Pelatihan Peningkatan Kreativitas Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Dengan Menggunakan Canva Pada SMPN 102 Jakarta
Bahtera Alam Wijaksono(1*), Dudi Parulian(2), Mohammad Fazrie(3),
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Pada saat ini pandemic belum dapat dikatakan telah usai beberapa siswa yang terpapar dengan covid tidak dapat melakukan pertemuan tatap muka dengan guru dan teman siswa yang berada disekolah. Membuat para guru harus membuat pembelajaran yang interaktif dan menarik agar siswa yang saat ini tidak dapat bersekolah agar tetap mendapatkan pembelajaran yang sama yang diberikan oleh guru disekolah. Sebelum mengenalkan media pada pembelajaran metode pembelajaran yang digunakan pada kegiatan yaitu observasi, wawancara, dan demonstrasi pada saat pendampingan berlangsung. tim mengenalkan media pembelajaran via daring yang bisa diberikan oleh guru dengan menggunakan aplikasi canva, dengan aplikasi tersebut memudahkan guru dalam membuat media pembelajaran interaktif, dengan menggunakan media aplikasi canva lebih dapat memudahkan guru dalam membuat materi pembelajaran interaktif yang akan diberikan ke siswa. Oleh karena itulah tim dari Unindra akan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk membantu guru dalam memberikan pemanfaatan canva dalam pembuatan bahan ajar intraktif pada SMP Negeri 102 Jakarta.
Full Text:
PDFReferences
Fitria, V. A., Habibi, A. R., Hakim, L., Islamiyah, M., Teknologi, I., Bisnis, D., & Malang, A. (2021). Using Canva to Support Online Learning Media for Students at Mahardika Karangploso Vocational School in Malang during the Pandemic Pemanfaatan Canva untuk Mendukung Media Pembelajaran Online Siswa Siswi SMK Mahardika Karangploso Malang di Masa Pandemi. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2). www.canva.com
Iqbal, M., Rosramadhana, R., Amal, B. K., & Rumapea, M. E. (2018). Penggunaan Google Forms Sebagai Media Pemberian Tugas Mata Kuliah Pengantar Ilmu Sosial. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 120. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.9652
Marwadi, N., & Sodiq, S. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran Menyusun Teks IklanKelas Xii Dkv 2 Smkn 13 Surabaya. Bapala , 9(8), 198–207.
Melinda, T., & Saputra, E. R. (2021). CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA MATERI PERPINDAHAN KALOR DI SEKOLAH DASAR. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 5(2), 96–101. https://doi.org/10.36928/JIPD.V5I2.848
Pelangi, G., Syarif, U., & Jakarta, H. (2020). PEMANFAATAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA JENJANG SMA/MA. In Jurnal Sasindo Unpam (Vol. 8, Issue 2).
Pembuatan, E., Grafis, D., Menggunakan, M., Canva, A., Kala’lembang, A., Widayanti, L., Rahayu, W. A., Riska, S. Y., & Sapoetra, Y. A. (2021). Edukasi Pembuatan Desain Grafis Menarik Menggunakan Aplikasi Canva. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 91–102. https://doi.org/10.32815/JPM.V2I2.813
Purwati, Y., & Perdanawanti, L. (2019). Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Anggota Komunitas Ibu Profesional Banyumas Raya. Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat (JPMM), 1(1), 42–51. https://doi.org/10.35671/JPMM.V1I1.821
Rahmasari, E. A., & Yogananti, A. F. (2021). KAJIAN USABILITY APLIKASI CANVA (STUDI KASUS PENGGUNA MAHASISWA DESAIN). ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 7(01), 165–178. https://doi.org/10.33633/ANDHARUPA.V7I01.4292
Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, D. M. (2021). PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBUATAN BAHAN AJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS. Abdimas Siliwangi, 4(2), 335–343. https://doi.org/10.22460/AS.V4I2P
Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). PENGGUNAAN APLIKASI CANVA UNTUK MEMBUAT KONTEN GAMBAR PADA MEDIA SOSIAL SEBAGAI UPAYA MEMPROMOSIKAN HASIL PRODUK UKM. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430. https://doi.org/10.31764/JPMB.V4I1.2983
DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v1i3.1529
Article Metrics
Abstract Views : 228 | PDF Views : 193Refbacks
- There are currently no refbacks.
KAPAS indexed by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Statis