Pelatihan Penggunaan Canva Sebagai Media Pembelajaran Digital Bagi Guru SDN Sukarapih 01 Kab. Bekasi



Rifki Ristiawan(1), Nurfidah Dwitiyanti(2), Noni Selvia(3*),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penggunaan media pembelajaran digital dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan minat dan motivasi belajar siswa. Sayangnya, tidak sedikit guru yang belum terbiasa dan merasa kesulitan menggunakan media pembelajaran digital. Setelah melakukan observasi dan melakukan diskusi dengan beberapa dewan guru SDN Sukarapih 01 didapatkan temuan yaitu selama ini guru belum memiliki kemampuan yang memadai dalam menggunakan bahan ajar digital dan belum pernah mengikuti pelatihan penggunaan bahan ajar digital yang menunjang pembelajaran kontemporer. Oleh karena itu, maka kemampuan guru perlu ditingkatkan terutama dalam hal mengembangkan media pembelajaran digital. Berdasarkan permasalahan tersebut, tim dosen Universitas Indraprasta PGRI mengadakan kegiatan Abdimas pelatihan penggunaan canva sebagai media pembelajaran digital untuk membantu guru SDN Sukarapih 01. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi dan pelatihan penggunaan canva dalam membuat media pembelajaran dalam hal ini Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini adalah berbentuk pelatihan dan praktik tentang penggunaan canva sebagai media pembelajaran digital untuk membuat LKPD. Berdasarkan pelaksanaan kegiatan pelatihan yang telah dilaksanakan maka  penggunaan canva sebagai media pembelajaran digital dapat dijadikan salah satu alternatif dalam mengatasi beberapa masalah yang dihadapi guru di kelas.

 




Full Text:

PDF

References


Anshori, S. (2020). “Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya” Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan PKN Dan Sosial Budaya, 4(1), 88–100. http://194.59.165.171/index.php/CC/article/download/70/114

Arifin, A. N., Ismail, Daud, F., & Azis, A. (2021). Pelatihan aplikasi canva sebagai strategi untuk meningkatkan technological knowledge guru sekolah menengah di kabupaten Gowa. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat 2021 “Penguatan Riset, Inovasi Dan Kreatifitas Penelitian Di Era Pandemi Covid-19,” 5, 468–472. https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/view/25748

Ayunia Lestari, P., Nurhikmah, E., Farhani, F., Pauziah, H., Winati, I., Ayunda Rahmaputri Isnawan, O., Mulyana, A., Rahayu, P., Nuraeni, F., & Fajar Nugroho, O. (2022). Pelatihan Media Pembelajaran Digital Berbasis Canva bagi Guru di SDN 9 Nagrikaler Purwakarta. Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE), 2(1), 47–54.

Faisal, M., Hotimah, H., Nurhaedah, N., AP, N., & Khaerunnisa, K. (2020). Peningkatan kompetensi guru sekolah dasar dalam mengembangkan bahan ajar digital di kabupaten Gowa. Publikasi Pendidikan, 10(3), 266–270. https://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/view/16187

Hayes, C., Hardian, H., & Sumekar, T. (2017). Pengaruh Brain Training Terhadap Tingkat Inteligensia Pada Kelompok Usia Dewasa Muda. Jurnal Kedokteran Diponegoro, 6(2), 402–416.

Muhafid, E. A., Ma, N., Rahmawati, W., Azizah, H. N., Niswah, H., & Rakhmat, A. N. (2023). Pelatihan Canva sebagai Alternatif Media Pembelajaran Digital Berbasis Paradigma Merdeka Belajar untuk Guru SD Negeri 1 Purwogondo Pendahuluan Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa pengaruh dalam berbagai bidang kehidupan termasuk . 5636(3), 214–222.

Mulyawati, I., Whindi Arini, N., & Polina, L. (2022). Pelatihan Media Pembelajaran Canva Dan Padlet Bagi Guru Sd Di Sdn Pulogebang 09 Pagi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6, 170–174. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/7670/4171

Sari, I. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Digital. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 01(07), 55–67.

Tapung, M. M., Regus, M., Payong, M. R., Rahmat, S. T., & Jelahu, F. M. (2020). Bantuan sosial dan pendidikan kesehatan bagi masyarakat pesisir yang terdampak sosial-ekonomi selama patogenesis Covid-19 di Manggarai. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 12–26. https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.2067

Taris, L., Ruslan, R., Firdaus, F., Suhardi Rahman, E., & Massikki, M. (2023). PKM Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bagi Guru Di Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16–22. https://doi.org/10.59562/abdimas.v1i1.297




DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v2i2.2144

Article Metrics

Abstract Views : 60 | PDF Views : 48

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAPAS indexed by:



            

 

 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter