
Penguatan Literasi dan Numerasi Bagi Guru KKG Gugus 1 Kedungkandang Kota Malang
Desi Rahmadani(1*), Ade Eka Anggraini(2), Sapti Wahyuningsih(3), Salsadilla Indra Riefala(4), Aizzatul Masruroh(5), Rochmatul Izza(6),
(1) Universitas Negeri Malang
(2) Universitas Negeri Malang
(3) Universitas Negeri Malang
(4) Universitas Negeri Malang
(5) Universitas Negeri Malang
(6) Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author
Abstract
Pengabdian kepada masyarakat bertujuan memberikan pelatihan terkait penguatan literasi dan numerasi serta penyusunan best practice bagi guru SD yang diharapkan mampu membantu peserta didik untuk meningkatkan kemampuan literasinya dan mengoptimalkan budaya literasi numerasi peserta didik di sekolah. Peserta pada kegiatan ini adalah 28 guru dari KKG Gugus 1 Kedungkandang Kota Malang. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode informatif partisipatif dengan pelaksanaan meliputi workshop dan pelatihan, penyusunan strategi pembelajaran literasi dan numerasi efektif, monitoring dan evaluasi, serta kegiatan diseminasi dan publikasi. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah kegiatan ini terbukti mampu memberi penguatan kemampuan literasi dan numerasi guru, membantu guru untuk menyusun kegiatan pembelajaran literasi dan numerasi yang efektif bagi peserta didik, serta meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun best practice berbasis keterampilan abad 21. Hal ini dibuktikan dari hasil kuesioner yang menunjukkan 92,86% Peserta Workshop sangat terbantu dalam memahami strategi pembelajaran literasi yang efektif, 82,14% peserta workshop merasa program ini sangat bermanfaat dalam memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pengajaran numerasi, serta 64,29% peserta workshop merasa program ini memberikan panduan yang sangat jelas dalam menyusun best practice pengajaran.
This community service aims to provide training related to strengthening literacy and numeracy and the preparation of best practices for elementary school teachers which are expected to help students improve their literacy skills and optimize the culture of student numeracy literacy in schools. Participants in this activity were 28 teachers from KKG Gugus 1 Kedungkandang, Malang City. The method used in this service including workshops and training, preparation of effective literacy and numeracy learning strategies, monitoring and evaluation, and dissemination and publication activities. The results are that this activity has proven to be able to strengthen teachers' literacy and numeracy skills, help teachers develop effective literacy and numeracy learning activities for students, and improve teachers' abilities in developing Best Practices based on 21st-century skills. This is evidenced by the results of the questionnaire which showed that 92.86% of Workshop Participants were very helped in understanding effective literacy learning strategies, 82.14% of workshop participants felt that this program was very useful in providing a better understanding of numeracy teaching, and 64.29% of workshop participants felt that this program provided very clear guidance in developing teaching best practices.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al Rasyid, H. (2015). Fungsi kelompok kerja guru (KKG) bagi pengembangan keprofesionalan guru sekolah dasar. Sekolah Dasar, 24(2), 143-150.
Apandi I. (2018). Teknik Menulis "Best Practice" bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kemendikbud Press.
Asrida, Y., & Widiantari, R. (2022). The impact of literacy programs on teacher effectiveness. Journal of Educational Research, 15(3), 45-60.
Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.
Ginting, E. S. (2021). Penguatan literasi di era digital. In Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI)-3 (pp. 35-38). FBS Unimed Press.
Santoso, B. W. J., Nugroho, Y., & Parapat, D. O. A. (2020). Pendidikan dan pelatihan penulisan best practice untuk meraih predikat guru berprestasi bagi guru SMA Negeri 1 Semarang dengan metode special projects assignments. JURNAL PANJAR: Pengabdian Bidang Pembelajaran, 2(2), 52-60.
Schunk, D. H. (2012). Learning theories: An educational perspective (6th edition). Boston: Pearson.
Siregar, N., & Nara, H. (2015). Belajar dan pembelajaran. Penerbit Ghalia Indonesia.
Sukirman, S. (2020). Efektivitas kelompok kerja guru (KKG) dalam peningkatan kompetensi guru. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 4(1), 201-208.
Shofiana, K., Andriana, E., & Rokmanah, S. (2023). Proses Pemantapan Literasi Numerasi Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Aritmatika di SD Islam Tirtayasa. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 1919-1925.
Widiantari, R., & Asrida, Y. (2022). Community service as a means of professional development for teachers. Proceedings of the International Conference on Education and Learning, 8(1), 112-118.
Zuhra, F., Nurhayati, N., Safarati, N., Rahma, R., & Jasmaniah, J. (2021). Pelatihan Implementasi Literasi Dan Numerasi Dalam Proses Pembelajaran untuk Guru MTsS. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6), 3434-3441.
DOI: https://doi.org/10.30998/jpmbio-sains.v3i2.3582
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Pengabdian Masyarakat Biologi dan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.