PKM Sosialisasi Pengaruh Media Online di RT 4 Kelurahan Cipayung Jakarta Timur



Retna Ningsih(1*), Dewi Mustari(2), Theresia Evy Yulianty Nadeak(3),

(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Ketika teknologi yang semakin canggih saat ini digunakan untuk hal-hal yang positif  dan bermanfaat. Namun, ketika disalah gunakan untuk hal-hal negatif, maka berdampak buruk bagi anak. Game Online merupakan salah satu hiburan yang diminati oleh sebagian besar anak-anak saat ini. Anak-anak mampu bertahan di depan layar untuk bermain game online dalam kurun waktu yang tidak sebentar. Bermain game online menimbulkan efek ketergantungan. Oleh sebab itu, tim pengabdian masyarakat, akan memberikan sosialisasi mengenai dampak negative dan positif dari media online (Game Online) serta cara mengatasi agar anak tidak ketergantungan dalam penggunaan media online khususnya game online. Metode pelaksanaan yang digunakan melalui pendekatan kepada instansi terkait yaitu warga RT 04 RW 03 Kelurahan Cipayung Jakarta Timur. Sosialisasi berupa penjelasan atau uraian mengenai pengaruh media online bagi pelajar yang mempunyai banyak dampak bagi kehidupan. Kegiatan tersebut bertujuan memberikan pengarahan dan cara menangani anak yang memiliki kecanduan terhadap game online. Hasil dari pengabdian masyarakat ini adalah menumbuhkan kesadaran bagi anak dan orang tua agar dapat mengatur waktu bermain game online.


Full Text:

PDF

References


Hayadi, N. B. (2021). Perilaku menyimpang remaja yang kecanduan game online di Rt 49 kelurahan Sidodadi. EJournal Sosiatri-Sosiologi, 9(1), 30–41.

Putri, V. K. M. (2021). Media Online: Pengertian dan Fungsinya. https://www.kompas.com/skola/read/2021/12/16/130000969/media-online--pengertian-dan-fungsinya?page=all#page2.

Renitasari. (2021). Dampak Game Online Bagi Anak-Anak dan Remaja. https://kominfo.bengkulukota.go.id/dampak-game-online-bagi-anak-anak-dan-remaja/

Angela. (2013). Ejournal Ilmu Komunikasi Volume 1 Nomor 2 CV Mulya Abadi, Samarinda.

Chapin, J. P. (2009). Kamus Lengkap Psikologi Terjemahan Kartini Kartono, Rajawali Pers, Jakarta.

kominfo bengkulu. (2021). Dampak Game Online Bagi Anak-Anak dan Remaja. https://kominfo.bengkulukota.go.id/dampak-game-online-bagi-anak-anak-dan-remaja/

dr. Anandika Pawitri. (2022). Tanda-tanda Anak Kecanduan Gadget dan Cara Ampuh Mengatasinya. https://www.sehatq.com/artikel/cegah-anak-kecanduan-gadget-dengan-tips-ini

dr. Pany. (2021). Manfaat Anak Bermain Game Online. https://www.sehatq.com/forum/adakah-dampak-positif-bermain-game-online-bagi-anak-anak-q36065

Ariantoro, T. R. (2016). Dampak Game Online Terhadap Prestasi Belajar Pelajar. Jutim, 1(2), 45–50.https://www.infodesign.org.br/infodesign/article/view/355%0Ahttp://www.abergo. org.br/revista/index.php/ae/article/view/731%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/269%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/106




DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v1i2.1268

Article Metrics

Abstract Views : 130 | PDF Views : 160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAPAS indexed by:



            

 

 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter