Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Fisika SMA Berbasis Lectora



Alhidayatuddiniyah T.W(1*), Siwi Puji Astuti(2), Diyan Parwatiningtyas(3),

(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran fisika pada sekolah menengah tingkat atas (SMA) saat pandemi COVID-19 hingga saat ini masih dilaksanakan secara daring mengakibatkan para siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi fisika dengan baik. Atas dasar meningkatkan minat dan motivasi belajar, maka diperlukanlah peningkatan metode pengajaran yang mudah dipahami oleh siswa, dalam hal ini tim abdimas bertujuan memberikan pelatihan berupa pembuatan bahan pembelajaran yang dapat dilakukan oleh guru mata pelajaran fisika. Tim abdimas memberikan pelatihan untuk para pendidik fisika yang tergabung dalam MGMP Fisika Kabupaten Karawang. Metode yang digunakan adalah metode pelatihan dan pendampingan, serta diskusi. Pembuatan bahan pembelajaran fisika dengan Lectora diharapkan dapat meningkatkan minat dan pemahaman belajar siswa dalam belajar secara daring di masa pandemi saat ini dan meningkatkan kemampuan guru dalam menyampaikan materi. Luaran dari kegiatan pengabdian masyarakat kepada guru-guru Fisika berupa modul dan hasil pembelajaran menggunakan Lectora sehingga pembelajaran menjadi lebih atraktif dan memotivasi siswa untuk lebih senang belajar.

Full Text:

PDF

References


Alhidayatuddiniyah, T. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Whitheboard Animation pada Pokok Bahasan Hukum Coulomb. Seminar Nasional Riset Dan Teknologi (SEMNAS RISTEK), 5(1), 14–17. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/semnasristek/article/view/4789

Astuti, S. P. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Kalkulator Fisika untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Materi Fisika Gerak. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(1). https://doi.org/10.30998/sap.v6i1.8953

Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2017). Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika. Journal of Medives, 1(2), 74–81. http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika

Kurniawan, P. Y., & Mumpuni, A. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Interaktif dengan Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire pada Guru-Guru SMP. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6), 5–12. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.31764/jmm.v5i6.4879

Mandasari, D., Rahman, K., & Faishol, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Multimedia Interaktif Lectora Inspire. TARBIYATUNA : Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 37. https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v13i1.608

Media, P., Komik, P., Digital, F., Line, B., Pada, W., & Bahasan, P. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Fisika Digital BerbasisLine WebtoonPada Pokok Bahasan Tekanan. Schrodinger, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.30998/sch.v3i1.4349

Murtini, W., Sawiji, H., Murwaningsih, T., & Akbarini, N. R. (2020). Pelatihan Media Pembelajaran Lectora Inspire Model NBT–Plus pada Guru SMK di Kota Surakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 6(4), 236–240. https://doi.org/10.22146/jpkm.49308

Rahmawati, Y., Febriyana, M. M., Bhakti, Y. B., Astuti, I. A. D., & Suendarti, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Game Edukasi : Analisis Bibliometrik Menggunakan Software. 13(2), 257–266. https://doi.org/10.26877/jp2f.v13i2.13170

Sumarni, R. A., Kumala, S. A., & Widiyatun, F.-. (2021). Pembelajaran Edukatif yang Asyik di Masa Pandemi. Jurnal Pengabdi, 4(1), 105. https://doi.org/10.26418/jplp2km.v4i1.45113

Yuli Kurniawan, P. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Dengan Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire Untuk Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 6(1), 37–42. https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i1.10560




DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v1i2.1313

Article Metrics

Abstract Views : 235 | PDF Views : 216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAPAS indexed by:



            

 

 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter