Cover Image

Pelatihan Motivasi dan Inspirasi kepada Siswa dan Guru dalam Menghadapi Tantangan Akademis dan Masa Depan



Lasia Agustina(1*), Ulfah Hernaeny(2), Nurhayati Nurhayati(3), Arfatin Nurrahmah(4), Edward Alfin(5),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(5) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan penting dari pembelajaran adalah peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan inspirasi kepada siswa dan guru sebagai Upaya dalam menghadapi tantangan akademis dan masa depan. Metode kegiatan ini terdiri dari tiga tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan tim melakukan survei awal untuk mengetahui kondisi yang diinginkan untuk kegiatan. Pelaksanaan dilakukan di SMA Pelita Depok, diikuti oleh seluruh siswa dan guru. Terdapat tiga indikator keberhasilan dari pelatihan ini, antara lain: (1) keterlibatan peserta dalam pelatihan, yang ditunjukkan oleh banyaknya pertanyaan dan tanggapan peserta terhadap materi yang diberikan oleh tim; (2) kesungguhan peserta dalam mengikuti rangkaian acara yang dirancang oleh tim dari awal hingga akhir acara; dan (3) keinginan peserta untuk menilai diri mereka sendiri dan mempersiapkan diri untuk menjadi pribadi yang memiliki motivasi dan inspirasi baik pada siswa dan guru dalam menghadapi tantangan akademis di masa depan.

 

An important activity of learning is the role of teachers in increasing students' motivation to learn. This training aims to provide motivation and inspiration to students and teachers as an effort to face academic and future challenges. The method of this activity consists of three stages, namely planning, implementation, and evaluation. At the planning stage, the team conducted an initial survey to find out the desired conditions for the activity. The implementation was carried out at SMA Pelita Depok, attended by all students and teachers. There are three indicators of the success of this training, including: (1) participant involvement in the training, which is shown by the number of questions and responses of participants to the material provided by the team; (2) the seriousness of the participants in participating in the series of events designed by the team from the beginning to the end of the event; and (3) the desire of participants to assess themselves and prepare themselves to become individuals who have motivation and inspiration in both students and teachers in facing future academic challenges.


Keywords


Motivasi; Inspirasi; Siswa; Guru

Full Text:

PDF

References


Abidin, A. Z. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Kinerja Guru Melalui Supervisi Kepala Sekolah Pada SMPN 3 Masbagik. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 224–246.

Arianti. (2018). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134.

Gulo, M., Zega, I. K., Lase, N. T. W., & Waruwu, L. (2023). Peran Interaksi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Journal on Education, 06(01), 6079–6087.

Julaiha, S., Ramli, A., Oktaviany, V., Malik, R., & Anwar, C. (2023). Pengaruh Manajemen Pendidikan terhadap Motivasi Belajar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2659–2670. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4507

Maulia, S., & Purnomo, H. (2023). Peran Komunikasi Efektif Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar (SD). Elementa: Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin, 5(1), 25–39. https://doi.org/10.33654/pgsd

Mustofa, A., & Mustofa, A. (2018). Peran Motivasi Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Madrasah Aliyah. III(02), 104–117.

Nirmalawaty, C. M., Rivaldi, A., & Mujazi, M. (n.d.). Motivasi Menjadi Guru (Sebuah Refleksi). 478–485.

Rahman, S. (2021). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, November, 289–302.

Ratnawati, & Hasanah, M. (2021). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Paedagogy: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 1(1), 60–69.

Sakinah, A. (2023). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. MJP Journal of Education and Teaching Learning, 1(1), 1–5.

Sasmita, O. T., Narut, Y. F., & Baci, R. (2020). Peran Guru Kelas Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 1(1), 65–71.

Simarmata, R. H. (2014). Upaya Peningkatan Motivasi Kerja Guru Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 2(1), 654–660.

Wartulas, S., & Pd, M. (2021). Peran Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19 Jurnal Dialektika Jurusan PGSD, 11(2), 732–741.




DOI: https://doi.org/10.30998/jpmbio-sains.v3i1.2887

Article Metrics

Abstract Views : 51 | PDF Views : 35

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Pengabdian Masyarakat Biologi dan Sains (JPMBio-Sains) managed by Biology Education Department, FMIPA
Universitas Indraprasta PGRI
Jl. Raya Tengah  No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur, 13760 <p\div> 
Published by
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI
Jl. Nangka No. 58 C, Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, 12530

 

Creative Commons License

Jurnal Pengabdian Masyarakat Biologi dan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

   

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View My Stats