhlas Kemantan Kebalai Kabupaten Kerinci. Jonedu: Journal on Education, 05(02), 1826–1840.
Susilowati, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembentukan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawih: Journal of Science Education (MIJOSE), I(1), 115–132.
Zulminiati, & Hartati, S. (2021). Fakta-Fakta Penerapan Penilaian Otentik di Taman Kanak-Kanak Negeri 2 Padang. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1036–1044. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.521
DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v2i3.2621
Article Metrics
Abstract Views : 60 | PDF Views : 42Refbacks
- There are currently no refbacks.
KAPAS indexed by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Statis