Eksplorasi Media Pembelajaran Online dengan Google Classroom Sebagai Penunjang Kegiatan Belajar Mengajar



Dwi Yulistyanti(1*), Naely Farkhatin(2), Tri Yani Akhirina(3),

(1) Indraprasta PGRI University
(2) Indraprasta PGRI University
(3) Indraprasta PGRI University
(*) Corresponding Author

Abstract


Masa pandemi Covid-19 telah melanda dunia lebih dari dua tahun dan masih berdampak sampai sekarang, adaptasi baru di lakukan untuk berbagai aspek kehidupan tidak kecuali di dunia pendidikan. Dalam pendidikan banyak muncul platform pembelajaran yang dapat digunakan sebagai media penunjang kegiatan belajar mengajar, salah satunya adalah google classroom. Penggunaan google classroom tentunya tidak selalu mudah bagi pengguna baru, para pelajar pun sering kali mengalami kesulitan dalam menggunakan platform tersebut.  Tujuan kegiatan ini adalah menambah wawasan dan pengtahuan pelajar dalam mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran online ”Google Classroom” dalam menunjang pembelajaran di sekolah.  Metode yang diterapkan adalah dengan melakukan pelatihan singkat dengan menggunakan media daring zoom meeting.  Pada kegiatan ini para pelajar di lingkungan karang taruna Kp. Kekupu diberikan pemahaman  tools google classroom dari mulai fungsi dasar sampai dengan cara penggunaannya.  Simulasi komunikasi atau metode pelaksanaan dalam kelas belajar secara online juga di berikan sehingga para remaja dapat memahaminya. Hasil kegiatan ini para remaja di lingkungan karang taruna Kp. Kekupu dapat memahami dan  menggunakan google classroom sebagai penunjang media pembelajaran dengan baik dan benar.


Full Text:

PDF

References


Arifin Rahmanto, M. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Daring Melalui Google Classroom (Vol. 11, Issue 2). http://journal.uhamka.ac.id/index.php/jpi

Anggita Liza. 2019. “Pengaruh Blended Learning Berbantu Google Classroom Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas XII Mata Pelajaran Biologi di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung”, Jurnal Pendidikan Biologi, http://repository.radenintan.ac.id/9594/1/SKRIPSI%202.pdf

Devi Herliandry, L., Enjelina Suban, M., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. 22(1). http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp

Fitria, L., & Ifdil, I. (2020). Kecemasan remaja pada masa pandemi Covid -19. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 1. https://doi.org/10.29210/120202592

Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138

Khotimah, S. K. S. H. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran, Inovasi di Masa Pandemi Covid-19. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 2149–2158. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.857

Lestariningsih, E. Dwi., Wijayatiningsih, T. Deni. (2017). Pengembangan Model Problem Based Learning dan Blended Learning dalam Pembelajaran Pemantapan Kemampuan Profesional Mahasiswa. Jurnal Lite Vol. 13 No. 2, 105-121. https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/lite/article/view/1714/1211

Marharjono. (2020). Manfaat Pembelajaran Sejarah Menggunakan Google Classroom Pada Masa Pandemi Covid19. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 56– 63. BENEFITS OF LEARNING HISTORY USING GOOGLE CLASSROOM AT THE COVID-19 PANDEMIC PERIOD | Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru (jogjaprov.go.id)

Masrukin A dan Arba’i A., (2018). Metode Diskusi Dan Tanya Jawab Dalam Pembelajaran SKI Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas Vii - H Mts Al- Mahrusiyah Lirboyo Kediri. Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman Volume 8, Nomor 3,Desember 2018, 451-466. https://ejournal.uit-lirboyo.ac.id/index.php/intelektual/article/view/743/524

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705




DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v2i3.2183

Article Metrics

Abstract Views : 84 | PDF Views : 64

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAPAS indexed by:



            

 

 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter