Pembuatan Hidroponik Sederhana Dan Ternak Lele Di Ember Sebagai Peluang Bisnis Di Era Pandemi



Kasih Haryo Basuki(1*), Subhan Harie(2), Aulia Masruroh(3),

(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(2) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(3) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Permasalahan yang terdapat pada Sekolah Dasar Negeri Muktijaya 03 adalah banyak wali murid yang terkena dampak ekonomi akibat pandemi COVID-19. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dibutuhkan suatu kegiatan yang dapat memberikan peluang bisnis atau membantu memenuhi salah satu kebutuhan pangan masyarakat berupa lauk ikan air tawar, khususnya lele, untuk pemenuhan protein hewani dan pengadaan sayuran, seperti kangkung, bayam, caisim, pakcoy, dan lain-lain, dan dimungkinkan bisa dijadikan peluang bisnis dalam skala yang lebih besar sebagai pendapatan tambahan di era pandemi COVID-19 ini. Adanya PKM pembuatan hidroponik sederhana dan ternak lele menjadi solusi yang baik untuk permasalahan di era pandemi ini. Kegiatan pengabdian masyarakat berjalan dengan baik dilihat dari guru dan kepala sekolah yang antusias dalam pelaksanaan kegiatan dan memotivasi untuk mempraktikkan hidroponik sederhana dan ternak lele dalam kehidupan sehari-hari. Penyuluhan dan pelatihan ini dapat menambah pendapatan di era pandemi ini.

Keywords


Hidroponik, ternak lele, peluang bisnis

Full Text:

PDF

References


Hastuti, S., dan Subandiyono. (2014). Performa Produksi Ikan Lele Dumbo (Clarias gariepinus, Burch) yang dipelihara dengan Teknologi Biofloc. Jurnal Saintek Perikanan Vol. 10 No.1 : 37-42, Agustus 2014.

Herwibowo, K., & Budiana, N. S. (2014). Hidroponik sayuran untuk hobi dan bisnis. Jakarta: Penebar Swadaya.

Nursandi, J. (2018). Budidaya ikan dalam ember “Budikdamber” dengan aquaponik di lahan sempit. Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Teknologi Pertanian Politeknik Negeri Lampung 08 Oktober 2018. http://jurnal.polinela.ac.id/index.php/PROSIDING

Rokhmah, N. A., Ammatillah, C. S., & Sastro, Y. (2014). Vertiminaponik, mini akuaponik untuk lahan sempit di perkotaan. Buletin Pertanian Perkotaan, 4(2). Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jakarta.

Setijaningsih, L., & Umar, C. (2015). Pengaruh lama retensi air terhadap pertumbuhan ikan nila (Oreochromis Niloticus) pada budidaya sistem akuaponik dengan tanaman kangkung. Berita Biologi, Jurnal Ilmu-ilmu Hayati, 14(3).

Wibowo, S., & S, A. A. (2013). Aplikasi hidroponik NFT pada budidaya pakcoy
(Brassica rapa chinensis). Jurnal Penelitian Pertanian Terapan, 13(3). https://doi.org/10.25181/jppt.v13i3.180

Wicaksana, S. N., Hastuti, S., Arini, E. (2015). Performa Produksi Ikan Lele Dumbo (Clariasgariepinus) yang dipelihara dengan Sistem Biofilter Akuaponik dan Konvensional. Journal of Aquaculture Management and Technology Volume 4, Nomor 4, Tahun 2015, Halaman 109-116. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro.

Wijaya, O., Rahardja, B. S., dan Prayogo. (2014). Pengaruh Padat Tebar Ikan Lele Terhadap Laju Pertumbuhan dan Survival Rat e pada Sistem Akuaponik. Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan Vol. 6 No. 1, April 2014. Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga.

Yunus, T., Hasim, & Tuiyo, R. (2014). Pengaruh padat penebaran berbeda terhadap pertumbuhan benih ikan lele sangkuriang di balai benih ikan Kota Gorontalo. Nike Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan, 2(3).




DOI: https://doi.org/10.30998/jpmbio.v1i1.972

Article Metrics

Abstract Views : 419 | PDF Views : 649

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Pengabdian Masyarakat Biologi dan Sains (JPMBio-Sains) managed by Biology Education Department, FMIPA
Universitas Indraprasta PGRI
Jl. Raya Tengah  No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur, 13760 <p\div> 
Published by
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI
Jl. Nangka No. 58 C, Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, 12530

 

Creative Commons License

Jurnal Pengabdian Masyarakat Biologi dan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

   

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View My Stats