Pelatihan Digitalisasi Terhadap Optimalisasi Microsoft Power Point Pada SDN Jatimekar I Bekasi



Nunu Kustian(1*), Siti Julaeha(2), Rizki Ridwan(3),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Banyak fitur yang bisa digunakan dalam slide presentasi, animasi yang tepat, visual yang menarik untuk dimanfaatkan dan disesuaikan dengan tema yang diperlukan oleh guru dalam menggunakan Microsoft Power Point. Namun, guru SDN Jatimekar I Bekasi belum mengoptimalkan fungsi-fungsi setiap ribbon pada Ms.Power Point. Tujuan pengabdian masyarakat ini memberikan pendampingan berupa pelatihan yang dilengkapi dengan modul Ms. Power Point dengan tujuan guru dapat lebih meningkatkan keterampilan untuk mendesain, wawasan, dan dapat menerapkan baik dalam mengajar maupun komunikasi yang dipaparkan dalam presentasi dengan beberapa tahap, yaitu pra kegiatan, persiapan, dan pelaksanaan. Hasilnya adalah guru dapat memanfaatkan Ms. Power Point sebagai sarana pembelajaran digital yang imajinatif dan menarik bagi siswa sehingga dirasakan manfaatnya dalam menimbulkan semangat tinggi siswa mengikuti proses pembelajaran maupun kegiatan sosial didalam masyarakat yang memerlukan sebuah pemaparan dalam bentuk presentasi.


Full Text:

PDF

References


Ainin, Moh., Ahsnuddin, Mohammad., Asrori, I. (2018). Pelatihan Powerpoint Bagi Guru Bahasa Arab MTs Kota dan Kabupaten Kediri. Al-Khidmah, 1(1), 74–79. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29406/al-khidmah.v1i2.1230

Constantiani, N. A. yusuf M. T. S. (2017). Hubungan Metode Tanya Jawab dengan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SYAHRAINI TAMBAK** NIA CONSTANTIANI***. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(1).650

Hafis, M. (2019). Students’ Perceptions of The Use of PowerPoint Slide Show for Teaching English Subject. Jurnal Pendidikan Bahasa, 2(2), 7. https://doi.org/https://doi.org/10.31571/bahasa.v2i2.244

Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138

Hardani, H., Ustiawaty, J., Andriani, H., Istiqomah, R., Sukmana, D., Fardani, R., Auliya, N., & Utami, E. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif.

Haryadi, J. (2022). Pengaruh Metode Diskusi pada Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Ilmu Kealaman Dasar. Education & Learning, 2(1), 7–11.

Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Shedriko, S., Setiawan, H. S., & Kusmayadi, K. (2018). Pelatihan Perangkat Lunak Powerpoint untuk Meningkatkan Kinerja Guru di SD dan SMP 19 Muhammadiyah Sawangan Depok. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(02), 151. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i02.2552

Wahyuni, S., Rahmadhani, E., & Mandasari, L. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Powerpoint. Jurnal Abdidas, 1(6), 597–602. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i6.131




DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v1i2.1299

Article Metrics

Abstract Views : 178 | PDF Views : 304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAPAS indexed by:



            

 

 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter