Cover Image

Pelatihan Penerapan Pembelajaran Kontekstual Melalui Taman PKK Bagi Guru PAUD Mawar, Kramat Jati, Jakarta Timur



Zakiah Fithah A'ini(1), Zuhana Realita Alfy(2*), Sri Murni Soenarno(3),

(1) University Indraprasta PGRI
(2) University Indraprasta PGRI
(3) University Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menerapkan metode pembelajaran kontekstual di PAUD Mawar Kramat Jati, Jakarta Timur. Kegiatan ini dirancang untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada guru PAUD dalam memanfaatkan taman PKK sebagai media pembelajaran, sehingga relevan dengan lingkungan di sekitar dan membantu perkembangan siswa dalam mengenal kearifan lokal sejak usia dini. PAUD Mawar Kramat Jati, Jakarta Timur bertindak sebagai mitra abdimas. Tahapan yang dilakukan dimulai dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap persiapan meliputi penyusunan modul pelatihan dan permohonan izin kepada mitra. Tahap pelaksanaan berupa teori dan praktik pembelajaran kontekstual kepada guru, yang selanjutnya dilakukan simulasi pembelajaran. Tahap evaluasi dilakukan melalui diskusi reflektif. Hasil dari kegiatan pelatihan didapatkan bahwa adanya perilaku positif dalam pemahaman dan kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran kontekstual di taman PKK. Kegiatan ini mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, relevan, dan aman untuk lingkungan. Metode pembelajaran kontekstual dapat diterapkan di berbagai lingkungan, sehingga guru mampu melakukan kolaborasi dengan pendekatan yang serupa sesuai dengan tujuan pembelajaran. 

 

This training activity aims to increase teacher competency in implementing contextual learning methods at PAUD Mawar Kramat Jati, East Jakarta. This activity is designed to provide understanding and skills to PAUD teachers in using PKK parks as learning media, so that they are relevant to the surrounding environment and help students develop in recognizing local wisdom from an early age. PAUD Mawar Kramat Jati, East Jakarta acts as a community service partner. The stages carried out start from the preparation, implementation and evaluation stages. The preparation stage includes preparing training modules and requesting permits from partners. The implementation stage is in the form of contextual learning theory and practice for teachers, which is then carried out by learning simulations. The evaluation stage is carried out through reflective discussions. The results of the training activities showed that there was positive behavior in teachers' understanding and ability to apply contextual learning in PKK parks. This activity is able to create a learning atmosphere that is fun, relevant and safe for the environment. Contextual learning methods can be applied in various environments, so that teachers are able to collaborate with similar approaches according to learning objectives.


Keywords


Pembelajaran Kontekstual; Tanaman Obat Keluarga (TOGA); PAUD

Full Text:

PDF

References


Anggraini, D. (2017). Penerapan Pembelajaran Kontekstual Pada Pendidikan Anak Usia Dini. In Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (Vol. 1, Issue 1, pp. 39–46). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/1722

Asmara, A., Judijanto, L., Hita, I. P. A. D., & Saddhono, K. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi: Apakah Memiliki Pengaruh terhadap Peningkatan Kreativitas pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7253–7261. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5728

Fauziah, S. R., Sutisnawati, A., Nurmeta, I. K., & Hilma, A. (2022). Pengaruh Metode Eksperimen Berbantuan Media Kit IPA Terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 457–467. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2283

García, J. L., Heckman, J. J., & Ronda, V. (2023). The Lasting Effects of Early-Childhood Education on Promoting the Skills and Social Mobility of Disadvantaged African Americans and Their Children. Journal of Political Economy, 131(6), 1477–1506. https://doi.org/10.1086/722936

Huda, K. (2023). Penggunaan Contextual Teaching And Learning pada Mata Kuliah Reading bagi Peserta didik Pendidikan Bahasa Inggris. Jurnal of Applied Linguistics and Islamic Education, 7(1), 113-132.

Marpaung, S. (2019). Integrasi Pembelajaran Berbasis Lingkungan Pada Mata Pelajaran PAI Untuk Meningkatkan Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan Sekolah di Yayasan Karya Bunda.

Nirwana, N, I., & Andriani, A. (2024). Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbantuan Liveworksheets untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(3), 1210 - 1225. https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i3.2137

Prihatini, P., Sari, R. T., Effendi, F. P., & Adhani, V. L. R. (2022). Pengaruh Sarana Prasarana Terhadap Pengembangan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 256–263. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.224

Rangkuti, E. S., & Harahap A. S. (2024). Kolaborasi Guru Dan Orang Tua Dalam Menanamkan Karakter Disiplin Anak Usia Dini di PAUD Nurul Falah Penyambungan Barat. 7(1), 2122-2127.

Sanisah, S., Rochayati, N., Tarmizi, M. A., Banmalei, I. M., Azali, L., Watoni, N., & Rauhun, B. (2024). Penyuluhan Manajemen Pembiayaan Pendidikan yang Berkelanjutan Bagi Pengelola Pendidikan Anak Usia Dini. 8(September), 2413–2423.

Suryani, Fitriyah, L., Rohmah, M., & Aprillia, L. (2023). Pendampingan Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Kearifan Lokal bagi Guru Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Sukaraja. 7, 188–194.

Toja, D. A. (2020). Penerapan Pendekatan Kontekstual Menggunakan Media Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 199–204. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i2.642

Utami, F. B., Sylvia, D., Rusdiana, N., & Setiani, D. (2024). Pengenalan Tanaman Obat Keluarga (Toga) Melalui Media Big Book dan Lagu Sebagai Upaya Peningkatan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini Di Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang. 6, 485–490.




DOI: https://doi.org/10.30998/jpmbio-sains.v3i2.3641

Article Metrics

Abstract Views : 22 | PDF Views : 11

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Pengabdian Masyarakat Biologi dan Sains (JPMBio-Sains) managed by Biology Education Department, FMIPA
Universitas Indraprasta PGRI
Jl. Raya Tengah  No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur, 13760 <p\div> 
Published by
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI
Jl. Nangka No. 58 C, Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, 12530

 

Creative Commons License

Jurnal Pengabdian Masyarakat Biologi dan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

   

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View My Stats