Lokakarya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka
Yaspin Yolanda(1*), Nur Nisai(2), Pujianto Pujianto(3), Aslia Aslia(4), Sukmaniar Sukmaniar(5),
(1) Universitas PGRI Silampari
(2) Universitas PGRI Silampari
(3) Universitas Baturaja
(4) SMP Negeri 11 Lubuklinggau
(5) Universitas PGRI Palembang
(*) Corresponding Author
Abstract
Lokakarya ini dilaksanakan 10-13 Mei 2023 yang melibatkan fasilitator berasal dari akademisi, guru komite pembelajaran, kepala sekolah dan pengawas. Tujuan lokakarya ini menguatkan pemahaman peserta dalam menyusun modul (P5) sesuai dengan kultur budaya sekolah dan kebutuhan peserta didik. Metode pendampingan dilaksanakan secara daring menggunakan alur “MERDEKA” yakni akronim dari elaborasi materi, ruang kolaborasi, refleksi, demonstrasi kontekstual dan aksi nyata. Capaian pengetahuan peserta diukur dengan instrumen pretest dan postest. Hasil menunjukkan (1) Peserta memetakan elemen dimensi dan capaian dimensi masing-masing fase menunjukkan 82% peserta berkembang sesuai harapan, 8% berkembang, 5% mulai berkembang dan 5% peserta belum berkembang. (2) Peserta mampu menyusun aktivitas dalam modul P5 dengan metode simulasi perancangan ide projek secara kolaboratif, 70% peserta berkembang sesuai harapan, 10% berkembang, 10% mulai berkembang dan 10 % peserta belum berkembang. (3) Peserta mampu membuat rubrik penilaian P5, yakni 50% peserta berkembang sesuai harapan, 10% berkembang, 30% mulai berkembang dan 20 % peserta belum berkembang. Selanjutnya (4) Peserta mampu membedakan pemahaman konsep P5 yang benar, yakni 60% peserta berkembang sesuai harapan, 20% berkembang, 10% mulai berkembang dan 10 % peserta belum berkembang. Berdasarkan hasil tes, rata-rata ketercapaian pengetahuan peserta adalah 78% paham konsep, 22% belum paham konsep.
Full Text:
PDFReferences
Abid, S., & Yolanda, Y. (2022). Pelatihan Mengoperasikan Microsoft Office Perangkat Desa Batu Bandung Kecamatan Tiang. Beru’-Beru’ Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–14.
Adjam, S., Ibrahim, F., Saibi, N., Samili, A. O., & Hasim, J. (2022). Presepsi Guru dalam Penerapan Konsep Pendidikan Merdeka Belajar di SMP Negeri 31 Halmahera Barat. Https://Medium.Com/, 8(12), 494–500. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.6970716
Alawi, D., Sumpena, A., Supiana, S., & Zaqiah, Q. Y. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pasca Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5863–5873. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3531
Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 399–407. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749
Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195–205. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.591
Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279
Daga, A. T. (2022). Penguatan Peran Guru Dalam Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 1–24.
Hasanah, N., Sembiring, M., Afni, K., Dina, R., & Wirevenska, I. (2022). Sosialisasi Kurikulum Merdeka Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Pengetahuan Para Guru di SD Swasta Muhamaddiyah 04 Binjai. Ruang Cendikia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 235–238.
Hindriana, A. F., Setiawati, I., Solihin, N., & Sholikah, M. (2021). Pengembangan Kompetensi Guru dalam Menghadapi Program Merdeka Belajar. Jurnal Pengapdian Masyarakat, 04, 254–260.
Malalina, Putri, R. I. I., Zulkardi, Inderawati, R., & Kurniadi, E. (2021). Pelatihan Perencanaan Pembelajaran Merdeka Belajar di SMP Kelas VII pada Konteks Pencaharian Harta Karun di Sungai Musi. Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 148–153.
Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
Mantra, I. iBagus N., Puspadewi, K. R., & Arsana, A. A. P. (2022). Persepsi Guru Terhadap Pentingnya Pelatihan Pengembangan Dan Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(5), 6313–6318.
Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN
Mathematics, A. (2016). 済無No Title No Title No Title. 2(3), 1–23.
Megawati, E., Megawanti, P., Rivaldi, A., & Nugraha, S. (2023). Edukasi Peran Perguruan Tinggi Dalam Pembentukan Generasi Emas Bagi Anggota Remaja Masjid. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 05(04), 379–393.
Nasution, S. W. (2021). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 135–142. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181
Nursalim, M. (2022). Implikasi kebijakan merdeka belajar bagi pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling. 19–25.
Pawero, A. M. D., Luma, M., & Daniel, Z. (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Guru dalam Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar di Pondok Pesantren. NYIUR-Dimas: Jurnal …, 2(1), 9–22.
Putri, R. I. I., Zulkardi, Inderawati, R., & Kurniadi, E. (2023). Pelatihan Guru Profesional “ Merdeka Belajar ” Melalui Collaborative Learning Bagi Guru Sekolah Menengah. Jurnal Terapan Abdimas, 8(1), 33–40.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Rasam, F., Sari, A. I. C., Karlina, E., & Cahyo, A. (2022). PKM Workshop Penggunaan Metode Pembelajaran Pada Guru PKBM Tunas Baru Cikampek. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Batasa : Bangun Cipta, Rasa, & Karsa, 1(4), 14–20.
Sabriadi, H., & Wakia, N. (2021). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(2), 175–184.
Sibagariang, D., Sihotang, H., Murniarti, E., Smk, ), & Paramitha, P. (2021). Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan Merdeka Belajar Di Indonesia. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 88–99.
Sunariati, R. (2022). Kolaboratif Apresiatif: Mengembangkan Kompetensi IT Guru Professional di Era Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, 106–117.
Syaripudin, S., Witarsa, R., & Masrul, M. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Guru-guru Sekolah Dasar Negeri 6 Selatpanjang Selatan. Journal of Education Research, 4(1), 178–184. https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/142%0Ahttps://jer.or.id/index.php/jer/article/download/142/115
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718
Widyaningrum, P., Puspitasari, D. S., & Aidina, D. I. (n.d.). Pelatihan Penerapan Protokol Kesehatan Untuk Pembelajaran Bagi Anak Anak Di Yayasan Permata Ar- Penyebaran virus corona jenis baru ( SARS-Cov-2 ) di penghujung tahun 2019 yang kemudian diberi nama Covid -19 sangat menjadi perhatian dan kekhawatiran dunia . 2(1), 84–93.
Yolanda, Y., Amin, A., & Yuneti, A. (2021a). Pendampingan Pembuatan Kompor Energi Alternatif berbahan Bakar Limbah Serbuk Kayu dan Sekam Padi di Kelurahan TPU Keramat Cereme Taba. LP3MKIL : Jurnal PKM Linggau, 2(2001), 64–75.
Yolanda, Y., Amin, A., & Yuneti, A. (2021b). Pendampingan Pembuatan Kompor Energi Alternatif Berbahan Bakar Limbah Serbuk Kayu dan Sekam Padi di Kelurahan TPU Keramat Cereme Taba Lubuklinggau. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.814
DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v2i1.1829
Article Metrics
Abstract Views : 635 | PDF Views : 932Refbacks
- There are currently no refbacks.
KAPAS indexed by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Statis