PKM Sosialisasi Pengaruh Media Online di RT 4 Kelurahan Cipayung Jakarta Timur
Retna Ningsih(1*), Dewi Mustari(2), Theresia Evy Yulianty Nadeak(3),
(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Ketika teknologi yang semakin canggih saat ini digunakan untuk hal-hal yang positif dan bermanfaat. Namun, ketika disalah gunakan untuk hal-hal negatif, maka berdampak buruk bagi anak. Game Online merupakan salah satu hiburan yang diminati oleh sebagian besar anak-anak saat ini. Anak-anak mampu bertahan di depan layar untuk bermain game online dalam kurun waktu yang tidak sebentar. Bermain game online menimbulkan efek ketergantungan. Oleh sebab itu, tim pengabdian masyarakat, akan memberikan sosialisasi mengenai dampak negative dan positif dari media online (Game Online) serta cara mengatasi agar anak tidak ketergantungan dalam penggunaan media online khususnya game online. Metode pelaksanaan yang digunakan melalui pendekatan kepada instansi terkait yaitu warga RT 04 RW 03 Kelurahan Cipayung Jakarta Timur. Sosialisasi berupa penjelasan atau uraian mengenai pengaruh media online bagi pelajar yang mempunyai banyak dampak bagi kehidupan. Kegiatan tersebut bertujuan memberikan pengarahan dan cara menangani anak yang memiliki kecanduan terhadap game online. Hasil dari pengabdian masyarakat ini adalah menumbuhkan kesadaran bagi anak dan orang tua agar dapat mengatur waktu bermain game online.
Full Text:
PDFReferences
Hayadi, N. B. (2021). Perilaku menyimpang remaja yang kecanduan game online di Rt 49 kelurahan Sidodadi. EJournal Sosiatri-Sosiologi, 9(1), 30–41.
Putri, V. K. M. (2021). Media Online: Pengertian dan Fungsinya. https://www.kompas.com/skola/read/2021/12/16/130000969/media-online--pengertian-dan-fungsinya?page=all#page2.
Renitasari. (2021). Dampak Game Online Bagi Anak-Anak dan Remaja. https://kominfo.bengkulukota.go.id/dampak-game-online-bagi-anak-anak-dan-remaja/
Angela. (2013). Ejournal Ilmu Komunikasi Volume 1 Nomor 2 CV Mulya Abadi, Samarinda.
Chapin, J. P. (2009). Kamus Lengkap Psikologi Terjemahan Kartini Kartono, Rajawali Pers, Jakarta.
kominfo bengkulu. (2021). Dampak Game Online Bagi Anak-Anak dan Remaja. https://kominfo.bengkulukota.go.id/dampak-game-online-bagi-anak-anak-dan-remaja/
dr. Anandika Pawitri. (2022). Tanda-tanda Anak Kecanduan Gadget dan Cara Ampuh Mengatasinya. https://www.sehatq.com/artikel/cegah-anak-kecanduan-gadget-dengan-tips-ini
dr. Pany. (2021). Manfaat Anak Bermain Game Online. https://www.sehatq.com/forum/adakah-dampak-positif-bermain-game-online-bagi-anak-anak-q36065
Ariantoro, T. R. (2016). Dampak Game Online Terhadap Prestasi Belajar Pelajar. Jutim, 1(2), 45–50.https://www.infodesign.org.br/infodesign/article/view/355%0Ahttp://www.abergo. org.br/revista/index.php/ae/article/view/731%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/269%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/106
DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v1i2.1268
Article Metrics
Abstract Views : 151 | PDF Views : 176Refbacks
- There are currently no refbacks.
KAPAS indexed by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Statis